8 Film Horor Tanpa Penampakan Hantu, Tetap Seram Penuh Teror Mengerikan

Menyeramkan dan penuh ketegangan, ternyata film horor ini nggak ada sosok hantunya.

Nur Khotimah
Sabtu, 15 Oktober 2022 | 17:53 WIB
Film Horor Tanpa Penampakan Hantu. (IMDb)

Film Horor Tanpa Penampakan Hantu. (IMDb)

Matamata.com - Cerita hantu, kejadian mistis, sampai sekte sesat kerap diangkat menjadi ide cerita untuk film layar lebar. Hingga menjadikan genre horor menjadi salah satu genre paling favorit di dunia. Kemunculan berbagai jenis hantu menjadi salah satu formula andalan bagi kesuksesan film horor.

Selain sosok hantu, daya tarik dari film horor adalah alur cerita yang menegangkan dengan jumpscare yang bisa bikin jantung nyaris copot. Keunggulan itu selalu berhasil menarik perhatian dan menakuti penonton. Namun, sejatinya film horor tak selalu memunculkan sosok hantu. Sebab teror monster, hewan buas, hingga manusia bisa menjadi jalinan cerita yang menakutkan dan menyeramkan. Seperti yang dilakukan oleh beberapa sineas dalam menggarap film mereka.

Alih-alih menampilkan penampakan hantu, film-film berikut justru menawarkan kengerian lewat teror dari manusia itu sendiri. Lantas apa saja film horor tanpa penampakan hantu tapi berhasil menghadirkan cerita sempurna yang penuh teror? Ini dia daftarnya yang sudah MataMata.com rangkum.

Baca Juga: - Dokter Ungkap Perjuangan Anisa Rahma Melahirkan Anak Pertama: Risikonya Lumpuh

1. Orphan (2009)

Film Horor Tanpa Penampakan Hantu. (IMDb)
Film Horor Tanpa Penampakan Hantu. (IMDb)

Film yang baru saja merilis sekuelnya ini merupakan salah satu film horor tanpa hantu yang bisa dibilang paling seram. Mengisahkan tentang pasangan suami-istri, Kate Coleman (Vera Farmiga) dan John Coleman (Peter Sarsgaard) yang mengadopsi anak dari panti asuhan. Adalah Esther (Isabelle Fuhrman) gadis berusia 9 tahun yang diadopsi keduanya. Sebenarnya Esther sudah menunjukkan gelagat aneh sejak di panti, namun ia berbakat menggambar hingga membuatnya diadopsi. Sayang kemalangan justru menimpa keluarga Coleman setelah Esther mereka bawa pulang.

2. Pintu Terlarang (2009)

Baca Juga: - 9 Momen YouTuber Ken & Grat Dinner di Rumah Sakit ala Restoran Michelin, Mewah!

Film Horor Tanpa Penampakan Hantu. (IMDb)
Film Horor Tanpa Penampakan Hantu. (IMDb)

Film horor tanpa sosok hantu juga lahir dari tangan dingin Joko Anwar lewat Pintu Terlarang. Meski tanpa kehadiran hantu, tapi film ini sukses menghadirkan kengerian hingga meneror penonton. Bercerita tentang Gambir, seorang pematung yang memasukkan jasad anak hasil aborsi ke patung buatannya. Kengerian makin jadi saat Gambir menemukan pintu terlarang yang menyimpan kebengisan dan penuh darah.

3. We are What We Are (2013)

Film Horor Tanpa Penampakan Hantu. (IMDb)
Film Horor Tanpa Penampakan Hantu. (IMDb)

Alih-alih hantu penyebab teror dalam We are What We Are adalah manusia itu sendiri. Lewat film ini digambarkan bahwa manusia ternyata bisa lebih kejam dari hantu. Berkisah tentang keluarga terpandang yang dihormati karena menyediakan lahan parkir untuk warga sekitar. Namun, misteri mulai terkuak saat seorang dokter menemukan kejanggalan dalam otak dari jasad perempuan. Suasana makin mencekam usai badai menyibak banyaknya tulang belulang di area hunian keluarga tersebut. Siapa sangka, keluarga itu adalah menjalankan tradisi keji yang harus diteruskan oleh keturunan mereka.

Baca Juga: - 8 Artis Indonesia yang Punya Anak Kembar, Anisa Rahma Dikaruniai Dua Putri Cantik

4. The Visit (2015)

Film Horor Tanpa Penampakan Hantu. (IMDb)
Film Horor Tanpa Penampakan Hantu. (IMDb)

The Visit menggunakan metode penceritaan found footage atau rekaman video amatir untuk meningkatkan kengerian dalam cerita. Film ini berkisah tentang dua remaja yang kabur ke rumah kakek dan neneknya karena bertengkar dengan sang ibu. Kakek dan nenek mereka sudah cukup lama hilang kontak karena ibu mereka menikah tanpa restu. Kabur ke rumah kakek dan nenek awalnya menjadi pilihan tepat dan menyenangkan bagi mereka. Hingga akhirnya mereka sadar bahwa kakek dan neneknya aneh. Keduanya pun curiga benarkah dua orang itu adalah kakek dan nenek mereka atau bukan.

5. 1922 (2017)

Baca Juga: - El Rumi Disamakan dengan Sehun EXO, Netizen Gak Terima: Masih Gantengan Rizky Billar

Film Horor Tanpa Penampakan Hantu. (IMDb)
Film Horor Tanpa Penampakan Hantu. (IMDb)

Diangkat dari novel karya Stephen King, 1922 menjadi film Netflix Original yang penuh teror. Sudah bukan rahasia jika, Stephen King selalu menghadirkan teror tanpa menggunakan hantu. Meski sekilas, film ini mungkin akan dikira berkisah tentang arwah penasaran yang ingin balas dendam. Padahal teror itu bukan dari hantu melainkan dari dosa besar yang dilakukan oleh tokoh utama dan dan anak laki-lakinya.

6. A Quiet Place (2018)

Film Horor Tanpa Penampakan Hantu. (IMDb)
Film Horor Tanpa Penampakan Hantu. (IMDb)

Didapuk sebagai film horor terbaik dengan teror monster pada era 2010, membuat A Quiet Place sangat layak ditonton. Dalam film ini diceritakan bagaimana manusia harus hidup dalam kesunyian jika ingin selamat. Sebab sedikit saja bunyi dibuat, maka monster mengerikan akan langsung menghabisi nyawa manusia.

7. Ready Or Not (2019)

Film Horor Tanpa Penampakan Hantu. (IMDb)
Film Horor Tanpa Penampakan Hantu. (IMDb)

Matt Bettinelli-Olpin dan Tyler Gillett mengangkat kisah cinta perempuan sederhana yang berjodoh dan menikahi pria kaya raya lewat film Ready Or Not. Grace (Samara Weaving) beruntung karena bisa menikahi Daniel (adam Brody), anggota keluarga Le Domas. Keluarga Daniel adalah keluarga konglomerat yang punya kekayaan melimpah. Malam pertama Grace dan Daniel berubah jadi mencekam, karena permainan maut yang jadi tradisi dalam keluarga Le Domas. Grace harus bertahan hidup semalaman dari semua anggota Le Domas yang mencoba membunuhnya untuk bisa diterima sebagai bagian dari keluarga.

8. The Invisible Man (2020)

Film Horor Tanpa Penampakan Hantu. (IMDb)
Film Horor Tanpa Penampakan Hantu. (IMDb)

Menceritakan kisah Cecilia Kass (Elisabeth Moss) yang menjadi korban perilaku abusif suaminya, Adrian (Oliver Jackson). Lelah dengan kekerasan yang diterimanya, Cecilia kabur dan tinggal bersama adiknya. Tiba-tiba ia mendapat kabar bahwa Adrian bunuh diri dan meninggalkan banyak warisan untuknya. Tapi, Cecilia merasa bahwa Adrian masih hidup dan mengawasinya. Kejanggalan demi kejanggalan pun terus terjadi di sekitar Cecilia.

Tanpa kemunculan sosok hantu, beberapa film bergenre horor tadi berhasil membawa teror bagi penonton. Kengerian dan ketegangan yang mencekam sepanjang film berhasil diciptakan dari kesadisan dan kebengisan manusia dan monster. Dari beberapa film tadi mana nih yang jadi film horor favoritmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah

Berita Terkait

TERKINI

Simak lirik lagu Kupu-Kupu Malam, OST web series Kupu Malam.
life | 23:00 WIB
Simak Lirik Lagu All Day - RM BTS.
life | 21:12 WIB
Artis sensasi TikTok kembali dengan karya terbarunya yaitu sebuah EP bertajuk Tell Me Things You Wont Take Back.
life | 15:27 WIB
Rayhan Noor menghadapi realita pada single terbarunya, Mau Tak Mau.
life | 15:23 WIB
Meiska memutuskan untuk terjun secara profesional ke dunia musik dengan merilis single perdananya bersama label Sony Music Entertainment Indonesia.
life | 15:18 WIB
Lagu ini rilis pada tanggal 29 November 2022 di kanal YouTube-nya.
life | 15:03 WIB
Para artis ini tampil keren sebagai seorang dokter, sudah nonton akting mereka?
life | 14:58 WIB
Simak lirik lagu Cheshires dari ITZY.
life | 23:00 WIB
Simak Lirik Lagu Haruskah - Justy Aldrin.
life | 21:24 WIB
Biar kalian nggak makin penasaran, simak sedikit bocoran sinopsis Surat Cinta untuk Starla: The Seriesberikut ini!
life | 16:03 WIB
Tampilkan lebih banyak