Seleb

Wanita ini Ketahuan Gunakan Deepfake Agar Mirip IU, Fans Meradang!

Wanita asal China yang sempat viral karena mirip IU ketahuan bohong.

Yohanes Endra | Dea Dezellynda Madya Ratri

Wanita mirip IU dan IU (kolase Instagram.com)
Wanita mirip IU dan IU (kolase Instagram.com)

Matamata.com - Sempat viral karena kelewat mirip IU, wanita asal China itu malah berujung dikecam netizen. Pasalnya ia ketahuan menggunakan deepfake agar terlihat mirip pelantun Celebrity tersebut.

Wanita itu merupakan pemilik konten kecantikan China 'Chi Yu' (China IU). Ia sering mengunggah video di TikTok dengan mengenakan baju, tatanan rambut dan ekspresi seperti IU.

Wanita asal China yang manfaatkan teknologi deepfake agar mirip IU. (Instagram.com/panncafe)
Wanita asal China yang manfaatkan teknologi deepfake agar mirip IU. (Instagram.com/panncafe)

Diungkap oleh A News, ternyata wanita tersebut memanfaatkan deepfake sehingga terlihat mirip IU. Deepfake sendiri merupakan teknologi yang mensintesis wajah seseorang dengan teknologi buatan sehingga terlihat mirip dengan orang lain.

Situs video ilegal itu semakin meresahkan. Para fans IU, Uaena langsung membuat petisi yang kini sudah ditandatangani lebih dari 400 ribu kali itu.

Saat berita tersebut diunggah oleh akun Instagram @panncafe, fans IU dari Indonesia ikut merasa geram. Mereka langsung menghujat wanita tersebut.

IU (Lee Ji Eun) (YouTube.com)
IU (Lee Ji Eun) (YouTube.com)

"Deepfake memang berbahaya banget menurut aku. Aku harap, jangan menggunakan deepfake untuk hal negatif. Menyeramkan untuk idol loh.," tulis netizen. "Segitunya mau jadi IU," sahut lainnya. "Mau cantik tapi malah bikin malu diri sendiri wooyyy!!!!!" kecam netizen.

Deepfake sendiri sudah banyak memakan korban dari dunia hiburan Korea. Bahkan seorang idol wajahnya pernah disalahgunakan dalam sebuah video porno.

Netizen kerap melaporkan deepfake kepada pihak berwajib. Hal ini karena wajah semua orang bisa dimanfaatkan untuk tindakan tak bertanggung jawab.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report