Life

6 Nama Asli Artis Keturunan Papua, Evan Sanders Beda Banget!

Evan Sanders yang lahir di Pulau Biak punya nama asli yang mengejutkan, penasaran?

Tinwarotul Fatonah
Sabtu, 18 September 2021 | 15:04 WIB
Evan Sanders (Instagram/@iam.evansanders)
Evan Sanders (Instagram/@iam.evansanders)

Matamata.com - Beragam suku dan budaya Indonesia membuat dunia hiburan Tanah Air pun ikut berwarna. Sebab para artis Tanah Air pun berasal dari berbagai suku, termasuk Papua.

Suku yang dikenal dengan ciri khas warna kulit gelap tersebut menjadi identitas tersendiri bagi sederet artis Tanah Air ini dalam berkarya.

Siapa saja artis-artis Tanah Air yang berasal dari Papua? Simak juga nama asli artis keturunan Papua berikut ini.

1. Edo Kondologit

Nama Asli Artis Keturunan Papua (Instagram/@edokondologit_official)
Nama Asli Artis Keturunan Papua (Instagram/@edokondologit_official)

Musisi Edo Kondologit kini terjun ke dunia politik sebagai kader PDIP. Selama ini Edo dikenal sebagai penyanyi beraliran jazz yang kerap membawakan lagu rohani Kristen. Ia lahir dengan nama Ehud Eduard Kondologit di Sorong pada 5 Agustus 1967.

Selain menjadi penyanyi, Edo Kondologit juga sempat terjun ke dunia akting. Film yang dibintangi Edo di antaranya "Red CobeX" (2010), Seputih Cinta Melati (2014), "Salah Bodi" (2014), "Pacarku Anak Koruptor" (2016) dan "Boven Digoel" (2017). Edo juga sempat membintangi sinetron "Keluarga Minus" (2011) dan "Madun (2015).

2. Ari Sihasale

Nama Asli Artis Keturunan Papua (Instagram/@alenia259)
Nama Asli Artis Keturunan Papua (Instagram/@alenia259)

Ari Sihasale merupakan nama panggung Juharson Estrella Sihasale yang lahir pada 5 Oktober 1973 di Tembagapura, Papua. Ia dikenal sebagai penyanyi, produser, sekaligus sutradara pemilik rumah produksi Alenia Pictures. Ari mulai bertindak sebagai produser di film "Denias, Senandung di Atas Awan" (2006). Sedangkan karier sutradara dan penulis skenario di mulai pada 2009 melalui film "King".

Sedangkan karier penyanyi Ari Sihasale dimulai saat bergabung dengan grup bernama Cool Colors. Suami Nia Zulkarnaen ini menggantikan Teuku Ryan dengan bergabung bersama Ari Wibowo, Surya Saputra dan Johandy Yahya di grup vokal pria tersebut.

3. Evan Sanders

Nama Asli Artis Keturunan Papua (Instagram/@iam.evansanders)
Nama Asli Artis Keturunan Papua (Instagram/@iam.evansanders)

Evan Sanders pun rupanya hanya nama panggung. Belakangan pemilik nama Stevanus Alexanders ini amat dicintai atas perannya sebagai karakter Nino di sinetron "Ikatan Cinta". Evan Sanders mengawali kariernya sebagai VJ dan sempat berduet dengan Melly Goeslaw melalui lagu "Tentang Dia".

Tak banyak yang tahu, Evan Sanders merupakan pria kelahiran Biak, Papua pada 8 November 1981. Sejumlah film telah dibintangi Evan, seperti "Dealova" (2005), "Kuntilanak" (2006), "Kuntilanak 2" (2007), "My Last Love" (2012), "Mengejar Setan" (2013), "Sinaran" (2015), "Ruqyah: The Exorcism" (2017), "Roh Fasik" (2019), "Kelam" (2019) dan "Arwah Tumbal Nyai: Part Tumbal" (2020).

4. Nowela

Nama Asli Artis Keturunan Papua (Instagram/@mikhelia)
Nama Asli Artis Keturunan Papua (Instagram/@mikhelia)

Nowela Elizabeth Mikhelia Auparay merupakan penyanyi berdarah Batak dan Papua. Ia lebih dikenal dengan nama Nowela Idol karena berhasil menjadi juara di ajang pencarian bakat menyanyi "Indonesian Idol"  tahun 2014.

Nowela lahir di Wamena, Papua pada 19 Desember 1987 dari ayah yang berasal dari Papua dan ibunya berdarah Batak dengan marga Sinaga. Nowela lolos menjadi peserta "Indonesian Idol" berkat Bus Audisi Purwokerto dan lolos audisi utama di Bandung. Nowela telah merilis sejumlah lagu seperti "Kehabisan Kata", "Tatinggal di Papua", "Percuma", dan "Tra Usah Pikir".

5. Ade Juwita

Nama Asli Artis Keturunan Papua (YouTube/Ini Talk Show)
Nama Asli Artis Keturunan Papua (YouTube/Ini Talk Show)

Kepergian Ade Juwita pada 6 November 2015 menyisakan duka mendalam bagi dunia komedi. Nama Ade Juwita dikenal atas perannya dalam komedi situasi "Lenong Rumpi" di RCTI. Pemilik nama Joni Libertifa Ateva tersebut juga sempat bermain dalam serial "Si Manis Jembatan Ancol".

Ade meninggal dunia karena menderita maag akut dan kelenjar getah bening. Ia meninggal di tanah kelahirannya, Sorong, Papua di usia 49 tahun saat statusnya masih lajang.

6. Deva Mahenra

Nama Asli Artis Keturunan Papua (Instagram/@devamahenra)
Nama Asli Artis Keturunan Papua (Instagram/@devamahenra)

Deva Mahenra menggunakan nama asli untuk kariernya di dunia hiburan Tanah Air. Deva sebenarnya lahir di Ujung Pandang. Namun pria kelahiran 19 April 1990 tersebut sempat tinggal di Papua yang terus dibawanya sebagai identitas.

Bahkan dalam sebuah wawancara, Deva mengungkap keinginan tinggal di Papua di masa tua dan dikubur di sana. Hingga saat ini, kekasih Mikha Tambayong tersebut juga masih rutin pulang kampung ke Papua mengunjungi saudara-saudaranya.

Wah ternyata nggak banyak artis keturunan Papua ya. Nama asli artis keturunan Papua terbilang cukup unik dan jarang digunakan sebagai nama panggung. Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Tags # evan sanders # deva mahenra # nama asli artis keturunan papua

Hot Video

Berita Terkini