Life

6 Film Kartun Terbaik Sepanjang Masa, Dijamin Menarik dan Tidak Membosankan

Simak daftar film-film kartun terbaik ini. Ada yang jadi favorit kamu nggak?

Tinwarotul Fatonah

Film Kartun Terbaik (IMDb)
Film Kartun Terbaik (IMDb)

Matamata.com - Dunia perfilman tidak pernah ada habisnya dalam menyajikan berbagai tontonan menarik, terutama film kartun. Film kartun dikenal sebagai genre yang menghibur karena animasi-animasi menarik yang disajikan di sana. Film kartun juga termasuk film yang ceritanya tidak pernah membosankan. Pasalnya, film kartun sering menyajikan alur cerita menarik yang bisa dinikmati semua kalangan.

Film kartun tidak hanya ditujukan untuk anak-anak. Orang dewasa pun banyak yang gemar menonton berbagai judul film kartun yang menarik baik dari segi cerita maupun animasinya. Terlebih lagi anak-anak karena mereka sangat senang dengan visual yang sangat beragam. Selain gambar visualnya yang menarik, film kartun juga menyimpan banyak pesan moral di dalamnya tak kalah dengan film-film lain. 

Film Kartun Terbaik (IMDb)
Film Kartun Terbaik (IMDb)

Bingung ingin menonton film kartun apa di liburan akhir pekan ini? Berikut film kartun terbaik yang dapat ditonton untuk menemani akhir pekanmu. Beberapa di antaranya juga sudah sering tayang di TV.

1. Zootopia

Film Kartun Terbaik (IMDb)
Film Kartun Terbaik (IMDb)

Zootopia merupakan film kartun yang diproduksi oleh raksasa studio animasi, Walt Disney. Disney memang tidak pernah salah dan gagal dalam membuat film-film kartun terbaik, salah satunya adalah film Zootopia ini. Film Zootopia tayang pada 2016. Hingga saat ini, Zootopia masih tetap digandrungi oleh kalangan anak-anak dan orang dewasa. 

Zootopia bercerita tentang Judy Hopps, seekor kelinci yang memiliki impian untuk bisa masuk dalam akademi kepolisian di Zootopia Police Department. Namun, di sana Judy sering dianggap lemah karena berbadan kecil sehingga ia selalu diberi tugas yang mudah dan ringan, seperti sebagai tukang parkir oleh Ketua Bogo. Film Zootopia ini mengajarkan kepada para penontonnya untuk tidak mudah mengeluh dalam melakukan segala jenis pekerjaan dan mengajarkan untuk percaya terhadap kemampuan diri sendiri. Penasaran dengan petualangan Judy di Zootopia?

2. How To Train Your Dragon

Film Kartun Terbaik (IMDb)
Film Kartun Terbaik (IMDb)

How To Train Your Dragon juga merupakan film kartun terbaik produksi Dreamwork Animation. How To Train Your Dragon pertama kali tayang pada tahun 2010. Film ini juga telah mendapatkan penghargaan Annie Awards kategori film terbaik.

Film kartun ini menceritakan tentang kisah persahabatan seorang pemuda bernama Hiccup dan naga yang bernama Toothless. Remaja yang bernama Hiccup ini merupakan calon penerus takhta kerajaan. Saat itu Hiccup merasa bimbang karena ia bersahabat dengan seekor naga. Hiccup merasa bimbang karena penduduk di kerajaannya sangat membenci naga dan selalu ingin berperan dengan naga sementara Hiccup sangat bersahabat dengan naga. 

3. Finding Nemo

Film Kartun Terbaik (IMDb)
Film Kartun Terbaik (IMDb)

Film yang diproduksi oleh Walt Disney ini tentu pantas masuk dalam daftar film kartun terbaik sepanjang masa. Pasalnya, film kartun ini tidak pernah membosankan bahkan sudah ada sekuelnya yang berjudul Finding Dory. Film Finding Nemo dirilis pertama kali pada tahun 2003 ini tentu telah ditonton berulang kali oleh para penggemarnya. Bahkan, film ini juga sering muncul di stasiun televisi Indonesia.

Film kartun ini menceritakan tentang perjuangan ikan badut bernama Marlin yang mencari anaknya bernama Nemo. Nemo diceritakan hilang di laut lepas. Film kartun ini menyajikan petualangan menarik serta menantang dari Marlin dan Dory yang mencari Nemo. Marlin berani mengambil berbagai macam risiko, termasuk bertemu ikan-ikan besar demi menemukan anaknya, Nemo.

4. Despicable Me

Film Kartun Terbaik (IMDb)
Film Kartun Terbaik (IMDb)

Film Despicable Me ini tayang pertama kali pada tahun 2010 dan dibintangi oleh Steve Carell, pengisi suara Gru, seorang penjahat super. Dalam film itu, Gru diceritakan memiliki saingan berat bernama Vector. Mengetahui pencurian yang akan dilakukan Vector, Gru lalu merencanakan tindakan pencurian yang lebih besar bersama para minion.

Film kartun ini masuk dalam kategori adventure-comedy. Aksi para minion yang menggemaskan dalam film ini mampu mengocok perut penontonnya. Film ini mengandung kekeluargaan yang sangat terasa seru dan menggemaskan. Penasaran dengan petualangan para minion di film ini?

5. Kung Fu Panda

Film Kartun Terbaik (IMDb)
Film Kartun Terbaik (IMDb)

Film Kung Fu Panda merupakan film yang diproduksi oleh DreamWorks Animation. Film ini rilis pertama kali pada tahun 2008 di Amerika Serikat. Film Kung Fu Panda juga termasuk film kartun yang sering menghiasi layar televisi pemirsa. Film ini menceritakan tentang kegiatan Kung Fu dan tentunya menggunakan negara Tiongkok sebagai latar dari film ini.

Kung Fu Panda merupakan film yang menceritakan tentang seekor panda bernama Po yang memiliki kekuatan luar biasa. Di balik kekuatan luar biasa yang dimiliki oleh Po, Po juga memiliki kelucuan yang siap menghibur para penontonnya. 

6. Cars

Film Kartun Terbaik (IMDb)
Film Kartun Terbaik (IMDb)

Satu lagi film kartun terbaik sepanjang masa yang sering muncul di layar televisi, yaitu Cars. Film Cars ini tentu selalu membekas di dalam benak dan hati para anak laki-laki yang menonton. Film produksi Walt Disney dan Pixar ini tayang pertama kali pada tahun 2006 dan bergenre komedi. Film ini bercerita tentang balapan mobil yang dilakukan oleh mobil balap berwarna merah yang fenomenal bernama McQueen.

Cars menceritakan saat McQueen pergi ke California untuk mengikuti final balapan di Piston Cup melawan The King dan Chick Hicks. Secara tidak sengaja, McQueens merusak jalan Radiator Springs dan terpaksa harus diberi hukuman untuk memperbaikinya. Ketika dalam masa menjalani hukuman itu, McQueen bertemu dengan sosok truk derek tua bernama Mater, mobil porsche bernama Sally, dan hudson hornet bernama Doc Hudson.

Siap menonton film-film kartun terbaik bersama keluarga dan sanak saudara?

Kontributor: Agatha Vidya Nariswari

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report