Life

Urutan Film X-Men Sesuai Timeline, Nonton yang Mana Dulu?

Yuk cari tahu dulu urutan film X-men sebelum mulai nonton!

Yohanes Endra

Urutan film x-men (IMDb / X-Men : Apocalypse)
Urutan film x-men (IMDb / X-Men : Apocalypse)

Matamata.com - Mumpung lagi di rumah aja dan dapat gratisan akses Disney+ Hotstar dari penyedia layanan jaringanmu, kamu pasti kepikiran untuk maraton nonton fikm-film X-men, kan? Film tentang anggota-anggota tim superhero Marvel yang terlahir sebagai mutan ini memang seru dan asyik ditonton untuk mengisi waktu luang. Apalagi, ceritanya juga menarik, bikin tegang, dan gak membosankan.

Tapi masalahnya, seri film X-men ini total terdiri dari 10 film, dan timeline seri film X-men sendiri ini pun cukup membingungkan. Ditambah lagi dengan adanya konsep perjalanan waktu, yang semakin mengacaukan alur dan kronologi cerita dari satu film ke film lainnya.

Nah, agar kamu tidak tersesat, yuk hafalin dulu urutan film X-men berikut ini sebelum memutuskan akan menonton film yang mana.

1. X-Men : First Class (2011)

Urutan film x-men (IMDb / X: First Class)
Urutan film x-men (IMDb / X: First Class)

Untuk lebih memahami apa itu X-men dan bagaimana X-men generasi pertama dibentuk, maka film pertama yang harus kamu tonton adalah X-Men: First Class yang tayang pada tahun 2011. Film ini berfokus pada persahabatan Professor Charles Xavier atau yang kita kenal dengan nama Professor X dengan Erik Lansherr atau yang lebih dikenal sebagai Magneto. Sayangnya, karena suatu kejadian tragis, mereka berdua berbeda pendapat tentang peran mutan di dunia ini dan akhirnya berpisah menjadi dua kubu yang berbeda.

2. X-Men : Days of Future Past (2014)

Urutan film x-men (Wikipedia / X-Men : Days of Future Past)
Urutan film x-men (Wikipedia / X-Men : Days of Future Past)

Selanjutnya, kamu bisa menonton film X-Men yang berjudul X-Men : Days of Future Past. Tokoh utama dalam film yang dirilis di tahun 2014 ini adalah Logan, yang kemudian dikirim ke masa lalu. Kembalinya Logan ke masa lalu ini bertujuan untuk memperbaiki hubungan antara mutan dan pemerintah sehingga pemerintah berhenti memburu manusia yang terlahir dengan kekuatan mutan.

3. X-Men Origin : Wolverine (2019)

Urutan film x-men (Prime Video / X-Men Origin : Wolverine)
Urutan film x-men (Prime Video / X-Men Origin : Wolverine)

Setelah melihat kehebatan sang wolverine di film sebelumnya, kamu pasti jadi penasaran bagaimana pria bernama Logan itu bisa memiliki cakar yang terbuat dari logam adamantium, kan? Karena itulah, film selanjutnya yang harus ditonton adalah film X-Men Origin : Wolverine. Film ini akan diceritakan kehidupan Logan sebelum menjadi mutan dan bergabung dengan X-men.

4. X-Men : Apocalypse (2016)

Urutan film x-men (IMDb / X-Men : Apocalypse)
Urutan film x-men (IMDb / X-Men : Apocalypse)

Urutan film X-men selanjutnya adalah X-Men : Apocalypse. Meskipun baru dirilis pada tahun 2016 silam, film ini menceritakan perjuangan awal para mutan. Di dalam film ini juga diceritakan kemunculan penguasa mutan terkuat yang telah ada sejak dulu sehingga para mutan pun bersatu melawannya untuk mencegah terjadinya kiamat.

5. X-Men : Dark Phoenix (2019)

Urutan film x-men (IMDb / X-Men : Dark Phoenix)
Urutan film x-men (IMDb / X-Men : Dark Phoenix)

Selanjutnya, kamu harus menonton film teranyar dari semua rangkaian film X-men. X-Men : Dark Phoenix yang baru tayang pada tahun 2019 lalu ini dimulai dari misi penyelamatan sekelompok astronot yang terjebak fenomena solar flare di ruang angkasa. Sayangnya, solar flare tersebut bergerak semakin cepat sehingga mengancam nyawa mereka. Namun akhirnya, mereka semua dapat diselamatkan berkat kekuatan Jean Grey.

6. X-Men (2000)

Urutan film x-men (IMDb / X-Men (2000))
Urutan film x-men (IMDb / X-Men (2000))

Setelah masalah Jean Grey, timeline film X-men ini kembali ke timeline asalnya, yaitu tahun 2000. Karena itulah, kamu wajib menonton film X-Men (2000). Film ini menceritakan para mutan yang terpilih menjadi anggota tim X-men ini. Dalam film ini juga diceritakan bagaimana Logan, yang memiliki masalah ingatan, bertemu dan dirawat di sekolah mutan yang didirikan oleh Professor X.

7. X2: X-Men United (2003)

Urutan film x-men (IMDb / X2: X-Men United (2003))
Urutan film x-men (IMDb / X2: X-Men United (2003))

Film X2 : X-Men United yang tayang di tahun 2003 ini melanjutkan kisah X-men dari film sebelumnya. Film ini pun masih berkisah tentang Logan di awal keterlibatannya dengan geng X-men. Film ini menceritakan pencipta Logan, William Stryker, yang sangat cerdas dan ingin menghabisi makhluk ciptaannya sendiri. Namun, sebelum rencananya itu berhasil, ia justru diserang oleh mutan super dan juga makhluk ciptaannya sendiri, Logan.

8. X-Men : The Last Stand (2006)

Urutan film x-men (IMDb / X-Men : The Last Stand (2006))
Urutan film x-men (IMDb / X-Men : The Last Stand (2006))

Alur cerita X-men ini pun kembali pada Jean grey alias Dark Phoenix. Film yang dirilis pada tahun 2006 ini mengisahkan ketidakstabilan Jean Grey yang menyebabkan terbunuhnya Cyclops, kekasihnya sendiri, dengan tangannya sendiri. Ketidakstabilannya itu juga lah yang mengubahnya dari sosok guru yang baik menjadi seseorang yang tidak segan-segan dalam membunuh siapapun yang menghadangnya. Hal itu kemudian dimanfaatkan oleh Magneto untuk menyerang balik murid-murid Prof. X.

9. The Wolverine (2013)

Urutan film x-men (IMDb / The Wolverine (2013))
Urutan film x-men (IMDb / The Wolverine (2013))

Kelanjutan dari film di atas loncat ke film The Wolverine yang ditayangkan tujuh tahun kemudian, yaitu di tahun 2013. Film ini mengisahkan perasaan bersalah Logan yang telah membunuh Jean Grey. Ia pun mengembara hingga sampai ke Jepang dan bertemu dengan orang yang dulu pernah ditolongnya. Logan pun memberi nasihat pada orang itu untuk menjaga cucu satu-satunya.

10. Logan (2017)

Urutan film x-men (IMDb / Logan (2017))
Urutan film x-men (IMDb / Logan (2017))

Mengambil setting di 2029, film Logan ini menceritakan kehidupan Logan dan Prof. X setelah tewasnya semua mutan dan belum adanya mutan baru yang terlahir selama 25 tahun ini. Namun rupanya, ada saja pihak-pihak yang memburu dan ingin menggunakan gen mereka untuk menciptakan mutan-mutan baru sebagai alat propaganda perang. Dalam film ini juga, Prof. X dan Logan diceritakan tewas demi menyelamatkan sekelompok mutan muda hasil percobaan yang berusaha kabur ke Dakota Timur.

Itulah urutan film X-men dengan timeline yang tepat. Dengan menontonnya sesuai urutan ini, kamu tidak perlu repot menyambungkan alur cerita satu ke lainnya lagi. Selamat menonton!

Kontributor: Wahyu Panca Handayani

Berita Terkini

Live Report