Stories Artist

Life

5 Film Adaptasi Komik Indonesia, Terbaru Siksa Neraka

Sudah tahu belum kalau sederet film layar lebar populer ini diangkat dari sebuah komik karya anak bangsa?

Ade Wismoyo
Sabtu, 17 September 2022 | 10:59 WIB
Film Adaptasi Komik Indonesia. (Twitter/DeeCompanyId)
Film Adaptasi Komik Indonesia. (Twitter/DeeCompanyId)

Matamata.com - Generasi 90-an pasti tak asing dengan komik legendaris bergenre horor Siksa Neraka. Komik karya MB Rahimsyah tersebut menjadi sebuah mimpi buruk mengerikan bagi pembaca komik.

Pasalnya alur cerita yang mengerikan dan super seram kala itu sangat membekas di pikiran pembaca. Kini komik asal Indonesia yang legenda itu telah dikonfirmasi akan diangkat ke layar lebar. Artinya, pecinta komik Siksa Neraka bisa melihat live action dari komik favorit mereka di bioskop.

Ternyata Siksa Neraka bukan komik pertama asal Indonesia yang dijadikan film. Sebelumnya sudah ada beberapa komik karya anak bangsa yang diadaptasi menjadi film. Penasaran apa saja komik tersebut? Ini dia daftar film adaptasi Komik karya anak bangsa yang membanggakan.

1. Si Juki The Movie

Film Adaptasi Komik Indonesia. (IMDb)
Film Adaptasi Komik Indonesia. (IMDb)

Film pertama Tanah Air yang diadaptasi dari sebuah komik adalah Si Juki The Movie. Film animasi yang rilis pada tahun 2017 ini diadaptasi dari komik karya Faza Ibnu Ubaydillah yang akrab dipanggil Faza Meonk. Versi filmnya berhasil memenangi penghargaan Film Animasi Terbaik FFI 2018.

Kisah Si Juki fokus pada Juki yang merupakan aktor ternama namun karena sebuah skandal, ia menjadi dibenci. Hidupnya berubah drastis hingga membuatnya terlibat pada misi penyelamatan negara dari sebuah meteor yang hendak jatuh. 

Falcon Pictures berencana membuat sekuelnya yang dijadwalkan rilis pada 2020, sayang karena pandemi rencana itu harus ditunda. Namun, lewat layanan streaming Disney+ Hotstar kisah singkat keseharian Juki bisa ditonton. Ada sebanyak 13 episode yang bisa disaksikan oleh pecinta film animasi.

2. Terlalu Tampan

Film Adaptasi Komik Indonesia. (IMDb)
Film Adaptasi Komik Indonesia. (IMDb)

Rilis pada 31 Januari 2019 lalu, film Terlalu Tampan adalah proyek kolaborasi Visinema Pictures dengan Line Webtoon. Ide ceritanya diangkat dari komik karya Muhammad Ahmes Avicena Helvin. Sejak pertama kali dirilis dalam versi komik, Terlalu Tampan dibaca jutaan kali di Line Webtoon.

Kerennya lagi komik ini telah diterjemahkan dalam dua bahasa asing. Pada 2017, Terlalu Tampan berhasil meraih penghargaan sebagai Webtoon Of The Year dalam ajang Popcorn Award. 

Versi live action dari Terlalu Tampan dibintangi oleh Ari Irham, Nikita Willy dan Rachel Amanda. Bergenre remaja, film ini mengisahkan kehidupan siswa SMA dengan bumbu cinta segitiga. Mas Kulin (Ari Irham) harus mengalami kesulitan di sekolah karena wajahnya yang sangat tampan.

3. Eggnoid

Film Adaptasi Komik Indonesia. (IMDb)
Film Adaptasi Komik Indonesia. (IMDb)

Archie The Redcat membuat sebuah komik bergenre fiksi ilmiah berjudul Eggnoid. Ceritanya adalah tentang seorang pemuda tampan yang lahir dari sebuah telur aneh. Eggnoid berhasil memikat banyak pecinta komik sejak dirilis pertama kali. 

Pada 5 Desember 2019, Eggnoid diangkat ke layar lebar menjadi live action yang dibintangi oleh Morgan Oey dan Sheila Dara Aisha. Versi filmnya dihadirkan dalam kisah cinta remaja yang memasuki usia dewasa awal.

4. Gundala

Film Adaptasi Komik Indonesia. (IMDb)
Film Adaptasi Komik Indonesia. (IMDb)

Berbeda dari 3 film sebelumnya yang diadaptasi dari komik yang dirilis secara online, Gundala merupakan komik asli Indonesia yang dicetak pada tahun 1960-an. Komik laris tersebut adalah karya dari Harya Suraminata yang kemudian digubah menjadi film oleh Joko Anwar. 

Gundala yang diperankan Abimana Aryasatya ini menjadi film superhero pertama asli yang diciptakan oleh orang Indonesia dan bukan adaptasi pahlawan luar negeri. Kesuksesan film ini dibuktikan dengan penghargaan FFI 2019 dan Piala Maya 2019. 

Gundala menjadi karya pertama dari Bumilangit Universe yang berkisah tentang Sancaka yang hidup menderita di jalanan sejak kecil. Ia mendapat kekuatan petir misterius yang membuatnya mampu menjadi pahlawan bagi yang lemah.

5. Siksa Neraka

Film Adaptasi Komik Indonesia. (Twitter/DeeCompanyId)
Film Adaptasi Komik Indonesia. (Twitter/DeeCompanyId)

Terbaru ada Siksa Neraka yang merupakan komik legendaris karya MB Rahimsyah. Komik ini sangat populer pada dekade tahun 70-an sampai 90-an. Siksa Neraka menceritakan tentang siksaan yang akan manusia terima di neraka atas dosa-dosa yang diperbuat di dunia.

Komik ini membuat pembacanya susah tidur sampai menjadikan pembaca berubah menjadi sok alim. Seperti yang diungkap oleh Dee Company lewat Twitter resmi mereka saat mengumumkan Siksa Neraka bakal diangkat ke layar lebar. Belum ada informasi tambahan mengenai sutradara dan jajaran pemain Siksa Neraka, namun film yang rencananya rilis pada 2023 ini dipastikan bakal dinantikan oleh pecinta film horor.

Dari daftar film adaptasi komik tadi, mana nih yang paling seru ceritanya menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Tags # film adaptasi komik indonesia # gundala # siksa neraka

Hot Video

Berita Terkini