Life

8 Artis Hamil di Usia 40 Tahun Lebih, Nola B3 Syok Tak Menyangka

Ada sejumlah artis Tanah Air yang hamil di usia 40 tahun lebih dan melahirkan dengan sehat.

Tinwarotul Fatonah

Nola B3 dan Kalina Oktarani. (Instagram)
Nola B3 dan Kalina Oktarani. (Instagram)

Matamata.com - Hamil usia 40 tahun ke atas mungkin memiliki risiko yang cukup besar untuk kesehatan ibu dan janin yang dikandung. Menurut penelitian, kondisi ini meningkatkan kemungkinan memiliki bayi dengan cacat lahir. Wanita yang hamil usia 40 tahun atau lebih memiliki risiko lebih tinggi mengalami komplikasi sehubungan dengan kehamilan. Kendati demikian, wanita hamil usia 40 tahun bisa memiliki kehamilan yang sehat.

Ada sejumlah artis Tanah Air hamil di usia 40 tahun lebih dan melahirkan bayi yang sehat. Sementara itu, Kalina Oktarani baru saja mengumumkan melalui sebuah postingan di akun Instagram bahwa ia tengah hamil anak Vicky Prasetyo. Mantan istri Deddy Corbuzier itu telah melewati usia 40 tahun pada Oktober 2020.

Selain Kalina, ada juga penyanyi Riafinola Ifani Sari atau Nola B3 yang mengumumkan tengah hamil di usai 42 tahun. Berikut ini 7 artis yang hamil di usia 40 lebih.

1. Paramitha Rusady

Paramitha Rusady (MataMata.com/Herwanto)
Artis Hamil di Usia 40 Tahun Lebih (MataMata.com/Herwanto)

Paramitha Rusady menikah dengan pria Kroasia bernama Nenad Bago pada 20 Mei 2004. Bintang sinetron yang populer di era 90-an ini sempat mengalami keguguran di kehamilan pertamanya, saat usia kandungan memasuki empat bulan. Setelah berusaha cukup lama, Paramitha Rusady akhirnya hamil lagi ketika usianya menginjak 40 tahun.

Bayinya lahir pada 14 Mei 2007 melalui operasi caesar, dan diberi nama Adrian Tegar Maharaja Bago. Paramitha sempat tak sadarkan diri selama dua hari setelah persalinan yang penuh perjuangan.

2. Andi Soraya

Potret Andi Soraya (Instagram/@andisorayabeatrix)
Artis Hamil di Usia 40 Tahun Lebih (Instagram/@andisorayabeatrix)

Andi Soraya melahirkan anak ketiganya pada awal 2018 dengan kondisi yang sehat. Saat itu ia sudah menginjak 42 tahun. Buah hatinya dengan politikus Ali Gaffar itu juga lahir dengan dalam kondisi sehat. Sebelum memutuskan untuk hamil lagi, Andi dan suami lebih dulu menjalani pemeriksaan medis untuk mengecek kondisi masing-masing.

Dokter menyatakan kondisi mereka memungkinkan untuk punya keturunan lagi. Ia merasa mudah kelelahan selama kehamilan ketiganya mungkin karena usia yang tidak muda lagi.

3. Okky Asokawati

Okky Asokawati. (Instagram/@okkyasokawati)
Artis Hamil di Usia 40 Tahun Lebih. (Instagram/@okkyasokawati)

Setelah gagal di pernikahan pertama, Okky Asokawati kembali membangun rumah tangga dengan pria bernama Nono Padmodimuljo pada Maret 2003. Mantan model dan bintang iklan ini akhirnya hamil setelah menanti tiga tahun. Saat itu usianya sudah 45 tahun.

Okky melahirkan anak pertamanya dengan Nono Padmodimuljo melalui operasi caesar karena memiliki masalah di tulang panggul. Bayinya lahir dengan sehat pada 28 Januari 2006 dan diberi nama Queentadira Asokawati.

4. Dewi Yull

Dewi Yull (Instagram @dewiyullofficial)
Artis Hamil di Usia 40 Tahun Lebih (Instagram @dewiyullofficial)

Dewi Yull yang dikenal sebagai aktris veteran juga memiliki pengalaman hamil di usia 40 tahun lebih. Mantan istri Ray Sahetapy itu melahirkan putra bungsunya yang bernama Muhammad Raya di usia yang ke-40 pada 2001.

Proses persalinan berjalan lancar dan bayinya lahir dalam kondisi sehat. Muhammad Raya tumbuh dengan baik dan telah beranjak dewasa. Dewi Yull membuktikan bahwa hamil di usia 40 tahun tidak melulu mengalami masalah.

5. Rachel Maryam

Rachel Maryam [Yuliani/MataMata.com]
Artis Hamil di Usia 40 Tahun Lebih [Yuliani/MataMata.com]

Rachel Maryam melahirkan anak keduanya yang berjenis kelamin laki-laki pada 3 Oktober 2020. Bayi buah hatinya dengan Edwin Aprihandono itu diberi nama Muhammad Eijaz Mata Ai. Rachel mengalami pendarahan dan komplikasi pada kehamilan keduanya itu karena saat itu usianya memang telah melewati 40 tahun.

Kehamilannya yang kedua ini memang mengalami komplikasi. Karena kehamilannya yang beresiko, Rachel harus menjalani proses persalinan secara caesar. Syukurlah, bayinya lahir dalam kondisi sehat dan ia mampu melalui masa sulit pasca melahirkan.

6. Siti Nurhaliza

Potret maternity Siti Nurhaliza. (Instagram/@ctdk)
Artis Hamil di Usia 40 Tahun Lebih. (Instagram/@ctdk)

Penyanyi asal Malaysia, Siti Nurhaliza, mengumumkan kehamilan keduanya pada Desember 2020. Pelantun lagu Bukan Cinta Biasa ini mengabarkan kehamilan keduanya melalui Instagram dengan usia sudah memasuki empat bulan.

Siti Nurhaliza menjalani program in vitro fertilization (IVF) atau bayi tabung saat usianya tak muda lagi, 42 tahun. Ia melahirkan pada 19 April 2021. Bayi berjenis kelamin laki-laki itu lahir dengan sehat dan selamat.

7. Kalina Oktarani

Pasangan Vicky Prasetyo dan Kalina Oktarani pamer cincin di jari manis mereka saat menggelar konferensi pers pernikahan mereka di The Lodge, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/3/2021). [MataMata.com/Alfian Winanto]
Artis Hamil di Usia 40 Tahun Lebih. [MataMata.com/Alfian Winanto]

Setelah isu keretakan rumah tangga mereda, Kalina Oktarani dan Vicky Prasetyo tengah berbahagia menyambut kehadiran buah hati mereka. Awalnya Kalina merasakan gejala hamil seperti mual-mual dan mood naik turun.

Ia akhirnya melakukan tes kehamilan dengan test pack dan hasilnya positif setelah mengulang hingga tiga kali. Kalina saat ini telah melewati usia 40 tahun. Semoga sehat hingga proses persalinan!

8. Nola B3

Unggahan Nola B3 [Instagram/@riafinola]
Artis Hamil di Usia 40 Tahun Lebih (Instagram/@riafinola)

Nola B3 mengumumkan sedang hamil anak ke-empat di usia 42 tahun. Sambil mengunggah foto dengan perut mulai membuncit, ia tidak menyangka masih diberi berkah untuk hamil lagi. Kendati begitu, Nola B3 tetap bersyukur.

Itu dia sederet artis yang hamil di usia 40 tahun lebih dan beberapa di antaranya melahirkan dengan sehat.

Kontributor: Chusnul Chotimah

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report