Seleb

Sisi Lain Mamah Dedeh, Umrohkan Ratusan Kru hingga Belikan Rumah MUA

Tak hanya umroh dan rumah, Mamah Dedeh juga sering bagi-bagi puluhan karung beras sebelum terkenal.

Linda Rahmadanti

Mamah Dedeh. (YouTube/Indosiar)
Mamah Dedeh. (YouTube/Indosiar)

Matamata.com - Abdel Achrian mengungkapkan sisi lain yang dimiliki oleh Mamah Dedeh.

"Gara-gara hoax Mamah Dedeh meninggal kemaren gw jadi mau cerita sedikit tentang sosok Mamah Dedeh yang gw kenal #mamahdedeh," cuit Abdel seperti dikutip Matamata.com, Kamis (28/5/2020).

Abdel pertama kali bertemu Mamah Dedeh di stasiun televisi Indosiar saat acara Mamah dan Aa. Mereka lakoni siaran langsung pertama. Saat itu, kata Abdel, tidak ada briefing dan persiapan.

Mamah Dedeh. (Instagram/@mamahdedeh24)
Mamah Dedeh. (Instagram/@mamahdedeh24)

"Awal ketemu di Indosiar 13 tahun lalu saat di acara Mamah dan Aa. Ketemunya ya pas live pertama. Gak ada briefing dan persiapan awal. Ujug-ujug pas live. Kesan pertama gw, ini emak-emak galak tapi kocak banget," tulis Abdel Achrian.

Cuit Abdel, dirinya seiring berjalan waktu tidak hanya mengenal Mamah Dedeh saat acara, melainkan di kehidupan sehari-hari pula. Abdel mengaku mengenal seluruh anak-anaknya.

"Seiring berjalannya waktu, gw mengenal Mamah bukan hanya saat on air doang. Kehidupan sehari-harinya gw tau juga. Gw kenal sama semua anak-anaknya. Gw juga kenal karakter asli mamah di luar 'galak'," kicau Abdel.

Mamah Dedeh, menurut Abdel, bukan orang yang galak, tapi memang suaranya kencang dan lantang. Pasalnya, imbuh Abdel, Mamah Dedeh dulu tinggal di dekat penggilingan padi, sehingga bicaranya kudu dengan suara kencang.

"Menurut gw Mamah bukan galak, tapi emang suaranya aje yang kenceng. Karena menurut Mamah udah kebiasaan dari kecil, tinggal di deket penggilingan padi, jadi mamah sekeluarga kalo ngomong harus kencang untuk ngalahin suara mesin giling padi," tulis Abdel.

Mamah Dedeh. (YouTube/Indosiar)
Mamah Dedeh. (YouTube/Indosiar)

Namun siapa nyana, kata Abdel, Mamah Dedeh merupakan sosok yang berhati sangat lembut di balik suaranya yang galak dan keras. Mamah Dedeh, tulis Abdel, tidak bisa melihat orang-orang di sekelilingnya mengalami kesusahan.

"Di balik 'galak dan kerasnya' suara Mamah, ternyata eh ternyata hatinya lembut banget. Gak bisa liat sekelilingnya susah.. kalo urusan berbagi, Mamah jempolan dah..." cuit Abdel.

Ya, tiap bulan, Mamah Dedeh membagikan puluhan karung berisi beras ke orang-orang yang membutuhkan. Abdel pun baru menyadari, kebiasaan ini sudah dilakukan Mamah Dedeh jauh sebelum tampil dan memantik pamor di televisi.

"Tiap bulan puluhan karung beras yang dibagiin ke orang-orang yang membutuhkan.. dan setelah gw tau ternyata kebiasaan ini udah dilakukan jauh sebelum Mamah muncul di tivi.." kicau Abdel.

Selain itu, kata Abdel, banyak kru acara Mamah dan Aa yang sudah dibiayai umrah oleh Mamah Dedeh. Pun demikian dengan petugas keamanan dan sopir-sopir. Abdel memperkirakan ratusan orang yang sudah diumrahkan Mamah Dedeh.

"Anak-anak kru Mamah dan Aa, udah berapa banyak yang diumrahin sama Mamah. Sampe sekuriti dan sopir-sopir kebagian jatah umrah dari Mamah. Kayanya sih total bisa ratusan orang yang udah diberangkatin," tulis Abdel.

Abdel pun mengisahkan pernah ada make-up artis (MUA) yang curhat ke Mamah Dedeh perihal berantam dengan mertua gara-gara tinggal satu rumah. Buntutnya, MUA itu dibelikan rumah oleh Mamah Dedeh.

"Pernah ada makeup artist yang sering curhat kalo sering berantem sama mertuanye gara-gara tinggal serumah. Ujug-ujug tuh makeup artis dibeliin rumah sama Mamah, supaya bisa pisah dari mertua," tulis Abdel.

Tidak sampai di situ, ada juga beberapa orang yang dibiayai pernikahannya oleh Mamah Dedeh. Bukan cuma biaya penghulu, tapi juga biaya resepsi ditanggung Mamah Dedeh.

"Ada juga beberapa orang yang gw kenal nikahannya dibiayain sama Mamah. Bukan cuman biaya penghulu, resepsinya pun ditanggung Mamah," tulis Abdel.

Di pengujung cuitannya, Abdel mendoakan Mamah Dedeh memiliki panjang umur. "Semoga Mamah Dedeh panjang umur... aamiin.." cuit Abdel. (Rendy Adrikni Sadikin)

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report