Life

Sinopsis Rentang Kisah, Film Terfavorit Indonesian Movie Actors Awards 2021

Film Rentang Kisah rilis di Disney+ Hotstar dan versi extended tayang di Klik Film.

Tinwarotul Fatonah
Senin, 29 November 2021 | 15:40 WIB
Sinopsis Film Rentang Kisah (YouTube/Falcon)
Sinopsis Film Rentang Kisah (YouTube/Falcon)

Matamata.com - Rentang Kisah meraih penghargaan sebagai Film Terfavorit di Indonesian Movie Actors Awards 2021 (IMAA 2021). Tak hanya satu, film Rentang Kisah juga mendapat penghargaan dari para pemainnya yakni Beby Tsabina dan Donny Damara.

Beby Tsabina mendapat penghargaan Pemeran Utama Wanita Terfavorit, sedangkan Donny Damara untuk Pemeran Pendukung Pria Terbaik. Beby dan Donny juga menjadi Pemeran Pasangan Terfavorit IMA 2021.

Sinopsis Film Rentang Kisah (Instagram/@imaawards)
Sinopsis Film Rentang Kisah (Instagram/@imaawards)

Film Rentang Kisah tayang di Disney+ Hotstar pada 11 September 2020 dan Klik Film sejak 12 Maret 2021. Hingga saat ini, Rentang Kisah masih dapat disaksikan melalui dua platform streaming tersebut. Sebelum nonton, yuk simak sinopsis film Rentang Kisah serta berbagai fakta menariknya berikut ini.

1. Sinopsis Film Rentang Kisah

Film Rentang Kisah menceritakan pengalaman Gita Savitri (Beby Tsabina) saat tinggal di Jerman sebagai mahasiswa. Gita menetap di Jerman untuk belajar Kimia Murni di Universitas Berlin sejak 2010.

Gita Savitri mendapat dukungan penuh dari kedua orangtuanya untuk melanjutkan sekolah di luar negeri. Awalnya Gita kebingungan saat orangtuanya meminta ia kuliah di Jerman padahal bukan berasal dari keluarga yang kaya. Namun menurut ayah Gita (Donny Damara), Tuhan menciptakan dunia amat besar bukan untuk berdiam diri di rumah.

Sinopsis Film Rentang Kisah (YouTube/Falcon)
Sinopsis Film Rentang Kisah (YouTube/Falcon)

Saat Gita Savitri berangkat ke Jerman, sang ayah masih bekerja dan usaha katering ibunya (Cut Mini) berjalan baik. Namun keadaan tersebut berubah saat Gita kuliah. Ayah Gita sakit dan kondisi usaha katering ibunya juga tidak baik. Keadaan perekonomian keluarga yang tidak stabil sempat membuat Gita ingin menyerah dan kembali ke Indonesia. Gita yang tidak mendapatkan beasiswa akhirnya berusaha mencari uang tambahan untuk kehidupannya di Jerman.

Selain pengalaman Gita Savitri sebagai mahasiswa, film Rentang Kisah juga menceritakan perjalanan spiritualnya dalam memahami ajaran agama Islam saat menjadi minoritas di negeri orang. Gita pun justru menemukan kedekatan dengan keluarga saat mereka berjauhan. Kisah asmara Gita dengan pria bernama Paul Partohap (Bio One) yang berbeda keyakinan juga menjadi bumbu cerita di film Rentang Kisah.

2. Pemeran Film Rentang Kisah

Sinopsis Film Rentang Kisah (YouTube/Falcon)
Sinopsis Film Rentang Kisah (YouTube/Falcon)

Beby Tsabina sebagai Gita Savitri
Bio One sebagai Paul Partohap
Donny Damara sebagai ayah Gita
Cut Mini sebagai ibu Gita
Junior Roberts sebagai Roby
Rigen Rakelna sebagai Angling
Debo Andryos sebagai Afif el Hadi
Ali Seggaf sebagai Putera Wicaksana
Ciara Nadine Brosnan sebagai adik Gita
Aci Resti sebagai asisten katering
Jihan Fairuz Salsabila sebagai Rizka
Carmela van der Kruk sebagai Fina
Izzati Khansa sebagai Gita di masa kecil

3. Film Rentang Kisah versi Extended

Rentang Kisah film merupakan adaptasi novel karya Gita Savitri dengan judul sama karya produksi Falcon Pictures. Setelah dirilis pada 11 September 2020, Falcon Pictures kembali menayangkan film Rentang Kisah versi extended yang ceritanya lebih detail di Klik Film. Untuk versi extended, film Rentang Kisah memiliki durasi 20 menit lebih lama dari yang asli.

Sinopsis Film Rentang Kisah (Instagram/@imaawards)
Sinopsis Film Rentang Kisah (Instagram/@imaawards)

Film Rentang Kisah versi original lebih memfokuskan cerita kepada keluarga Gita Savitri. Sedangkan Rentang Kisah versi extended akan dilengkapi kisah teman, masa-masa kuliah, sampai kisah asmara Gita. Sehingga banyak pertanyaan saat menonton versi original akan terjawab di film Rentang Kisah extended.

Menurut pihak Falcon Pictures dan sutradara Rentang Kisah, Danial Rifki, versi extended muncul karena perbedaan pandangan selama proses editing. Dengan dua versi tersebut, perbedaan pandangan terhadap cerita di film Rentang Kisah juga bisa dialami oleh penonton sehingga mampu memperkaya cerita.

Oleh sebab itu, jangan lewatkan versi extended agar lebih terpuaskan saat menonton film Rentang Kisah ya, guys! Jangan lupa untuk tidak menonton film bajakan demi mendukung karya anak bangsa!

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Tags # film rentang kisah # beby tsabina # sinopsis film rentang kisah

Hot Video

Berita Terkini