Seleb

Cerita Ricky Harun Soal Beratnya Hijrah Sesuai Ajaran Agama

Ricky Harun tak mau lagi lakukan adegan pelukan.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Ricky Harun (Suara.com/Ismail)
Ricky Harun (Suara.com/Ismail)

Matamata.com - Artis Ricky Chilnady Pratama Harun atau yang lebih dikenal dengan Ricky Harun mengaku niatnya berhijrah terasa berat.  Suami Herfiza Novianti itu menyebut keluar dari kebiasaan memang bukan perkara mudah.

"Kalau berat sih memang berat, karena yang biasanya kita lakukan itu tidak boleh buat kita berat," kata Ricky Harun pada Suara.com usai menjadi pembawa acara Kajian Islam di Mesjid Ash Shaff Emerald, Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan, Minggu (3/1/2019).

Ricky Harun di Mesjid Ash Shaff Emerald, Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan, Minggu (3/1/2019). [Ismail/Suara.com]
Ricky Harun di Mesjid Ash Shaff Emerald, Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan, Minggu (3/1/2019). [Ismail/Suara.com]

Namun, Ricky Harun mengerti dan perlahan mulai meninggalkan hal-hal yang dilarang oleh Islam.

"Setelah kita belajar dan dikasih tahu dengan penjelasan yang baik, jadi kita mengerti. Kalau berat sudah pasti berat, tapi kalau ganjarannya nanti setimpal sama apa yang kita perbuat sekarang," sambung Ricky Harun.

Ricky Harun di Mesjid Ash Shaff Emerald, Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan, Minggu (3/1/2019). [Ismail/Suara.com]
Ricky Harun di Mesjid Ash Shaff Emerald, Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan, Minggu (3/1/2019). [Ismail/Suara.com]

Beruntung, beberapa teman dekatnya mendukung ketekunan Ricky Harun belajar agama dengan baik. Bahkan, rekan-rekannya tidak ada yang melontarkan kalimat pemutus semangat di tengah niatnya untuk berhijrah.

"Enggak (dibilang munafik). Justru mereka mensyukuri, 'Alhamdulilah lo sekarang belajar' gitu. Yang lain banyak juga yang minta didoain supaya dikasih hidayah. Kan banyak temen masih begitu, shalatnya sudah 5 waktu, tapi masih begitu. Jadi mereka minta didioain supaya diberi hidayah," tutur Ricky Harun.

Tak Mau Lagi Lakukan Adegan Pelukan

Setelah berhijrah, Ricky Harun pun perlahan meninggalkan hal-hal yang dilarang dalam Islam. Salah satunya, suami artis Herfiza Novianti itu pun tak mau lagi melakukan adegan berpelukan dengan yang bukan muhrim.

"Mungkin nggak memilih, tapi ada beberapa hal yang harus direvisi aja gitu. Kita kasih solusi dan diobrolin gimana enaknya gitu," kata Ricky Harun, ditemui di acara kajian Islan di kawasan  Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (3/1/2019).

Menurut Ricky Harun adegan berpelukan tidak boleh dilakukan untuk mereka yang tidak sedarah menurut syariat Islam. Namun lelaki 32 tahun memberi solusi dengan mengajak prosuder dan sutradara demi mengindari adegan berpelukan.

"Meski itu bohongan, tapi kan sama aja itu pelukan. Sama ya, adegan-adegan yang bernilai nggak baik ke masyarakat," jelas Ricky Harun.

Menurut Ricky Harun, sejak menikah sebenarnya sudah ada batasan untuk syuting. Namun sekarang batasannya lebih kepada aturan yang telah ditetapkan oleh Islam.

"Pasti ada batasan. Dari nikah sebenarnya sudah ada batasan-batasan, tapi sekarang saya juga membatasi melihat dari unsur keagamaannya gitu," tutur bintang film Slank Nggak Ada Matinya ini.

Ricky Harun dan Herfiza Novianti di kawasan TB. Simatupang, Jakarta Selatan, Minggu (15/4/2/2018) [suara.com/ismail)
Ricky Harun dan istri, Herfiza Novianti. [Suara.com/ismail)

Beruntung selama menjalani aturan tersebut, Ricky Harun mengaku tidak pernah kehilangan pekerjaan. Bahkan pekerjaan semakin bertambah.

"Masih sama aja sih kerjaan, masih kayak kemarin. Malah bertambah. Nambah tapi di job-job lain, sekarang jadi nge-host, dapat pekerjaan MC,  cara-acara luar kota bareng teman-teman. Ada keuntungan tersendiri sih. Jadi dapat uang dan ilmu," tutur Ricky Harun.

Ricky Harun kini telah berhijrah. Putra artis Donna Harun itu pun kerap terlihat menghadiri acara keagamaan dan berkumpul bersama artis-artis berhijrah lainnya seperti Arie Untung, Teuku Wisnu dan lainnya.

Suara.com/Ismail

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report