Seleb

Momen Tak Terlupakan Dion Wiyoko Usai Jadi Dubber di Film Mulan

Belajar dari pengalaman, Dion Wiyoko mengatakan bahwa seharusnya aktor tak hanya belajar akting saja.

Yohanes Endra | Yuliani

Dion Wiyoko. (Instagram/@dionwiyoko)
Dion Wiyoko. (Instagram/@dionwiyoko)

Matamata.com - Dion Wiyoko berkesempatan menjadi pengisi suara di film live-action Disney's Mulan sebagai karakter Honghui. Namun, setelah mengisi suara Honghui, suara Dion Wiyoko malah langsung serak.

"Yang memorable setelah ngisi suara, suara saya langsung serak. Dari situ saya belajar banyak, setelah isi suara satu hingga dua jam langsung serak. Karena saya banyak ambil suara dari tenggorakan. Kata pelatih, mengisi suara harusnya pakai suara perut," jelas Dion Wiyoko saat jumpa pers virtual, Kamis (19/11/2020).

Belajar dari pengalaman, Dion Wiyoko mengatakan seharusnya aktor tak hanya belajar akting saja, tetapi juga harus bisa mengolah vokal agar tak seperti dirinya. Lelaki kelahiran Surabaya, 3 Mei 1984 itu pun mengaku beruntung bisa kolaborasi dengan Jet Li meski tak secara langsung.

Dion Wiyoko mengisi tokoh Honghui dalam film Mulan. [Instagram]
Dion Wiyoko mengisi tokoh Honghui dalam film Mulan. [Instagram]

"Aktor memang harusnya ada olah vokal yah. Yang pasti bisa kolaborasi melihat pemain Jet Li, dan aku bisa jadi pengisi suara itu sangat memorable," jelasnya.

Dion Wiyoko juga mengatakan proyek ini merupakan pengalaman pertamanya menjadi dubber. Sebab, sebelumnya bintang film Cek Toko Sebelah ini hanya fokus di akting.

"Yang pasti ini sangat spesial karena pengalaman pertama jadi dubber. Sesuai dengan apa yang aku pikirkan, memang tidak mudah menjadi dubber karena harus mengetahui tone suara dan karakter pemain," jelasnya.

Dion Wiyoko berharap agar para penonton film live-action Disney's Mulan dapat menikmati hasil kerja kerasnya bersama teman-teman.

"Semoga pada suka, aku sendiri belum boleh nonton live actionnya, nanti tanggal 4 sama-sama," tutur Dion Wiyoko.

Selain Dion Wiyoko, film live-action Disney's Mulan versi bahasa Indonesia diisi suaranya oleh Yuki kato sebagai Mulan, dan Luna Maya sebagai Xian Lang.

Tak hanya itu, empat penyanyi perempuan berbakat, Yura Yunita, Sivia Azizah, Agatha Pricilla, dan Nadin Amizah, juga akan menghadirkan nuansa spesial dalam lagu ikonik dari film Disney's 'Mulan' dengan lagu Reflection versi mereka.

Film live-action Disney's Mulan versi suara bahasa Indonesia akan tayang pada 4 Desember 2020 mendatang di Disney+ Hotstar. Sedangkan untuk lagu Reflection versi empat penyanyi Indonesia sudah bisa didengarkan pada 20 November di platform musik digital.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report