Seleb

Netizen Respek, Ini Tulisan Deddy Corbuzier Tanggapi Teror Bom

Netizen respek dengan tanggapan Deddy Corbuzier terkait teror bom yang terjadi di Surabaya, Jawa Timur.

Rendy Adrikni Sadikin

Deddy Corbuzier (Instagram)
Deddy Corbuzier (Instagram)

Matamata.com - Teror bom yang terjadi di beberapa tempat di Kota Surabaya, Jawa Timur, memantik simpati dari masyarakat, tak terkecuali pesohor.

Sebagai ungkapan duka cita, melalui akun jejaring sosial Instagram, mereka pun mengucapkan belasungkawa atas jatuhnya korban jiwa.

Tak jarang pula, pesohor mengecam tindakan para pelaku teror yang berupaya merusak kedamaian dan keberagaman di Indonesia.

Salah satunya yang menanggapi teror bom tersebut dengan ungkapan duka cita dan simpati adalah presenter Deddy Corbuzier.

Ungkapan tersebut diunggah melalui akun Instagram miliknya, @mastercorbuzier.

Dalam postingannya, Deddy Corbuzier mengunggah tulisan yang mengambil kutipan terjemahan dari Surat Al Maidah ayat 32 dalam bahasa Inggris.

"Whoever kills an innocent life it is as if he has killed all of humanity | Surat Al-Ma'idah 5: 32 |," demikian tertulis di foto yang diunggah akun @mastercorbuzier.

Jika dituliskan, terjemahan lengkap Surat Al Maidah ayat 32 seperti ini dalam bahasa Indonesia:

"Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa: barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak diantara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan di muka bumi."

Sementara, sebagai keterangan foto, Deddy Corbuzier pun menuliskan pandangannya mengenai pelaku teror yang menyerang Kota Surabaya.

"Terorisme has no religion. Let's blame the person behind it. Not the religion. They are NOT HUMAN," tulis akun @mastercorbuzier.

(Terorisme tidak memiliki agama. Mari salahkan orang di balik ini, bukan agamanya. Mereka bukanlah manusia--RED)

 

A post shared by Deddy Corbuzier (@mastercorbuzier) on

Tanggapan Deddy Corbuzier ini menuai respek dari sejumlah netizen yang menilai mantan suami Kalina Oktarany tersebut tidak terprovokasi.

"@mastercorbuzier salah satu orang yang tidak terpengaruh adu domba dan pengalihan isu. I'm proud of you, om," tulis akun @hasanprios.

"Respect om," tulis akun @anggayusiandar.

"Respect for you," tulis akun @teddy_narendra.

"Gua respect om sama lu, lu bisa menghargai kejadian tapi tidak menelan berita yang tersebar seenaknya. Karena mereka yang menuduh, tidak memiliki anugerah untuk mencari informasi lebih detail lagi. Karena pintar tak semudah berbicara. Makasih mas deddy," tulis akun @hafizharfh_, memuji.

"Quote om Deddy selalu bagus saya suka dan saya ingat akan katanya om Deddy 'Semua agama mengajarkan kasih sayang dan perdamaian' untuk teroris mereka adalah orang orang yang tidak beragama," tulis akun @kaisarblazer.

Pesohor tanggapi teror bom di Surabaya

Deretan artis Indonesia berbondong-bondong mengungkapkan duka yang mereka rasakan terkait teror bom tersebut

Selain itu, banyak juga yang memberikan semangat agar Indonesia tetap kuat dan tidak terpecah belah karena kejadian ini.

Berikut ungkapan duka dari artis Indonesia tekait dengan kejadian yang melukai sisi kemanusiaan ini.

Dian Sastro

Artis cantik Dian Sastro mengunggah penggalan surat Al-Ma’idah 5:32 dalam akun instagramnya yang berisi kata-kata dalam bahsa inggris, dengan tiga gambar hati warna hitam sebagai caption unggahannya.

“Whoever kills an innocent life it is as if he has killed all of humanity..”

Pandji Pragiwaksono

"Yuk jangan lakukan apa yang mereka harapkan. Mereka berharap kita takut, saling tunjuk, saling menyalahkan. Mereka berharap kita pecah. Justru di saat seperti ini, kita sebaiknya semakin rekat," tulis pandji

Teuku Wisnu

Teuku wisnu menyampaikan pesan bahwa bom bunuh diri sama sekali tidak dibenarkan dalam ajaran agama Islam.

“Barangsiapa yang bunuh diri dengan menggunakan suatu alat/cara di dunia, maka dia akan disiksa dengan cara itu pada hari kiamat.” (HR. Bukhari dan Muslim),” tulisnya.

Glenn Fredly

"Komentarmu akan menentukan posisimu dalam menjaga persatuan bangsa hari ini. Tidak ada tempat bagi mereka yang mentolerir terorisme ataupun ajaran radikalisme yang telah menelan korban masyarakat tak berdosa." ungkap penyanyi Glenn Fredly dalam instagramnya.

Glenn juga mengingatkan jika sebagian teroris ada yang bertugas memantau di media sosial.

Ernest Prakarsa

"Teroris beraksi di Minggu pagi, meledakkan bom di tiga gereja di Surabaya, dan sudah 11 orang dinyatakan meninggal. Saat mata saya tengah membaca berita ini, telinga saya tengah mendengarkan speaker masjid dekat rumah," ungkap Ernest.

Ernest juga menuliskan pesan agar warganet tidak terpancing dengan situasi seperti ini.

Daniel Mananta

Daniel mengaku sangat terpukul dengan kejadia ini, namun ia mengajak warganet untuk lebih memilih jalan kasih dan memeaafkan dalam menyikapi kejadian ini.

"But I do wanna pray for the victims and the family,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini