Seleb

Dituduh Sebarkan Hoaks Ratna Sarumpaet, Dorce Gamalama Buka Suara

Dorce Gamalama dan Inggrid Kansil bersama-sama beri klarifikasi dihadapan wartawan.

Stephanus Aranditio | Uni Irmagani

Dorce Gamalama dan Inggrid Kansil saat melakukan klarifikasi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (6/10/2018). (Matamata.com)
Dorce Gamalama dan Inggrid Kansil saat melakukan klarifikasi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (6/10/2018). (Matamata.com)

Matamata.com - Artis lawas Dorce Gamalama akhirnya keluar ke hadapan publik untuk menjelaskan mengenai foto dirinya bersama Inggrid Kansil memegang gambar wajah Ratna Sarumpaet yang bonyok. Akibatnya, Dorce dituding ikut andil dalam penyebaran hoaks Ratna.

Dorce Gamalama menyebut Inggrid Kansil memintanya foto bersama dengan membawa gambar Ratna Sarumpaet. Saat itu keduanya tak mengetahui jika ternyata Ratna Sarumpaet berbohong dengan lukanya.

Saat itu mereka hanya bersikap empati terhadap peristiwa yang dialami oleh Ratna Sarumpaet. Mereka melakukan foto bersama untuk mendukung ibunda Atiqah Hasiholan itu.

''Niat dia (Inggrid Kansil) tuh baik, turut prihatin, menyuarakan hak perempuan. Datanglah dia ke aku, 'bunda kita foto yuk'. Saya bilang 'oke'. Dia suruh aku pegang itu foto Ratna,'' kata Dorce ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (6/10/2018).

Tak disangka, foto mereka viral di media sosial. Hingga akhirnya kebohongan Ratna Sarumpaet terungkap, Dorce Gamalama dan Inggrid Kansil dianggap ikut menyebarkan hoaks.


YouTube/Reporter Suara

''Mulailah di situ katanya Dorce diambil sama dia (Inggrid Kansil) buat Prabowo dan sebagainya. Eh maaf gue nggak kemana-mana. Nggak ke Prabowo, nggak ke Jokowi. Saya mah pekerja sosial. Demi Allah,'' Jelas Dorce Gamalama.

Dorce Gamalama lebih memilih menjadi sukarelawan bencana di Palu dan Lombok ketimbang mengikuti alur politik. Ia juga menekankan jika dirinya tak ada kerjasama tertentu dengan pihak politik manapun.

''Saya mah yang penting ngurusin orang di Palu, di Lombok. Hidup saya nggak macem-macem. Jadi saya nggak dibayar membela dia. Memang dia orang politik tapi saya nggak ada sangkut pautnya dengan itu,'' kata Dorce lagi.

Dalam klarifikasi itu, Inggrid Kansil mengaku telah menelan mentah-mentah informasi mengenai kasus pemukulan Ratna Sarumpaet. Ia pun merasa kecewa dengan sikap Ratna.

''Saya sudah jelas kalau ketemu bunda Dorce dan prihatin melihat perempuan dibuat seperti itu. Hati saya langsung tergerak. Tapi ternyata saya ditipu,'' kata Inggrid Kansil.

Saling menyalahkan

Dorce Gamalama dan Inggrid Kansil saat melakukan klarifikasi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (6/10/2018). (Matamata.com)
Dorce Gamalama dan Inggrid Kansil saat melakukan klarifikasi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (6/10/2018). (Matamata.com)

Setelah menerima kabar Ratna Sarumpaet dianiaya, Dorce Gamalama dan Inggrid Kansil langsung melakukan foto bersama dengan memegang gambar wajah Ratna yang lebam-lebam. Setelah kebohongan Ratna terungkap, mereka dituduh terlibat dalam penyebaran hoaks.

Lantas Dorce Gamalama dan Inggrid Kansil melakukan klarifikasi. Tapi keduanya memberi penjelasan yang tak sejalan.

Dorce Gamalama merasa dirinya dimanfaatkan atas tersebarnya foto bersama Inggrid Kansil dan gambar Ratna Sarumpaet lebam-lebam. Ia langsung memberikan klarifikasi.

''Waduh Modusnya luar biasa. Waktu itu saya lagi makan steak, terus saya ketemu Inggrid Kansil. Dia suruh saya pegang fotonya Ratna Sarumpaet. Dia minta foto berdua dan yang fotoin anak saya. Kok ada kayak begini yah jadinya,'' kata Dorce, dalam sebuah video yang viral di media sosial.

Dorce merasa dirinya dan Inggris Kansil tidak melakukan kesalahan. Mereka juga merasa menjadi korban kebohongan Ratna Sarumpaet.

Meski begitu, Dorce menginginkan Inggrid Kansil terbuka dengan apa yang sebenarnya terjadi secara kronologis. Ia merasa tak ada kepemihakan di dunia politik.

''Tapi aku nggak punya prasangka buruk. Mungkin niat Inggrid Kansil baik. Tapi kalau sudah begini kan jadi rame. Ya sudah saya sih. Tolong jangan dimanfaatkan untuk kepentingan politik. Saya tidak kemana-mana (memihak), tapi ada di mana-mana,'' ujar Dorce.

''Mbak Inggrid tolong diklarifikasi, biar nggka kemana-mana,'' pinta Dorce.

Sementara itu, Inggrid Kansil mengaku gambar Ratna Sarumpaet lebam-lebam ia dapat dari Dorce Gamalama ketika bertemu secara tak sengaja di salah satu restoran steak di bilangan Menteng pada 2 Oktober lalu. Saat itu juga, ia merasa terpukul dengan apa yang terjadi pada Ratna Sarumpaet.

''Ketika pemberitaan dan foto tentang ibu Ratna Sarumpaet tersebar di media dan saya juga lihat di pamflet yang saya dapatkan dari bunda Dorce ketika kami bertemu nggak sengaja tanggal 2 okt 2018 di Resto Gandys Steak Menteng (waktu itu pamflet tersebut diberikan ke meja tempat saya makan oleh bunda Dorce dan disaksikan oleh ibu, ayah dan adik sy) spontan saya pun sebagai seorang perempuan nurani ini tercabik tatkala kaum yang selama ini saya dan kawan-kawan perjuangkan haknya menjadi korban ketidakadilan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,'' tulis Inggrid Kansil.

Klarifikasi Inggrid Kansil (Instagram/@Inggrid_kansil)
Klarifikasi Inggrid Kansil (Instagram/@Inggrid_kansil)

 

Kasus Ratna Sarumpaet ini tentu saja menyeret banyak pihak yang ternyata sebagai korban kebohongannya. Pihak yang berempati dan berniat memberi dukungan, malah dikira ikut andil dalam sikap tak dewasa Ratna Sarumpaet.

Kebohongan Ratna Sarumpaet

Dituduh Sebarkan Hoaks Ratna Sarumpaet, Dorce Gamalama Buka Suara - 3
Aktifis perempuan Ratna Sarumpaet memberi keterangan tentang kasus penganiyaannya yang tersebar ke media sosial saat konferensi pers di rumahnya, Kampung Melayu kecil, Jakarta, Rabu (3/10). [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Sebelumnya, menyebar kabar bahwa Ratna Sarumpaet menjadi korban pemukulan oleh orang tak dikenal di Bandar Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat, tanggal 21 September 2018. Kabar itu dibuktikan dengan menyebarnya wajah Ratna yang telah lebam-lebam.

Setelah diselidiki polisi, ternyata Ratna Sarumpaet tengah berada di Rumah Sakit Khusus Bina Estetika, Menteng, Jakarta.

''Klaimnya, dia (Ratna) di Bandung tanggal 21 September malam. Tapi fakta yang kami dapat, jam 5 sore, dia masuk ke RS Bina Estetika. Itu data yang kami dapat dari RS, jadi ada perbedaan fakta,'' kata Nico di Polda Metro Jaya, Rabu (3/10/2018), seperti dikutip dari Suara.com.

Fakta lain menyebutkan Ratna Sarumpaet telah berada di RSK Bina Santika selama 4 hari terhitung sejak 21 hingga 24 September.

''Sudah kami jelaskan, ibu Ratna Sarumpaet masuk (RSK Bina Estetika) pada tanggal 21 September pukul 17.00 WIB dan tinggal di RS tersebut sampai tanggal 24 September dan keluar jam 21.00 WIB,'' jelas Nico.

Rumah Sakit Khusus Bina Estetika sendiri adalah rumah sakit khusus untuk menangani perbaikan gigi, memperindah wajah, diperbaiki ada yang namanya tanam benang dan sebagainya.

Mengaku bohong dan meminta maaf

Dituduh Sebarkan Hoaks Ratna Sarumpaet, Dorce Gamalama Buka Suara - 4
Aktifis perempuan Ratna Sarumpaet memberi keterangan tentang kasus penganiyaannya yang tersebar ke media sosial saat konferensi pers di rumahnya, Kampung Melayu kecil, Jakarta, Rabu (3/10). [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Setelah berita penganiayaan terhadap dirinya telah menyabar, aktivis sosial Ratna Sarumpaet akhirnya menggelar jumpa pers di rumahnya, Kampung Melayu kecil, Jakarta, Rabu (3/10).

Di sana, Ratna Sarumpaet mengaku telah berbohong telah dianiaya. Ia juga menyebut dirinya sebagai pencipta hoaks terbaik.

''Kali ini saya pencipta hoaks terbaik ternyata, menghebohkan semuanya,'' kata Ratna.

''Tidak ada penganiayaan. Itu hanya cerita khayal. Entah diberikan setan mana ke saya,'' katanya lagi.

Ratna Sarumpaet menjelaskan alasan kedatangannya ke Rumah Sakit Bina Estetika untuk tujuan sedot lemak di pipi kanannya. Pernyatannya itu sekaligus membenarkan dugaan jika Ratna Sarumpaet melakukan operai plastik.

Seperti kecurigaan Tompi yang sejak awal meragukan wajah lebam Ratna hasil pemukulan, melainkan efek dari bedah wajah.


YouTube/Reporter Suara

Saat ini, Ratna Sarumpaet sudah diamankan oleh pihak yang berwajib.

Berita Terkait

Berita Terkini