Seleb

Urip Arpan : Tentang Kena Stroke dan Direbus Dalam Tong

Kehidupannya sungguh memprihatinkan

Rendy Adrikni Sadikin | Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Kabar terkini Urip Arpan (Kolase Instagram)
Kabar terkini Urip Arpan (Kolase Instagram)

Matamata.com - Lama menghilang dari hingar-bingar panggung hiburan Tanah Air, aktor senior Betawi yang memulai karier di tahun 1970-an, Urip Arpan, mendadak viral di media sosial. Lelaki 71 tahun itu kini hidupnya memprihatinkan, dari tinggal di rumah kontrakan sederhana hingga sakit-sakitan.

Kondisi terkini aktor yang wajahnya mirip aktor Benyamin Sueb itu diunggah di akun gosip lambe_turah. Akun gosip itu membingkai foto Urip Arpan dalam bentuk kolase dari fotonya saat bugar dulu hingga sakit-sakitan seperti sekarang.

Dalam foto itu tampak kondisi terkini Urip Arpan yang kurus dan rambutnya memutih. Dia duduk di atas kasur lantai sederhana mengenakan kemeja biru motif bunga.

Lalu tampak juga Urip Arpan yang berfoto di depan rumah kontrakan bersama anak kecil dan seorang pemuda. Terdapat juga kartu anggota Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) miliknya, serta foto Urip Arpan saat masih bugar dulu.

Foto-foto kondisi terkini Urip Arpan memantik rasa simpati netizen. Banyak yang merasa kasihan dengan aktor yang pernah terkenal lewat film berjudul Laila Majenun itu.

Kabar terkini Urip Arphan. (Instagram/@lambe_turah)
Kabar terkini Urip Arphan. (Instagram/@lambe_turah)

Kena Stroke Sejak 1,5 Tahun yang Lalu

Kondisi memprihatinkan Urip Arpan ternyata berawal dari penyakit stroke dan diabetes yang dideritanya. Hal itu diungkapkannya saat ditemui Suara.com di kediamannya di kawasan Cilincing, Jakarta Utara pada Kamis (20/9/2018) malam.

Urip Arpan memang kini menumpang tinggal di sebuah rumah kontrakan salah satu putranya di Jalan Malaka Bulak, RT 003 RW 013 No. 17, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. Di sana beliau mengaku sudah menderita stroke selama 1,5 tahun.

Awalnya bintang sinetron Emak Ijah Pengen ke Mekkah itu hanya terkena stroke ringan. ''Kenanya akhir November (2016) dan di bulan September (2017). Bagusnya nggak langsung total, nggak langsung menyon. Tapi Jalan juga udah susah, makan (susah),'' jelas Urip Arpan.

Urip Arpan juga menjelaskan kalau beliau tidak tahu awal mulanya terkena stroke. Semua terjadi begitu saja, nggak ada tanda-tandanya.

''Nggak tahu (gimana kena stroke). Nggak jatuh atau apa. Nggak jatuh, aktivitas juga biasa-biasa aja. Dan tiba-tiba kena,'' kata Urip Arpan.

Mencoba Pengobatan Alternatif: Direbus Dalam Tong

Demi bisa sembuh dan beraktivitas secara normal lagi, berbagai cara sudah dilakukan Urip Arpan. Hal itu mulai dari pengobatan jalan di rumah sakit sampai pengobatan alternatif.

Salah satu pengobatan alternatif yang dilakukannya adalah masuk ke dalam drum besar berisi air. Drumnya sendiri diletakkan di atas kompor gas dengan api yang menyala. Prosesnya sama dengan merebus air.

''Saya pernah digodok (rebus) dalam sebuah drum, dibakar, dikasih ramuan-ramuan," kata Urip Arpan, saat dikunjungi Suara.com di kediamannya di Malaka Bulak, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (20/9/2018) malam.

Urip Arpan juga menjelaskan bagaimana ia merasakan panasnya air itu saat merebusnya. Beliau mengatakan tidak takut dengan proses pengobatan itu dikarenakan sangat ingin sembuh.

''Saya begitu yakin (sembuh) karena saya melihat banyak yang datang. Seperti nenek-nenek, kakek-kakek, mereka berani. Kenapa saya takut,'' ungkapnya.

Sayangnya setelah total sembilan kali menjalani proses pengobatan itu, kesehatan bintang film Si Doel Anak Modern itu tak kunjung membaik.

''Allah belum kasih kesembuhan," ujar Urip Arpan.


Ingin Berkarya Lagi

Seiring tubuhnya yang melemah karena stroke, Urip Arpan seringnya hanya bisa beristirahat di rumah. Namun, aktor yang sudah membintangi setidaknya 51 judul film itu mengaku masih ingin berkarya lagi.

''Saya pengin berkarya lagi. Tapi karena daya ingat jadi butuh tenaga ekstra,'' ujar Urip Arpan.

Salah satu yang membuatnya bersemangat untuk kembali bangkit dan sembuh seperti sedia kala adalah karena kepeduliannya pada cucu dan generasi muda saat ini. Urip Arpan masih ingin mengenalkan budaya Betawi pada penerusnya.

''Sempat (putus asa). Tapi saya mikirnya kalau saya nggak ada, gimana anak cucu gue, gimana generasi penerus gue,'' ungkapnya.

Sementara itu, Urip Arpan termasuk aktor senior Tanah Air. Beliau memulai karirnya di tahun 1970-an lewat karya berjudul Laila Majenun.

Setelah itu setidaknya ada 51 judul film, sinetron dan FTV yang dibintanginya. Sebut saja diantaranya, Si Doel Anak Modern (1976), Bodoh-bodoh Mujur (1981), Mat Pelor (1990), dan Emak Ijah Pengen ke Mekah (2013).

Tahun 2009, nama Urip Arpan sempat tercoreng karena dituduh melakukan pelecehan seksual pada tiga pemuda yang merupakan murid di sanggarnya. Meski membantah telah melakukan perbuatan asusila tersebut, kasus ini sempat dibawa ke jalur hukum. Namun perlahan kasusnya menguap begitu saja.

Kita doakan saja semoga Urip Arpan lekas sembuh dan bisa berkarya lagi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report