Life

Apa Itu Channel Marketing? Yuk Ketahui Manfaat dan Jenisnya!

Bila kamu belum tahu apa itu channel marketing, maka simak ulasan lengkap berikut ini.

Yohanes Endra
Kamis, 21 April 2022 | 18:33 WIB
Channel Marketing. (domainesia)
Channel Marketing. (domainesia)

Matamata.com - Strategi pemasaran merupakan hal jitu yang memiliki pengaruh besar dalam kesuksesan karir atau bisnis. Riset yang detail sangat diperlukan agar strategi bisnis bisa mencapai sasaran pasar dengan baik. Jangan sampai kamu gagal menerapkan ide dan strategi marketing hanya karena konsepnya tidak sesuai dengan perkembangan zaman.

Kamu bisa memakai channel marketing yang paling diminati pada tahun 2022 agar bisa memaksimalkan potensi bisnis yang ada. Bila kamu belum tahu apa itu channel marketing, maka simak ulasan lengkap berikut ini.

Pengertian Channel Marketing

Channel marketing merupakan alat atau platform digital yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan audiens sehingga informasi bisa langsung disampaikan sesuai target. Misalnya, kamu ingin menyampaikan informasi terkait merek, produk atau layanan jasa bisnis kepada para calon pelanggan. Supaya target penjualan dan branding bisnis bisa lebih optimal, pastikan untuk memaksimalkan potensi setiap channel marketing yang ada, ya!

Pilihan Channel Marketing untuk Optimasi Bisnis

Kini kamu tidak perlu bingung mengenai apa itu channel marketing lagi, bukan? Hanya saja apakah kamu sudah memaksimalkan channel marketing untuk kegiatan promosi dan konten pemasaran yang apik? Supaya bisa memaksimalkan konten yang berdampak pada branding dan target penjualan, pastikan untuk meningkatkan pengaruh pada beberapa jenis channel marketing perusahaan di bawah ini :

1. Website

Memiliki situs website resmi merupakan bagian penting dari perusahaan di era digital seperti sekarang. Apalagi saat ini sudah banyak perusahaan hosting yang menawarkan harga hosting murah.

Pastikan kamu membangun reputasi perusahaan dengan membuat konten positif di website tersebut. Situs website yang bisa diakses online kapan dan di mana saja bisa menarik lebih banyak pengunjung yang berpotensi menjadi pelanggan setia.

Postingan blog yang bermanfaat bisa mendukung kampanye pemasaran produk atau layanan jasa bisnis kamu. Selain maksimalkan desain dan tampilan website yang user friendly, ada baiknya kamu juga memberikan penawaran dan fitur berlangganan di situs tersebut. Jangan lupa untuk mengaitkan website dengan media sosial yang punya dampak besar dalam perkembangan usaha digital.

Membuat konten di situs yang tetap mempertahankan basis SEO atau Search Engine Optimization masih efektif dalam menjaring pelanggan. Ribuan orang mencari informasi, berita atau tips trik dari mesin pencari lewat PC atau ponsel pribadi mereka. Jadi, pastikan konten kamu menyuguhkan konten yang bisa muncul di halaman pertama mesin pencari, ya!

2. Media sosial

Sampai tahun 2022, pengaruh media sosial sebagai platform paling menguntungkan dalam bisnis tidak tergantikan. Ada lebih dari 4 milyar orang di dunia yang memakai media sosial, termasuk Instagram dan Facebook.

Kamu wajib memanfaatkan fitur yang ada di setiap media sosial agar bisa membuat konten yang berkualitas. Tidak hanya sekadar viral saja, kamu juga butuh konten yang bisa memberikan legacy positif bagi para pembaca.

3. Influencer

Channel marketing yang punya potensi sangat besar sampai sekarang adalah menyewa jasa influencer. Ada banyak marketer yang sukses menjual produk atau jasa bila memilih influencer yang memiliki prospek bagus. Orang-orang akan menganggap influencer menggunakan produk yang sama dengan testimoni bagus sehingga pengaruh influencer sangat besar dibandingkan iklan biasa.

Pastikan kamu memakai jasa influencer yang positif dan sesuai dengan kemampuan finansial perusahaan, ya! Influencer dengan jutaan pengikut jelas memiliki potensi yang besar, tetapi kamu juga harus mempertimbangkan biaya endorse-nya.

4. Video

Menampilkan video marketing yang banyak diklik oleh pengunjung, kenapa tidak? Kamu bisa memakai platform digital untuk menjaring lebih banyak pelanggan dengan membuat konten yang berkualitas. Video tentang bisnis atau informasi yang inspiratif bisa kamu unggah di kanal media sosial, platform digital atau situs website resmi.
Membuat video tutorial, video soft selling, video dalam bentuk podcast yang digandrungi, sah-sah saja. Pastikan saja konsep video tersebut benar-benar menarik guna meningkatkan potensi penjualan perusahaan, ya!

5. Email marketing

Jangan mengira bahwa email merupakan channel marketing yang sudah ditinggalkan. Pasalnya, ada banyak orang yang rajin membuka email untuk mendapatkan informasi dari surel langganan atau mengecek pekerjaan. Kamu bisa memanfaatkan peluang dengan membuat email marketing yang menarik sehingga orang-orang memiliki ketertarikan untuk melihat isi email tersebut.

Nantinya email akan langsung terhubung dengan situs resmi untuk mendapatkan informasi yang lebih detail dan akurat. Selain itu, informasi yang kamu suguhkan di email juga bisa membuat pelanggan setia tetap bertahan dan loyal dengan adanya penawaran yang konsisten setiap waktu.

Kini kamu tidak perlu bertanya lagi terkait apa itu channel marketing setelah membaca ulasan ini. Segera diskusikan dengan tim marketing di perusahaan untuk menciptakan strategi pemasaran yang apik di era digital. Tingkat persaingan yang semakin ketat membuat setiap pebisnis harus menyajikan ide marketing yang out of the box, unik dan punya potensi besar di pasaran. Channel marketing yang maksimal memungkinkan bisnis kamu untuk go regional bahkan hingga internasional.

Tags # channel marketing # domainesia # channel marketing domainesia

Hot Video

Berita Terkini