Seleb

Dr Tirta Sentil Larangan Mudik Pemerintah: Menteri Punya Grup WA Gak Sih?

Dokter Tirta mengkritik tajam statement dan aturan pemerintah yang terkesan tanding-tandingan dan tidak sinkron.

Yohanes Endra

Dokter Tirta (Instagram/@drtirtaofficial)
Dokter Tirta (Instagram/@drtirtaofficial)

Matamata.com - Dokter Tirta begitu lantang mengkritik kebijakan pemerintah. Hal ini disampaikan setelah dokter sekaligus influencer itu melihat ada perbedaan aturan atau pernyataan pemerintah yang tidak sinkron perihal kebijakan mudik dan wisata.

Sebagai informasi, pemerintah baru saja mengumumkan bahwa Indonesia kemungkinan besar sudah aman untuk dikunjungi wisatawan. Padahal, sebelumnya pemerintah telah melarang masyarakat Indonesia untuk mudik saat Lebaran 2021.

Melalui cuitannya yang diunggah pada Selasa (6/4/2021), Dokter Tirta mengkritik tajam statement dan aturan pemerintah yang terkesan tanding-tandingan dan tidak sinkron.

Dokter Tirta soroti Aturan Mudik dan Wisata yang tidak sinkron. (Twitter/tirta_hudhi)
Dokter Tirta soroti Aturan Mudik dan Wisata yang tidak sinkron. (Twitter/tirta_hudhi)

"Ini menteri-menteri punya grup WA ga sih? Tiap buat statement terkesan tanding-tanding an dan ada yang ga sinkron," tanya Dokter Tirta.

Dokter Tirta pun memberikan contoh yang lebih baik supaya ada kebijakan dan peraturan yang lebih sinkron ke depannya.

"Misal:
'Oi brader wisata gimane sob? Gue mau update soal mudik nih'
'Oi brader, angka covid d jateng gimane sob? Mau cek ombak nih, kalo menurun, kan bisa sekolah ujicoba'."

Kritik Dokter Tirta soal Beda Aturan Mudik dan Wisata

Diberitakan sebelumnya, Dokter Tirta telah memberikan komentarnya setelah mendengar kabar bahwa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, menegaskan Indonesia sudah aman untuk dikunjungi melalui destinasi-destinasi wisatanya.

Menurut Dokter Tirta, pernyataan itu berlawanan dengan kebijakan pemerintah yang melarang masyarakat Indonesia untuk mudik pada Lebaran tahun 2021. Dokter yang juga influencer tersebut meminta agar pemerintah bisa membuat kebijakan yang sinkron.

"Kita hari ini mendapatkan kabar bahwa Pak Sandiaga Uno mengatakan Indonesia kemungkinan besar bisa aman dikunjungi wisatawan, tapi nggak tahu bulan kapan. Cuma di sini kita ada statement. Sebelumnya Pak Muhadjir Effendy, Menko PMK, menyatakan bahwa rakyat atau warga dianjurkan tidak mudik dan dilarang mudik. Sementara, satunya wisata diizinkan. Ini tabrakan," ujar Dokter Tirta dalam sebuah video yang disebarluaskan, Selasa (6/4/2021).

Dokter Tirta soroti Aturan Mudik dan Wisata yang tidak sinkron. (Twitter/tirta_hudhi)
Dokter Tirta soroti Aturan Mudik dan Wisata yang tidak sinkron. (Twitter/tirta_hudhi)

Dokter Tirta juga membandingkan larangan mudik dengan aturan mengenai diizinkannya buka puasa bersama di restoran dan salat tarawih berjamaah.

"Dan ini ada berita lagi katanya buka puasa bersama diizinkan restoran. Ini kan nggak sinkron. Saran saya sih buatlah kebijakan sinkron, ketika buka puasa bersama boleh, ketika taraweh boleh berjamaah, wisata dibuka, ya harusnya mudik nggak dilarang asalkan sesuai protokol dan menjadi tanggung jawab kepala daerah masing-masing. Jangan membuat kebijakan saling tabrakan satu sama lain. Tetap sehat," imbuhnya.

Netizen pun memberikan beragam respons setelah menyaksikan video pernyataan Dokter Tirta tersebut.

"Mereka itu apa ya ga punya grup wa barengan semua divisi? Biar gak lawak terus begini," tulis netizen.

"Setuju dok," timpal netizen yang lain.

"Gak sinkron dan gk kompak. Dah udah gak aneh," imbuh yang lain.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report