Life

Umar Kayam hingga Wawan Wanisar, 8 Aktor Terlibat Film G30S PKI

Film G30S PKI menjadi film yang wajib ditonton saat 30 September tiba. Siapa saja aktornya?

Tinwarotul Fatonah
Rabu, 29 September 2021 | 21:00 WIB
Wawan Wanisar [YouTube Miftah's TV]
Wawan Wanisar [YouTube Miftah's TV]

Matamata.com - Masyarakat Indonesia disajikan dengan film dokudrama berjudul Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI menjelang 30 September.

Film yang ditulis oleh Arifin C. Noer ini selalu tayang satu tahun sekali di berbagai stasiun televisi swasta untuk memperingati peristiwa G30S PKI. Bahkan film ini pernah menjadi film yang wajib ditonton bagi para masyarakat Indonesia.

Aktor Terlibat Film G30S PKI
Aktor Terlibat Film G30S PKI. [IMDb]

Film G30S PKI pertama kali tayang pada 1984 silam. Film itu menceritakan tentang masa menjelang kudeta Partai Komunis Indonesia (PKI), penculikan dan pembunuhan enam jenderal, hingga menampilkan peristiwa pergantian dari rezim Soekarno ke rezim Soeharto. 

Film ini dibintangi oleh beberapa aktor yang menjadi tokoh penting di Indonesia. Siapa saja? Simak deretan aktor terlibat film G30S PKI berikut ini.

1. Umar Kayam 

Aktor Terlibat Film G30S PKI
Aktor Terlibat Film G30S PKI

Umar Kayam merupakan penulis, budayawan, dan akademisi asal Ngawi. Umar Kayam ini pernah berkarier menjadi seorang Guru Besar Universitas Gadjah Mada. 

Dalam film Pengkhianatan G30S PKI, penulis novel Para Priyayi ini memerankan karakter Presiden Soekarno. Umar Kayam didapuk memerankan Presiden Soekarno karena postur tubuh dan wajahnya yang mirip Soekarno. 

2. Amoroso Katamsi

Aktor Terlibat Film G30S PKI
Aktor Terlibat Film G30S PKI. [YouTube/Official iNews]

Dalam film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI, Amoroso Katamsi memerankan karakter Mayor Jenderal Soeharto yang sangat tegas dan berwibawa. Dalam film itu, Soeharto diceritakan sebagai pahlawan yang berhasil menumpas G30S PKI.

Berkat film yang dibintanginya itu, nama Amoroso Katamsi berhasil masuk menjadi nominasi Festival Film Indonesia dan namanya dikenal masyarakat.

3. Syubah Asa

Aktor Terlibat Film G30S PKI
Aktor Terlibat Film G30S PKI

Syubah Asa merupakan seorang sastrawan dan wartawan senior Indonesia. Syubah Asa pernah menjadi salah satu anggota Dewan Kesenian Jakarta.

Dalam film  G30S PKI, Syubah Asa memerankan karakter DN Aidit, sosok Sekretaris Jenderal PKI pada saat itu. DN Aidit menjadi orang yang dituduh sebagai dalang PKI pada masa itu.

4. Kies Slamet

Aktor Terlibat Film G30S PKI
Aktor Terlibat Film G30S PKI. [YouTube]

Kies Slamet merupakan aktor kelahiran Blitar tahun 1941. Kariernya menjadi aktor telah sukses sejak 1970-an hingga 1990-an. 

Kies Slamet juga didapuk menjadi salah satu aktor yang terlibat dalam film G30S PKI. Saat itu Kies Slamet berperan sebagai Jenderal Soepardjo, satu-satunya jenderal yang ikut memimpin gerakan 30 September.

5. Bram Adrianto

Aktor Terlibat Film G30S PKI
Aktor Terlibat Film G30S PKI

Bram Adrianto merupakan salah satu aktor Indonesia yang lahir pada 11 Februari 1942 di Yogyakarta. Bram Adrianto mengawali kariernya sebagai salah satu anggota teater pimpinan Rendra Karno.

Nama Bram Adrianto menjadi dikenal luas oleh publik setelah dirinya terlibat sebagai salah satu aktor dalam film G30S PKI. Bram Adrianto memerankan Letkol Untung Sjamsuri, komandan Batalyon Cakrabirawa. Dalam film ini, Untung digambarkan berada di bawah pengaruh PKI.

6. Ade Irawan

Aktor Terlibat Film G30S PKI
Aktor Terlibat Film G30S PKI

Ade Irawan merupakan aktris senior Indonesia sekaligus istri dari aktor dan sutradara Indonesia, Bambang Irawan. Ade Irawan lahir pada 5 April 1937 dan meninggal pada 17 Januari 2020.

Ade Irawan telah mengawali kariernya sejak 1960-an. Di film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI, Ade Irawan mendapat peran sebagai Johanna Sunarti Nasution. Ia merupakan istri Jenderal AH. Nasution, jenderal yang berhasil selamat dari penculikan yang dilakukan PKI.

7. Didi Sadikin

Aktor Terlibat Film G30S PKI
Aktor Terlibat Film G30S PKI

Didi Sadikin menjadi salah satu aktor yang terlibat dalam film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI yang disutradarai oleh Arifin C. Noer.

Dalam film itu, Didi Sadikin berperan sebagai Kolonel Sarwo Edhie. Sarwo Edhie mendapatkan perintah dari Soeharto untuk merebut stasiun RRI yang dikuasai PKI pada masa itu. 

8. Wawan Wanisar

Wawan Wanisar [YouTube BG Tran]
Wawan Wanisar [YouTube BG Tran]

Wawan Wanisar merupakan aktor senior Indonesia kelahiran 13 Desember 1949 dan telah meninggal pada 20 Maret 2021 lalu. Namanya tentu sudah tak asing lagi karena Wawan Wanisar kerap wira-wiri membintangi sinetron dan film Indonesia.

Wawan Wanisar juga pernah terlibat sebagai aktor dalam film G30S PKI. Saat itu Wawan Wanisar berperan sebagai Pierre Tendean. Wawan Wanisar benar-benar melakukan adegan sundut rokok dan dipukul dengan senapan untuk mendalami perannya dalam film itu.

Itu tadi sejumlah aktor yang pernah terlibat dalam film G30S PKI yang selalu ditayangkan kembali untuk mengenang peristiwa 30 September 1965 silam. 

Kontributor: Agatha Vidya Nariswari
Tags # wawan wanisar # umar kayam # aktor terlibat film g30s pki

Hot Video

Berita Terkini