Life

3 Aktor Pemenang Piala Oscar Tertua, Usia Bukan Halangan untuk Berprestasi

Puncak kejayaan seorang aktor tidak harus saat mereka masih bugar, loh. Buktinya, tiga aktor ini memenangkan Piala Oscar di usia senja.

Yohanes Endra

Aktor Pemenang Piala Oscar Tertua (Instagram/@iamchristopherplummerofficial)
Aktor Pemenang Piala Oscar Tertua (Instagram/@iamchristopherplummerofficial)

Matamata.com - Dari sekian banyak ajang penghargaan yang ada di dunia perfilman Hollywood, Academy Award atau yang biasa disebut sebagai Oscar merupakan sekaligus paling bergengsi. Apalagi, ajang penghargaan tertua tersebut telah berlangsung sejak tahun 1929. Hampir semua pelaku industri film pasti memiliki mimpi besar untuk memenangkan piala oscar, yang berupa piala patung manusia dari bahan britannium berlapis emas 24 karat tersebut. Bahkan, penghargaan bergengsi ini kerap dijadikan patokan untuk mengukur kesuksesan mereka dalam berakting dan memproduksi film.

Sayangnya, ajang penghargaan tersebut cukup sulit untuk ditembus. Meskipun para aktor ternama dunia tersebut telah menyuguhkan akting yang begitu memukau, mereka tetap saja tidak bisa masuk ke dalam nominasi ajang bergengsi tersebut dan membawa pulang pialanya. Misalnya saja Will Smith, Johnny Depp, dan Tom Cruise yang wajahnya kerap kamu tonton di berbagai film Hollywood. Meskipun akting mereka begitu mumpuni dan telah memenangkan berbagai penghargaan, mereka tetap saja belum berhasil membawa pulang piala patung manusia 24 karat tersebut. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan mereka akan berhasil mencetak namanya di ajang bergengsi tersebut suatu hari nanti.

Aktor Pemenang Piala Oscar Tertua (Instagram/@andywalmsleyentertainment)
Aktor Pemenang Piala Oscar Tertua (Instagram/@andywalmsleyentertainment)

Pasalnya, tidak sedikit loh aktor besar yang baru berhasil memenangkan piala Oscar di usia mereka yang sudah tidak lagi muda. Setelah memainkan begitu banyak film yang melambungkan nama mereka, Oscar justru memilih mereka di akhir karier mereka ketika rambut mereka telah memutih dan kulit mereka telah keriput. Tidak mengherankan jika mereka akhirnya mendapatkan sebutan sebagai aktor pemenang piala Oscar tertua di periode mereka. 
Penasaran siapa saja aktor-aktor tersebut? Yuk simak informasinya berikut ini!

1.  Anthony Hopkins

Aktor Pemenang Piala Oscar Tertua (Instagram/@anthonyhopkins)
Aktor Pemenang Piala Oscar Tertua (Instagram/@anthonyhopkins)

Dalam panggung Academy Awards yang diselenggarakan pada bulan April 2021 kemarin, aktor senior Anthony Hopkins sukses memenangkan Piala Oscar 2021 sebagai aktor terbaik, mengalahkan sejumlah aktor papan atas lainnya seperti Riz Ahmed, Chadwick Boseman, dan Gary Oldman.

Meskipun sudah pernah membawa Piala Oscar yang sama 30 tahun lalu, penghargaan yang diperolehnya kali ini cukup menghebohkan banyak orang. Selain karena kontroversi bahwa mendiang Chadwick Boseman lebih layak mendapatkan gelar aktor terbaik tersebut, Anthony Hopkins menuai banyak decak kagum karena meraih penghargaan di usia 83 tahun. Hal tersebut lantas menjadikannya sebagai aktor tertua yang menerima penghargaan bergengsi tersebut.

2. Christopher Plummer

Aktor Pemenang Piala Oscar Tertua (Instagram/@iamchristopherplummerofficial)
Aktor Pemenang Piala Oscar Tertua (Instagram/@iamchristopherplummerofficial)

Sebelum Anthony, predikat aktor pemenang Piala Oscar tertua dipegang oleh Christopher Plummer. Di usianya yang ke-82 tahun pada tahun 2012 lalu, Christopher Plummer berhasil membawa pulang piala bergengsi tesebut berkat penampilannya dalam drama komedi romantis berjudul ‘Beginners’.

Hal tersebut tentu bisa dianggap sebagai puncak kejayaaan setelah hanya meneriama tiga nominasi Academy Award selama berkarier di industri perfilman lebih dari 60 tahun lamanya. Luar biasanya, Plummer masih saja aktif berakting meski telah menginjak usia 90 tahun. Terakhir, ia tampil dalam drama misteri berjudul ‘Knives Out’ sebelum akhirnya tutup usia pada Februari 2021 kemarin.

3. John Gielgud

Aktor Pemenang Piala Oscar Tertua (Instagram/@citizen_ck)
Aktor Pemenang Piala Oscar Tertua (Instagram/@citizen_ck)

Ini dia aktor tertua yang pertama kali memenangkan Piala Oscar. Meskipun telah menghabiskan sebagian besar hidupnya di dunia perfilman dan panggung drama, aktor asal Inggris ini hanya menerima nominasi dalam ajang bergengsi tersebut. Namun, semua usaha kerasnya terbayarkan ketika ia tampil sebagai Hobson dalam komedi Inggris-Amerika berjudul “Arthur’ di tahun 1981 saat berusia 77 tahun. Berkat film tersebut, ia pun akhirnya menerima predita sebagai aktor terbaik dalam Academy Awards, sebagaimana mimpinya selama ini.

Itulah beberapa nama aktor pemenang Piala Oscar tertua dari dekade yang berbeda. Tidak mengherankan jika akhirnya mereka memenangkan penghargaan tersebut, ya. Di usia yang sudah setua itu, mereka masih tampil maksimal dengan kemampuan akting yang masih terjaga dan memukau.

Kontributor: Wahyu Panca Handayani

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report