Life

5 Musik Video yang Usung Eksperimen Sosial, Terbaru Dunia Tipu-Tipu Yura Yunita

Yura Yunita dan sederet musisi ini ajak masyarakat dan penggemar jadi bintang MV dengan konsep eksperimen sosial.

Ade Wismoyo
Selasa, 02 Agustus 2022 | 11:06 WIB
Musik Video yang Usung Eksperimen Sosial. (YouTube/ Yura Yunita)
Musik Video yang Usung Eksperimen Sosial. (YouTube/ Yura Yunita)

Matamata.com - Musik video (MV) menjadi bagian tak terpisahkan dalam sebuah lagu. Umumnya konsep video yang diangkat adalah sesuai dengan pesan yang ada dalam lagunya. Namun, ada pula musik video yang usung eksperimen sosial

Eksperimen sosial sendiri merupakan sebuah proyek yang dimaksudkan untuk menguji beberapa responden sesuai dengan tujuan eksperimen dilakukan. Ada banyak metode yang bisa dilakukan seperti dengan bercerita, diam mendengarkan lirik lagu, saling menatap, atau dibiarkan mengekspresikan diri dengan bermacam benda yang disiapkan.

Hal itulah yang dilakukan oleh sejumlah musisi tanah air dan luar negeri untuk musik video lagu mereka. Tentunya dalam pembuatan video musik ini pemerannya bukanlah aktor, sebab mereka merupakan warga biasa yang dijadikan responden yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. 

Siapa saja musisi yang memilih eksperimen sosial sebagai konsep MV lagunya? Biar nggak makin penasaran, simak daftar musik video yang usung eksperimen sosial berikut.

1. Kunto Aji, Pilu Membiru

Musik Video yang Usung Eksperimen Sosial. (YouTube/ Kunto Aji)
Musik Video yang Usung Eksperimen Sosial. (YouTube/ Kunto Aji)

Salah satu lagu dalam album kedua Kunto Aji adalah Pilu Membiru yang dirilis di YouTube milik penyanyi asal Yogyakarta ini pada 2019 lalu. Kunto Aji mungkin menjadi penyanyi yang mengawali konsep eksperimen sosial sebagai klip untuk lagunya. 

Kunto Aji mengajak pendengar lagunya yang merasakan kesan mendalam setelah mendengar Pilu Membiru untuk berbincang dan bercerita. Ia juga menggandeng praktisi pemulihan batin Adjie Santosoputro, agar beberapa responden yang diundang bisa berkonsultasi, serta menceritakan bagaimana cara mereka melalui kesulitan yang dihadapi hingga bisa terus melangkah.

2. Hindia, Rumah ke Rumah

Musik Video yang Usung Eksperimen Sosial. (YouTube/ Hindia)
Musik Video yang Usung Eksperimen Sosial. (YouTube/ Hindia)

Penyanyi bernama asli Bhaskara Putra atau yang lebih populer dengan nama Hindia merupakan penyanyi muda asal Jakarta. Ia mengusung konsep yang unik dan berbeda untuk musik video untuk lagu dari album pertamanya. Lagu yang berjudul Rumah ke Rumah mengusung mengisahkan sepasang kekasih yang menjalani hubungan jarak jauh. MV-nya bercerita perjuangan Tristan dan Narrel dalam menjalin asmara dengan semua perjuangan yang harus mereka lalui. 

3. Yura Yunita, Dunia Tipu-Tipu

Musik Video yang Usung Eksperimen Sosial. (YouTube/ Yura Yunita)
Musik Video yang Usung Eksperimen Sosial. (YouTube/ Yura Yunita)

Setelah sukses dengan lagu Tutur Batin, Yura Yunita kembali mendulang sukses lewat lagu Dunia Tipu-Tipu yang masih menjadi bagian dari album Tutur Batin. Lagu terbaru Yura Yunita ini rilis pada Rabu (27/72022) lalu dengan mengusung eksperimen sosial. Yura menggandeng Nabila Ghassani seorang ahli hipnoterapis. 

Responden yang dipilih merupakan beberapa pasangan orang yang punya keterikatan khusus seperti ibu dan anak, ayah dan anak, kakak beradik, suami istri juga sahabat. Tanpa dialog, mereka hanya dibiarkan duduk saling menatap sembari diperdengarkan alunan lirik lagu Dunia Tipu-Tipu. Musik videonya cukup mengharukan hingga bisa membuat pendengar ikut hanyut terbawa suasana.

4. Rachel Platten, Better Place

Musik Video yang Usung Eksperimen Sosial. (YouTube/ Rachel Platten)
Musik Video yang Usung Eksperimen Sosial. (YouTube/ Rachel Platten)

Selanjutnya ada penyanyi asal Amerika Serikat, Rachel Platten yang juga mengusung eksperimen sosial. Rilis pada 9 Mei 2016 silam, lagu Better Place mengisahkan ungkapan mendalam pada orang terkasih. Penggemar Rachel dipilih untuk menjadi pemeran atau responden dalam klip video tersebut. Sama seperti Yura, mereka juga datang berpasangan. Tanpa bicara, mereka hanya diminta duduk di sofa saling berhadapan sembari menikmati lagu Better Place.

5. Grandson. OH NO!

Musik Video yang Usung Eksperimen Sosial. (YouTube/ Grandson)
Musik Video yang Usung Eksperimen Sosial. (YouTube/ Grandson)

Ada pula Grandson penyanyi asal Kanada yang merilis lagu berjudul OH NO! pada Oktober 2019 lalu. Eksperimen sosial yang digunakan dalam musik video lagu ini mengajak beberapa orang dengan latar belakang berbeda. Mereka dibebaskan untuk mengekspresikan perasaan mereka dengan benda-benda yang ada di sebuah ruangan. Dalam ruangan tersebut, ada Grandson yang duduk dengan tubuh diikat dan mata tertutup. Grandson menjadi objek ekspresi mereka tapi dengan ketentuan tidak ada kekerasan dalam pengekspresian perasaan tersebut. 

Itulah sejumlah musik video yang usung eksperimen sosial dari musisi tanah air dan mancanegara. Konsep tak biasa ini membuat lagu mereka lebih bisa diterima dengan kesan mendalam hingga membuat haru seperti Dunia Tipu-Tipu. Mana musik video paling menyentuh menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Tags # musik video yang usung eksperimen sosial # yura yunita # kunto aji

Hot Video

Berita Terkini