Life

3 Film Animasi dari Kisah Nyata, Nomor 3 Masih Ada Buktinya!

Tidak selalu fantasi, 3 film animasi ini justru diadaptasi dari kisah nyata.

Tinwarotul Fatonah

Film animasi dari kisah nyata. (IMDb)
Film animasi dari kisah nyata. (IMDb)

Matamata.com - Film animasi, seperti film-film Disney ataupun Pixar, selalu berhasil menarik minat para penonton, tak peduli berapun usia mereka. Apalagi, film-film tersebut biasanya berupa fantasi yang ditambah dengan beberapa bumbu sehingga menjadi kisah yang seru dan menarik.

Tidak selalu fiksi, ada juga beberapa film animasi yang ternyata diadaptasi dari kisah nyata, loh. Kisah-kisah tersebut kemudian dikembangkan dengan beberapa unsur fiksi yang dikemas dengan begitu apik sehingga kamu pun tak akan menduga kisah nyata di baliknya. 

Apa saja sih film animasi dari kisah nyata ini? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Pocahontas (1995)

Film animasi dari kisah nyata (Instagram/@joytothedisneyworld)
Film animasi dari kisah nyata (Instagram/@joytothedisneyworld)

Anak 90-an pasti sudah tidak asing lagi dengan film animasi  satu ini, kan? Meskipun sudah hampir tiga dekade berlalu, masih ada saja kok anak-anak ataupun orang dewasa yang mau menontonnya. Apalagi, film ini tidak kalah seru dan berkualitas dari film-film Disney teranyar.

Bercerita tentang seorang putri kepala suku Powhatan yang dikenal sebagai Pocahontas, kisah ini ternyata berasal dari kisah nyata, loh. Putri ramah dan baik hati tersebut memang benar ada dan bernama asli Amonute atau Matoaka. Begitu ramah dan polosnya Amonute, ia bahkan tidak pernah tahu bahwa pasukan Inggris yang baru tiba di sana sedang berseteru dengan suku Indian.

Amonute atau Matoaka bahkan dekat dengan John Smith, pemimpin tentara Inggris yang datang untuk membangun kolonial Inggris di benua Amerika Utara tersebut. Putri kepala suku itu pun kemudian mendapatkan julukan Pocahontas, yang berarti “anak nakal”, karena benar-benar membebaskan John Smith yang disekap oleh sukunya. 

Dalam film animasi dari kisah nyata tersebut, sikap Pocahontas akhirnya bisa membuka jalur perdamaian antara kedua belah pihak tersebut, meskipun kisahnya sebenarnya lebih tragis dari itu.

Kontributor: Wahyu Panca Handayani

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report