Life

Jakarta Concert Orchestra Gelar Konser Bertajuk From the New World

Konser ini digelar sekaligus sebagai peluncuran wajah baru dari Balai Resital Kertanegara

Yohanes Endra
Kamis, 26 Mei 2022 | 17:29 WIB
Jakarta Concert Orchestra (JCO). (siaran pers)
Jakarta Concert Orchestra (JCO). (siaran pers)

Matamata.com - Dalam rangka merayakan ulang tahun berdirinya yang ke-20, Jakarta Concert Orchestra (JCO) yang dipimpin maestro Avip Priatna Mag. Art akan menggelar konser yang bertajuk ‘From the New World’ pada hari Kamis, 26 Mei 2022 mendatang. Tema ini diambil dari nama simfoni paling populer karya Antonín Dvoák tahun 1893.

Konser ini akan menampilkan full instrument dari karya Antonín Dvoák. Selain itu, pada konser ini, JCO menampilkan 2 (dua) bintang tamu musisi muda, yaitu Marini Widyastari pada Flute dan Bagaskoro Byar Sumirat pada Oboe akan tampil sebagai solis pada Flute Concerto karya Alexey Shor, dan pada Concertino Oboe karya Brenno Blauth. Dan, akan juga digelar perdana sebuah karya musisi Indonesia berbakat Arya Pugala Kitti dengan judul Nebula Karsa.

JCO yang didirikan 20 tahun lampau, merupakan orkestra pertama di Indonesia yang mampu membawakan opera secara lengkap. Selain itu, JCO yang terkenal hingga mancanegara sebagai orkestra musik klasik, merupakan orkestra yang repertoire musiknya paling lengkap, dari musik klasik hingga jenis musik lainnya.

JCO konsisten menyelenggarakan konser seri setiap tahunnya, salah satunya adalah konser ‘Simfoni Untuk Bangsa’ yang bertujuan untuk melestarikan lagu-lagu Indonesia masa lalu dengan aransemen kekinian, memasyarakatkan lagu-lagu daerah Indonesia dan juga memainkan komposisi baru dengan elemen-elemen Indonesia.

Avip Priatna, Direktur Musik dan Konduktor Jakarta Concert Orchestra (JCO) menyatakan, “JCO merupakan salah satu orkestra terkemuka di Indonesia yang telah hadir sejak tahun 2002 dan terus berkarya dengan menggelar konser seri dari repertoar klasik barat hingga karya anak bangsa. Salah satu misi kami adalah terus mempopulerkan musik orkestra di Indonesia sehingga menjadi sebuah tontonan yang bisa dinikmati secara lebih luas oleh lebih banyak kalangan termasuk kalangan muda. Upaya kami dalam meraih misi tersebut akan tertuang pada pertunjukkan-pertunjukkan yang kami usung. Kami berharap melalui konser peringatan 20 tahun JCO mendatang dapat mengawali tahapan dan harapan baru industri musik setelah masa pandemi serta mengobati rasa rindu para pecinta musik terutama musik klasik.”

Jakarta Concert Orchestra (JCO). (siaran pers)
Jakarta Concert Orchestra (JCO). (siaran pers)

Puluhan karya dari musisi dunia maupun Indonesia telah berhasil dibawakan oleh JCO dalam beberapa tahun belakangan. JCO juga telah berkolaborasi dengan solois dunia seperti Alexey Botvinov (Ukraina) dan Suzanne Shakespeare (Australia) serta puluhan seniman di Indonesia seperti Andien, Isyana Sarasvati, Bunga Citra Lestari (BCL).

Pada hari Kamis & Jumat tanggal 20-21 Mei 2022, JCO juga dipercaya menjadi bagian sangat penting dari pementasan teater musikal monolog ‘Inggit’ yang diperankan oleh Happy Salma di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta. Pertunjukkan tersebut berhasil membuat ratusan orang terpukau.

Aditya Setiadi, Musikolog Indonesia menyambut baik pergelaran yang akan dihelat oleh JCO tanggal 26 Mei mendatang.

“Mengelola dan merawat keberlangsungan suatu orkestra merupakan upaya yang sering kali penuh aral melintang. Selain kendala anggaran dan teknis, menjamin mutu suatu orkestra untuk tetap konsisten membutuhkan dedikasi dan keseriusan, sama halnya seperti menanam pohon dan merawatnya hingga menghasilkan buah terbaik. Dalam usianya yang ke-20, Jakarta Concert Orchestra (JCO) terbukti telah berhasil menjawab segenap tantangan tersebut," ujar Aditya.

"Selain konsisten dalam menjaga mutu permainannya, JCO merupakan rumah bagi para musisi orkestra dalam bernaung, berkarya, dan belajar. Sebagai salah satu orkestra terbaik di Tanah Air, JCO telah membuktikan bahwa prinsip-prinsip artistik dan organisasinya secara tidak langsung turut membentuk ekosistem musik Indonesia yang sehat dan dinamis, selalu terbuka dan fleksibel terhadap perubahan citarasa masyarakat tanpa mengorbankan kualitas. Sebagai sahabat sekaligus alumni JCO, saya mengucapkan selamat dan terima kasih atas kontribusi JCO yang sedemikian signifikan dalam dunia musik Indonesia. Saya percaya JCO akan tetap menjadi biduk kokoh musik orkestra hingga berpuluh tahun ke depan."

Konser ini sekaligus menandai pembukaan ‘NEW’ Balai Resital Kertanegara yang telah selesai direnovasi. Hall konser dengan kualitas akustik yang baik ini selain sekarang memiliki daya tampung penonton lebih banyak, yaitu hampir 400 kursi, juga memiliki sebuah orchestra pit sehingga panggung utama menjadi lebih luas karena para musisinya memiliki tempat khusus.

Tags # jakarta concert orchestra # jco # from the new world

Hot Video

Berita Terkini