Life

5 Cara Memilih Sleeping Bag yang Tepat

Simak beberapa tips memilih sleeping bag yang tepat berikut ini.

Yohanes Endra
Jum'at, 04 Februari 2022 | 18:45 WIB
Ilustrasi Sleeping Bag (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi Sleeping Bag (Pixabay/Free-Photos)

Matamata.com - Sleeping bag menjadi salah satu keperluan traveling yang sangat penting, terutama saat mendaki gunung atau berkemah. Meski banyak model sleeping bag, tetapi kita harus berhati-hati saat memilihnya. Apalagi, alat berkemah satu ini akan menjadi alas tidur kita selama berada di alam terbuka.

Nah, kami punya beberapa tips memilih sleeping bag yang tepat, seperti berikut ini.

1. Sesuaikan dengan aktivitas

Setiap jenis sleeping bag biasanya disesuaikan untuk aktivitas tertentu. Hal yang membedakan adalah fitur dan ketebalan dari sleeping bag tersebut. Misalnya, jika kamu ingin membawa sleeping bag saat jalan-jalan keliling kota, pilih yang berukuran kecil dan dapat disusutkan. Jadinya, kamu mudah menyimpannya di dalam ransel.

Sedangkan untuk mendaki gunung, pilihlah sleeping bag yang cukup tebal dan hangat, serta memiliki bungkus tahan lembab. Apalagi, cuaca di atas gunung sangat dingin.

2. Perhatikan bahannya

Umumnya, ada empat jenis bahan sleeping bag yang sering dijumpai, yaitu parasit, polyester, dacron, dan polar. Bahan parasit biasanya lebih ringan dan memiliki lapisan kapas atau bulu pada bagian tengahnya sehingga lebih hangat. Sedangkan bahan polyester, cocok untuk para backpacker karena mudah kering.

Kalau bahan dacron biasanya cukup ringan dan hangat, tapi seringkali memakan banyak tempat di dalam ransel. Terakhir adalah bahan polar, yang berukuran kecil dan dapat memberikan kehangatan terbaik.

3. Pilih bentuk sleeping bag

Selain bahan, bentuk sleeping bag juga beraneka ragam. Bentuk yang paling umum ditemukan adalah mummy, yang sering digunakan saat mendaki gunung. Bentuk mummy dapat akan membungkus tubuh dengan pas dan membuatnya lebih hangat karena tidak ada banyak ruang untuk bergerak.

Namun, bila kamu memiliki tubuh yang cukup besar, pilihlah sleeping bag berbentuk semi-rectangular sebagai gabungan dari bentuk mummy dan persegi panjang. Bentuk ini tetap akan membungkus tubuh dengan hangat, tapi membuat penggunanya lebih leluasa bergerak.

4. Sesuaikan dengan tinggi badan

Menyesuaikan ukuran sleeping bag dengan tinggi badan adalah hal yang penting. Jadinya, kamu bisa mendapatkan kehangatan saat tidur. Biasanya, harga sleeping bag panjang akan lebih mahal.

Namun, jika kamu membeli sleeping bag murah dan pendek, tentu akan sangat tidak nyaman menggunakannya. Sleeping bag yang kekecilan akan membuatmu tidur dengan kaku dan tertekuk sehingga badan bisa menjadi pegal-pegal.

5. Pertimbangkan berbagai fitur tambahan

Pastikan kamu memilih sleeping bag yang mempunyai banyak fitur tambahan untuk meningkatkan kenyamanan dari sleeping bag, seperti adanya penutup kepala untuk menambah kehangatanmu. Kamu juga dapat memilih yang memiliki resleting atau kantong untuk meletakkan beberapa barang-barang kecil.

Selain itu, kamu juga dapat memilih sleeping bag yang resletingnya dapat dibuka dan dilebarkan menjadi selimut. Model ini akan lebih multifungsi, jika kamu ingin menggunakannya untuk camping mobil. Kamu hanya perlu memberikan alas sprei dan menambahkan beberapa bantal empuk.

Nah, itu dia 5 cara untuk memilih sleeping bag yang tepat sesuai kebutuhan. Pastikan kamu memilih yang berkualitas dan dapat memberikan kenyamanan maksimal, ya!

Kamu bisa menemukan berbagai sleeping bag dan keperluan traveling lainnya hanya di ACE Online, yang menjual produk rumah tangga dan kebutuhan berkemah dengan sangat lengkap.

Tunggu apa lagi? Yuk, belanja sekarang dan jangan sampai kehabisan!

Tags # ace online # ruparupa # ruparupa.com # cara memilih sleeping bag

Hot Video

Berita Terkait

Berita Terkini