Life

4 Pendakwah Meninggal Dunia di Usia Muda, Ameer Azzikra hingga Uje

Satu lagi pendakwah berpulang, Ameer Azzikra yang masih berusia 20 tahun meninggal dunia hari ini.

Yohanes Endra
Senin, 29 November 2021 | 18:47 WIB
Pendakwah Meninggal Dunia di Usia Muda. (Instagram/ameer_azzikra)
Pendakwah Meninggal Dunia di Usia Muda. (Instagram/ameer_azzikra)

Matamata.com - Umur seseorang adalah misteri begitu pula dengan kematian yang merupakan hal yang tak bisa manusia hindari. Meski begitu, kepergian orang-orang terkasih pasti akan meninggalkan kepedihan mendalam bagi keluarga juga sahabat. Apalagi jika yang meninggal adalah sosok yang menginspirasi, seperti pendakwah. 

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, sosok pendakwah adalah guru yang diharapkan dapat memberikan pemahaman terhadap perkara keagamaan dan kehidupan yang belum diketahui. Kehadiran pendakwah serupa oasis di tengah gurun yang bisa menghilangkan dahaga.

Namun sejumlah pendakwah meninggal dunia di usia muda. Mereka adalah hamba Allah yang tidak bisa menghindari takdir. Kepergian mereka meninggalkan duka dan kesedihan bagi keluarga, sahabat, dan jamaah mereka. Hari ini, Senin (29/11/2021) seorang pendakwah muda yang sejatinya diharapkan bisa menjadi penerus dakwah Ustaz Arifin Ilham, Ameer Azzikra berpulang ke Rahmatullah.

Kepergian Ameer Azzikra yang juga merupakan adik dari Alvin Faiz, menambah daftar pendakwah yang meninggal dunia di usia muda. Kehilangan ini menjadi duka yang begitu dalam bagi umat muslim. Sebab salah satu penerus dakwah Islam kembali berpulang.

Sebelum Ameer Azzikra, sejumlah nama ulama besar yang tergolong pendakwah muda juga meninggal dunia. Para pendakwah meninggal di usia muda ini sedang begitu giatnya berdakwah. Namun Allah lebih menyayangi mereka yang memanggil mereka kembali ke sisiNya. Berikut ini sejumlah pendakwah meninggal dunia di usia muda.

1. Ustaz Jefri Al Buchori

Pendakwah Meninggal Dunia di Usia Muda. (Instagram/uje_fans_club)
Pendakwah Meninggal Dunia di Usia Muda. (Instagram/uje_fans_club)

Ustaz Jefri Al Buchori lahir dengan nama Muhammad Jefri Al Bukhori pada tanggal 12 April 1973. Pendakwah yang akrab disapa Uje ini telah melewati pasang surut kehidupan. Masa remajanya diisi dengan berbagai kenakalan, hingga menjadi pecandu narkoba. Namun ia bertobat dan menjalani kehidupan barunya yang sama sekali berbeda dengan masa remajanya.

Jalan hidupnya berubah saat ia menggantikan peran sang kakak sebagai Imam Masjid di Singapura pada tahun 1999. Karier Uje sebagai pendakwah mulai dikenal pada tahun 2002 saat mengisi program sahur di salah satu stasiun televisi. Namun jauh sebelum itu, ia sudah lebih dahulu terjun sebagai aktor. Selama berdakwah, Uje dikenal sebagai ustaz gaul yang menyasar para remaja. Gaya berbusananya pun simpel dan kasual, seperti gaya yang disukai para remaja.

Pada 23 April 2013, Uje mengalami kecelakaan fatal yang mengendarai sepeda motonya. Uje menabrak sebuah pohon di kawasan Pondok Indah Jakarta. Jenazah Uje disalatkan di Masjid Istiqlal dan dimakamkan di TPU Karet Bivak, Karet Tengsin, Tanah Abang Jakarta. 

Ustaz Jefri Al Buchori meninggal dunia di usia yang masih terbilang muda yaitu 40 tahun. Kepergian Uje meninggalkan luka bagi istinya Pipik Dian Irawati, Adiba Khanza Az-Zahra, Abidzar Al Ghifari, Ayla Azuhro, dan Attaya Bilal Rizkillah.

2. Habib Munzir

Pendakwah Meninggal Dunia di Usia Muda. (majelisrasulullah.org)
Pendakwah Meninggal Dunia di Usia Muda. (majelisrasulullah.org)

Habib Munzir Al Musawa adalah salah satu ulama dan pendakwah yang meninggal di usia muda. Usia Habib Munzir saat meninggal dunia adalah 40 tahun. Habib Munzir Al Musawa berpulang pada 15 September 2013 silam. Sebelum berpulang Habib Munzir Al Mushawa memang diketahui memiliki penyakit namun kondisinya sudah berangsur pulih. Beliau adalah pemimpin Majelis Rasulullah SAW, yang memiliki ribuan pengikut. Kepergian Habib Munzir ini meninggalkan duka mendalam.

Habib Munzir lahir dengan nama Munzir bin Fuad Al Musawa pada 23 Februari 1973. Kepergiannya ini meninggalkan seorang istri Syarifah Khadijah Al Juneid dan tiga orang anak Fatimah Al Musawa, Muhammad Al Musawa, dan Hasan Al Musawa.

3. Ustaz Maheer At Thuwailibi

Pendakwah Meninggal Dunia di Usia Muda. (Instagram/mudakajian)
Pendakwah Meninggal Dunia di Usia Muda. (Instagram/mudakajian)

Ustaz Maheer At Thuwailibi merupakan pendakwah yang lahir pada 14 Juli 1992 dengan nama lahir Soni Eranata. Media dakwahnya terbilang unik, yaitu lewat sosial media seperti Instagram hingga TikTok. Ustaz Maheer pernah berseteru dengan Nikita Mirzani, dan melaporkan Nikita Mirzani yang pernah menyebut Habib Rizieq sebagai penjual obat hingg menyebut Habib Rizieq membuat ulah. Hal ini menurutnya merupakan pencemaran nama baik.

Namun pada  tanggal 3 Desember 2020, Ustaz Maheer justru ditangkap pihak kepolisian atas dugaan penghinaan terhadap Habib Luthfi Pekalongan yang diunggah di Twitter miliknya. Akibatnya Ustaz Maheer pun harus masuk ke balik jeruji besi. Pada 8 Februari 2021, Ustaz Maheer meninggal dunia saat masih menjalani hukuman di rutan Mabes Polri dalam usia 29 tahun. Penyebab meninggalnya karena sakit yang diderita.

4. Ameer Azzikra

Ameer Azzikra. (Instagram/ameer_azzikra)
Pendakwah Meninggal Dunia di Usia Muda. (Instagram/ameer_azzikra)

Putra kedua mendiang Ustaz Arifin Ilham, Ameer Azzikra yang juga Adik Alvin Faiz meninggal dunia Pada 29 November 2021. Kepergian Ameer ini karena sakit paru-paru yang ia derita. Ameer Azzikra adalah pendakwah muda yang diharapkan akan menjadi penerus dakwah sang ayah. Namun di usia yang masih sangat muda Ameer Azzikra telah dipanggil ke Rahmatullah.

Kepergian Ameer ini menyisakan kepedihan bagi keluarga dan sahabat. Di usianya yang masih sangat muda, Ameer sudah menjadi pendakwah. Karier dakwahnya juga baru saja dimulai dan sedang bersinar. Namun ia sudah menyusul ayahnya yang sudah berpulang lebih dahulu. Ameer Azzikra lahir pada 21 Desember 2000. Usianya baru 20 tahun saat meninggal dunia. Jenazah Ameer dimakamkan di samping makam Ustaz Arifin Ilham.

Itu tadi pendakwah meninggal di usia muda. Mulai dari kecelakaan sampai sakit menjadi penyebab kepergian para pendakwah muda tanah air. Semoga amal ibadah almarhum diterima di sisi Allah dan ditempatkan di surgaNya. Amin.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Tags # ustaz jefri al buchori # pendakwah meninggal dunia di usia muda # ameer azzikra

Hot Video

Berita Terkini