Life

4 Gaya Parenting Artis Indonesia, Andien Paling Anti Mainstream!

Andien mengaku kerap diprotes para ibu, simak gaya parenting artis Indonesia lainnya berikut.

Tinwarotul Fatonah
Jum'at, 22 Oktober 2021 | 18:41 WIB
Gaya Parenting Artis Indonesia (Instagram/@andienaisyah)
Gaya Parenting Artis Indonesia (Instagram/@andienaisyah)

Matamata.com - Pola asuh atau parenting merupakan topik yang masih menjadi pembahasan menarik bagi calon ibu maupun para ibu dalam mengasuh anak-anaknya. Gaya parenting artis pun kerap menjadi contoh untuk para ibu di Indonesia.

Salah satu gaya parenting yang selalu menjadi sorotan berasal dari cerita penyanyi Andien Aisyah. Gaya parenting Andien kerap menuai pro kontra karena anti mainstream. Oleh sebab itu, pelantun "Gemintang" tersebut masih merasakan rundungan para ibu lain karena gaya parenting yang dianggap tidak sesuai.

Seperti apa sih, gaya parenting Andien? Simak juga gaya parenting artis Indonesia lain yang bisa jadi rekomendasi para ibu dalam ulasan berikut ini.

1. Andien

Gaya Parenting Artis Indonesia (Instagram/@andienaisyah)
Gaya Parenting Artis Indonesia (Instagram/@andienaisyah)

Gaya parenting Andien telah menuai sorotan sejak lahirnya Kawa ke dunia pada 7 Januari 2017. Tak seperti ibu kebanyakan, Andien membiarkan tali pusat Kawa lepas sendiri dalam waktu 3 hari. Rupanya Andien menerapkan sistem yang dikenal dengan sebutan Lotus Birth.

Andien selanjutnya menerapkan Baby Led Weaning atau BLW. Dengan metode dari Inggris tersebut, Andien memberi makanan seukuran jari bayinya. Saat itu Kawa masih berusia 5 bulan sehingga dikhawatirkan akan terjadi obstruksi khusus menurut ibu yang lain. Namun Andien menegaskan telah melakukan research sehingga meyakini bahwa metode tersebut aman bagi sang putra.

Andien juga membiarkan Kawa tidak menggunakan alas kaki agar lebih leluasa menjalani setiap proses perkembangan. Yang bikin heboh, Andien mengajari sang putra untuk memakai plaster di mulutnya saat tidur. Teknik bernama Buteyko Breathing tersebut diyakini bisa meningkatkan kualitas tidur. Namun Kawa penyumbatan hidung menjadi kekhawatiran ibu yang lain. Terlepas dari segala pro kontra, gaya parenting Andien juga banyak dikagumi dan menambah ilmu para ibu di Indonesia.

2. Darius Sinathrya dan Donna Agnesia

Gaya Parenting Artis Indonesia (Instagram/@darius_sinathrya)
Gaya Parenting Artis Indonesia (Instagram/@darius_sinathrya)

Pasangan artis Darius Sinathrya dan Donna Agnesia telah dianugerahi dua putra dan seorang putri. Putra sulung Darius dan Donna yang akrab disapa Lionel belum lama ini terbang ke Prancis untuk mengenyam pendidikan sebagai pesepak bola profesional.

Rupanya Darius dan Donna memposisikan anak-anak sebagai partner. Gaya parenting tersebut membuat anak-anak Darius dan Donna menyusun sendiri rencana pendidikan maupun keseharian mereka. Pasangan yang menikah sejak 2006 tersebut juga memberi keleluasaan sekaligus batasan sehingga anak-anak bisa maksimal mengembangkan hobi.

3. Artika Sari Devi dan Baim

Gaya Parenting Artis Indonesia (Instagram/@artikasaridevi)
Gaya Parenting Artis Indonesia (Instagram/@artikasaridevi)

Sejak putri pertama mereka lahir, Artika Sari Devi dan Baim telah berkomitmen untuk merawat anak sendiri. Dengan komitmen tersebut, Artika dan Baim menyesuaikan jadwal agar sebisa mungkin tidak meninggalkan anak tanpa salah satu orang tua. Setiap weekend, Artika dan Baim juga selalu menyempatkan diri untuk jalan-jalan outdoor yang jarang dilakukan masyarakat belakangan ini.

Artika dan Baim rupanya menjaga bonding dengan menyempatkan satu hari dalam sepekan untuk menemani anak-anak jelang tidur. Berbagai aktivitas dilakukan mereka, seperti membaca buku dongeng, bergantian menyanyi, dan ditutup dengan doa. Bonding tersebut membuat Artika dan Baim bisa berbicara dari hati ke hati dengan jujur kepada putri-putri mereka.

Mengenai gadget, Artika dan Baim memiliki penyesuaian tergantung usia. Anak pertamanya menggunakan gadget selama 30 menit saat weekdays, sedangkan si bungsu hanya 15 menit. Untuk media sosial, Artika dan Baim masih menjadi admin untuk akun milik anak-anak mereka.

4. Dian Sastrowardoyo

Gaya Parenting Artis Indonesia (Instagram/@therealdisastr)
Gaya Parenting Artis Indonesia (Instagram/@therealdisastr)

Gaya parenting Dian Sastrowardoyo berkaitan dengan gadget yang belakangan bikin kecanduan berbagai kalangan, termasuk anak-anak. Agar anak-anak tidak melulu menggunakan gadget, Dian Sastro mengatasinya dengan mengajak berolahraga. Ia belajar dari pengalaman anak pertamanya yang mengalami keterlambatan bicara karena bermain gadget sejak dini.

Oleh sebab itu, Dian Sastro menyediakan ruangan khusus untuk anak-anak bermain. Bintang film "Ada Apa Dengan Cinta?" itu juga lebih senang apabila anak-anaknya bermain di luar rumah dan berkeringat saat sore hari. Sebisa mungkin Dian Sastro membuat anak-anaknya lebih banyak beraktivitas fisik dibanding duduk dengan gadget.

Setiap orangtua tentu memiliki pola asuh masing-masing. Namun tidak ada salahnya juga meniru gaya milik orangtua lain, siapa tau cocok! Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Tags # gaya parenting artis indonesia # dian sastrowardoyo # andien

Hot Video

Berita Terkini