Stories Artist

Life

Sinopsis Film Pamali, Diangkat dari Video Game Populer

Berkisah tentang sepasang suami istri yang melanggar adat yang ditabukan desa, Pamali menawarkan kisah horor yang tak biasa.

Ade Wismoyo
Senin, 12 September 2022 | 14:42 WIB
Sinopsis Film PAMALI(Instagram/@pamalimovie)
Sinopsis Film PAMALI(Instagram/@pamalimovie)

Matamata.com - Satu lagi film horor yang bakal tayang tahun ini adalah Pamali. Film garapan Lyto Pictures tersebut akan tayang serentak pada Oktober 2022 mendatang. beda dari film horor lainnya, Pamali ternyata diadaptasi dari sebuah game.

Pada tahun 2018 lalu StoryTale Studios telah merilis sebuah video game horor  bernama Pamali: Indonesian Folklore Horror. Dari video game populer inilah film Pamali diangkat. Bobby Prasetyo yang didapuk menjadi sutradara menggaet sejumlah artis muda untuk membintangi film garapannya itu.

Beberapa artis yang bermain dalam Pamali antara lain ada Putri Ayudya, Marthino Lio, Taskya Namya, Fajar Nugra, juga Rukman Rosadi. Alur ceritanya tentang pasangan suami istri yang melanggar sebuah tradisi atau adat desa yang dianggap tabu. Keduanya harus menanggung akibat dari pelanggaran yang mereka lakukan. 

Sinopsis film Pamali

Sinopsis Film Pamali. (Instagram/pamalimovie)
Sinopsis Film Pamali. (Instagram/pamalimovie)

Fokus utama film ini adalah tentang kehidupan Jaka Sunarya dan istrinya Rika Retnosari. Hidup mereka menjadi sulit setelah Jaka kena PHK, padahal Rika tengah hamil hingga kondisi ekonomi mereka pun menjadi kian buruk. 

Jaka masih memiliki warisan dari orang tuanya berupa rumah yang ada di desa. Jaka pun akhirnya memutuskan untuk menjual rumah orang tuanya agar kondisi ekonominya dan Rika membaik. 

Akhirnya Jaka dan Rika pergi ke desa di mana rumah warisan itu berada. Mereka mendapati bahwa rumah itu sudah rusak di beberapa bagian dan kotor. Jadilah mereka harus memperbaiki dan membersihkan rumah orang tua Jaka sebelum dijual.

Sayangnya, Rika secara tidak sengaja melanggar sebuah tabu yang dipercayai oleh warga desa. Beragam tradisi dan tabu masih sangat ditaati dan diyakini di desa tersebut sehingga pelanggaran yang dilakukan tidak bisa dimaafkan. Mereka pun mulai mendapat teror dari makhluk tak kasat mata. 

Tabu apakah yang dilanggar? Bisakah mereka selamat dari teror mengerikan tersebut? Temukan jawabannya di film Pamali.

Daftar pemain

Sinopsis Film Pamali. (Instagram/pamalimovie)
Sinopsis Film Pamali. (Instagram/pamalimovie)

Artis terbaik pilihan Bobby Prasetyo untuk bermain dalam film arahannya adalah Marthino Lio yang berperan sebagai Jaka Sunarya. Sedangkan sosok Rika Retnosari dimainkan oleh artis cantik Putri Ayudya. Film ini juga akan diramaikan oleh artis cilik, Jordan Omar yang muncul sebagai Jaka kecil. 

Mereka berdua akan ditemani sederet pemain pendukung yaitu Taskya Namya sebagai Nenden Sunarya. Kemudian ada Rukman Rosadi yang memainkan peran Dadang Sunarya. Lalu ada juga Unique Priscilla yang menjadi pemeran untuk sosok Lilis. Fajar Nugra yang bermain dalam film KKN di Desa Penari juga ikut ambil bagian dalam Pamali sebagai karakter bernama Cecep. 

Jadwal tayang

Sinopsis Film Pamali. (Instagram/pamalimovie)
Sinopsis Film Pamali. (Instagram/pamalimovie)

Pihak rumah produksi Lyto Pictures sudah mengumumkan tanggal perilisan Pamali secara resmi. Rencananya, Pamali akan tayang serentak di bioskop seluruh Indonesia pada tanggal 6 Oktober 2022 mendatang. Artinya tak lama lagi pecinta film horor akan bisa menemukan jawaban tentang tabu yang dilanggar serta kelanjutan nasib Jaka dan Rika. 

Alasan nonton

Sinopsis Film Pamali. (Instagram/pamalimovie)
Sinopsis Film Pamali. (Instagram/pamalimovie)

Salah satu alasan mengapa Pamali wajib ditonton oleh penggemar genre horor adalah karena film ini mengangkat kearifan budaya lokal dengan memasukkan beragam tradisi dan mitos yang ditabukan oleh masyarakat. Sehingga selain ketegangan, film ini akan menyajikan keragaman budaya Indonesia. Selain itu, Pamali juga memiliki keunikan karena diadaptasi dari sebuah game horor asal Indonesia. Tak seperti film lain yang umumnya diangkat dari cerita rakyat atau kisah nyata.

Jadi makin nggak sabar untuk menonton kisah Rika dan Jaka yang harus mendapat petaka karena melanggar adat, kan?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Tags # sinopsis pamali # pamali # film pamali

Hot Video

Berita Terkini