Seleb

Ridwan Remin Sebut Betrand Peto dan Sarwendah Pantas Jadi Bahan Stand Up

Sarwendah dan Betrand Peto menjadi bagian dari potret keresahan masyarakat kala itu.

Tinwarotul Fatonah

Ridwan Remin (MataMata.com/Alfian Winanto)
Ridwan Remin (MataMata.com/Alfian Winanto)

Matamata.com - Ridwan Remin menyebut materi stand up-nya soal Betrand Peto dan Sarwendah adalah bagian kecil dari keseluruhan stand up comedynya. Bertema 'introduction', Remin membahas soal kenal dan tahu yang saat itu menjadi keresahan masyarakat.

"Iya, kesenian stand up itu memotret sosial gimana, terus kita potret membahas dan mengomentarin itu (keresahan masyarakat)," kata Ridwan Remin di gedung KPAI, Menteng, Jakarta Pusat, Selnin (15/2/2021).

Menurutnya, keluarga Ruben Onsu, terutama Sarwendah dan Betrand Peto menjadi bagian dari potret keresahan masyarakat kala itu. Finalis SUCI 7 itu yakin mereka pantas menjadi bahan materi panggung.

"Memang sudah disiapin jadi materi (soal Sarwendah, Ruben Onsu, Betrand). Pantas lah (jadi materi), karena kan saya percaya, publik figur sudah mengumbar dan mempublikasikan ke sosmed, mereka sudah siap dikomentari," bebernya.

Lebih lanjut, Ridwan Remin juga menjelaskan soal isi materi stand upnya kala itu. Bahwa ia membuat materi itu saat 2019 lalu ketika masyarakat sedang ramai membahas kedekatan antara Sarwendah dan Betrand Peto.

"Kebetulan 2019 lagi ramai tuh video mereka (Betrand dan Sarwendah), bukan cuma di youtube tapi di semua sosial media lagi jadi pembahasan. Kenapa saya bawa ke materi ya cocok aja," ungkap Ridwan Remin.

"Efeknya kalau tahu doang tapi enggak kenal jadi banyak yang sudzon, berprasangka buruk, makanya saya bawa ke materi stand up saya soal kenal dan tahu," sambungnya.

Lebih lanjut, soal video lawas itu menjadi booming saat ini, Ridwan Remin tak menyangka. Kendati demikian, ia mengaku siap bertanggungjawab dan tak akan kabur menghadapi segala bentuk permasalahan dari videonya.

Ridwan Remin (MataMata.com/Alfian Winanto)
Ridwan Remin (MataMata.com/Alfian Winanto)

"Nggak nyangka ya rame sekarang target boomingnya 2020 padahal. Ya konsekuensinya jadi meluangkan waktu ke sini (KPAI) ya. Ini kan bentuk tanggungjawab dari materi yang sudah saya buat. Jadi nggak kabur gitu aja," jelasnya.

Ridwan Remin pun mengaku menulis materi tersebut secara sadar. Oleh karena itu ia siap dengan segala resiko yang akan ia hadapi.

"Karena saya juga nulis materinya kan sadar, bawainnya sadar, nguploadnya juga sadar, kalau timbul permasalahan ya harus dihadapi," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ridwan Remin sempat mengunggah video stand up show di channel Youtubenya tahun 2019. Di salah satu bagiannya, ada bagian ia membicarakan Betrand Peto dan Sarwendah Tan. Bahkan, Ridwan Remin sempat menyinggung kata 'sange' ke dalam materinya, diduga membicarakan soal Betrand Peto dan Sarwendah Tan.

Sarwendah dan Betrand Peto. (Instagram/@betrandpetoputraonsu)
Sarwendah dan Betrand Peto. (Instagram/@betrandpetoputraonsu)

Hal itu kemudian menjadi permasalahan hingga akhirnya membuat Jordi Onsu melaporkannya ke KPAI. Namun, Jordi Onsu mendadak cabut laporannya beberapa waktu lalu dengan alasan yang belum diketahui.

Meski begitu, KPAI tetap memproses kasus tersebut. Saat penuhi panggilan KPAI, Ridwan Remin mengaku tak merasa bersalah atas videonya.

Ridwan Remin juga mengaku dinasehati KPAI untuk lebih hati-hati membawakan materi stand up soal anak-anak. Namun, ia menegaskan tak berniat meminta maaf ke keluarga Ruben Onsu.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report