Seleb

Demi Film 'Sampai Jadi Debu', Wafda Saifan Konsultasi ke Psikolog

Wafda Saifan berperan sebagai Damar, anak dari ibu (Cut Mini) yang menderita penyakit alzheimer.

Yohanes Endra | Rena Pangesti

Aktor Wafda Saifan. [Matamata.com/Alfian Winanto]
Aktor Wafda Saifan. [Matamata.com/Alfian Winanto]

Matamata.com - Wafda Saifan begitu totalitas saat terlibat proyek film Sampai Jadi Debu bersama Cut Mini. Namun di filmnya kali ini, mantan pacar Kesha Ratuliu ini menghadapi tantangan sulit.

Peran Wafda Saifan sebagai Damar, anak dari ibu (Cut Mini) yang menderita penyakit alzheimer. Ia tak sanggup membayangkan apabila hal itu terjadi dalam kehidupan nyata dan merenggut nyawa sang ibu.

"Baca sinopsis, aku takut. Ini cerita sederhana tapi mungkin terjadi di kehidupan kita. Bagaimana ketika gue kehilangan ibu, gue nggak sanggup. Sampai akhirnya sharing ke psikolog," kata Wafda Saifan dalam jumpa pers virtual, Senin (5/4/2021).

Cut Mini [Ismail/Suara.com]
Cut Mini [Ismail/Suara.com]

Aktor 30 tahun itu kemudian mendapat masukan untuk berani mengambil tantangan tersebut. Sebab pada akhirnya, setiap orang akan merasakan kehilangan sosok yang dicintai.

"Karena pribadi Wafda itu banyak takutnya. Tapi dapat input, hidup tuh nggak mungkin berjalan tanpa risiko," ucapnya.

Setiap adegan pun dijalani Wafda Saifan. Walaupun dalam dirinya masih ada ketakutan. Namun sutradara, Eman Pradipta tak lepas tangan.

"Mas Eman itu tahu apa yang mau dibuat, jadi setiap scene-nya, take your time," ucap aktor 30 tahun ini.

Aktor Wafda Saifan. [Matamata.com/Alfian Winanto]
Aktor Wafda Saifan. [Matamata.com/Alfian Winanto]

Bukan hanya Wafda Saifan yang mendapat tantangan berat di film yang tayang rilis 8 April 2021 ini. Hal serupa juga dirasakan Cut Mini dengan pengalaman perdana sebagai penderita alzheimer.

"Semuanya susah saat saya memainkan karakter ibu ini. Saya tidak tahu kalau punya alzheimer, fungsi tubuhnya juga melemah dan sudah separah itu," kata Cut Mini.

Belum lagi, saat karakter si ibu menyadari fakta bahwa suaminya sudah meninggal dunia.

"Ambruknya yang saya tahu adalah saat saya ditinggal suami," kata aktris peraih Piala Citra tersebut.

Sampai Jadi Debu berkisah tentang seorang ibu (Cut Mini) yang menderita alzheimer. Ia harus dijaga bergantian oleh anak-anaknya karena penyakit tersebut.

Damar (Wafda Saifan) yang tinggal di Jakarta harus pulang kampung merawat ibunya. Namun ia dihadapkan pada dilema, karena harus meninggalkan sang kekasih, Laras (Yasamin Jasem).

Lantas bagaimana akhir kisah ibu dan anak-anaknya? Saksikan Sampai Jadi Debu yang tayang perdana di KlikFilm pada 8 April 2021.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report