Seleb

Bukan Agama, Deddy Corbuzier Buka Suara soal Aksi Miftahul Jannah

Deddy Corbuzier sayangkan orang yang sangkut pautkan ini dengan agama.

Tinwarotul Fatonah | Bima Sandria Argasona

Deddy Corbuzier buka suara soal aksi Miftahul Jannah. (Kolase Youtube)
Deddy Corbuzier buka suara soal aksi Miftahul Jannah. (Kolase Youtube)

Matamata.com - Baru-baru saja masyarakat Indonesia dibuat heboh dengan aksi atlet judo Miftahul Jannah. Atlet asal Aceh ini menjadi perwakilan Indonesia di cabang olahraga blind judo di Asian Para Games 2018.

Sayangnya, saat akan berlaga pada Senin (8/10/2018) Miftahul Jannah didiskualifikasi lantaran tak mau melepas hijabnya. Pihak penyelenggara menyatakan jika hijab yang dikenakan oleh Miftahul Jannah bisa membahayakannya.

Mereka juga menambahkan jika peraturan tersebut sudah diberikan sejak technical meeting sebelum Asian Para Games 2018 resmi digelar. Aksi Miftahul Jannah yang menolak untuk melepas hijab dan didiskualifikasi ini pun mengundang banyak tanggapan dari banyak pihak.

Mulai dari tokoh politik, olahraga, hingga seleb pun memberikan tanggapannya. Beberapa dari mereka mendukung apa yang dilakukan oleh Miftahul Jannah, ada juga yang protes dengan pihak penyelenggara.

Salah satu yang mendukung dan memberikan penjelasan secara gamblang mengapa Miftahul Jannah dilarang mengenakan hijab saat pertandingan judo adalah Deddy Corbuzier. Ayah satu anak ini menjelaskannya lewat sebuah video yang diunggah di channel YouTubenya.

Deddy Corbuzier menyatakan jika dirinya mendukung aksi Miftahul Jannah yang ingin mempertahankan pendiriannya dan agamanya agar tak melepas hijab.

Deddy Corbuzier. (Youtube/Deddy Corbuzier)
Deddy Corbuzier. (Youtube/Deddy Corbuzier)

''Bagus I'm agree with that, gue setuju banget dengan hal tersebut, mempertahankan pendiriannya gue setuju banget,'' kata Deddy Corbuzier seperti dalam video yang dipublikasikan pada Selasa (9/10/2018).

Hanya saja ada sisi lain yang disayangkan oleh Deddy Corbuzier mengenai kasus Miftahul Jannah yang didiskualifikasi lantaran tak mau membuka hijabnya. Deddy Corbuzier menyayangkan beberapa orang yang menanggapi kasus ini terlalu berlebihan dan tak membaca penjelasan secara gamblang.

Deddy Corbuzier juga merasa kecewa dengan beberapa pejabat yang dinilainya mengetahui agama tapi malah membandingkan-bandingkan dengan beberapa olahraga lain yang boleh mengenakan hijab.

''Itu atlet karate pakek hijab, atlet panahan pakek hijab, atlet renang pakek hijab, not this is what theyre no understand beacuse theyre not atlet,'' imbuh Deddy Corbuzier.

Presenter dan juga pesulap ini pun menjelaskan tentang teknis dari olahraga judo itu sendiri. Judo adalah olahraga seperti sumo. Di mana jika lawan berdiri, ia bisa menghajar lawannya ketika di atas. Sebaliknya juga, jika lawan di bawah maka ia bisa menghajar lawannya di bawah.

Saat pertandingan judo, bahkan atlet bisa juga mencekik lawannya menggunakan baju yang digunakan oleh lawannya. Akibatnya, lawan bisa saja KO lantaran darah di leher yang terhenti. Maka dari itu, peraturan judo internasional menjelaskan jika peserta tak boleh mengenakan hijab.

''Ini bukan agama, ini tentang keselamatan atlet itu sendiri,'' ujar Deddy Corbuzier.

Deddy Corbuzier juga menyarankan pihak judo internasional memberikan aturan tentang mengenakan hijab khusus untuk judo.

''Mungkin yang nggak bisa ketarik, atau hijab yang ketarik langsung robek, i dont know this,'' jelas Deddy.

Ia pun menjelaskan jika pelatih Miftahul Jannah tak tahu dengan aturan atlet tak boleh mengenakan hijab lantaran dirinya tak bisa berbahasa Inggris. Karena memang sudah dijelaskan sejak awal jika atlet tak boleh mengenakan hijab karena bisa membahayakan atlet. Deddy juga menambahkan agar pembaca yang belum mengetahui duduk perkara Miftahul Jannah untuk membaca penjelasan lebih lanjut, bukannya langsung membuat spekulasi yang menyangkut pautkan masalah agama.

Sebelum Deddy Corbuzier, sudah ada tiga seleb Indonesia yang menyuarakan pendapatkanya tentang aksi Miftahul Jannah. Mulai dari Teuku Wisnu, Arie Untung, dan Robby Purba. Tiga seleb ini menyebut jika mereka mendukung apa yang telah dilakukan oleh Miftahul Jannah.

Tonton video Deddy Corbuzier selengkapnya di sini.

Berita Terkait

Berita Terkini