Life

5 Artis Kena Penyakit Langka, Ada Sia hingga Lay EXO

Biasa tampil energik, tak disangka 5 artis kena penyakit langka.

Tinwarotul Fatonah

Lay EXO (Soompi)
Lay EXO (Soompi)

Matamata.com - Para artis baik dalam dan luar negeri mulai gencar menyuarakan gaya hidup sehat. Mereka mengajak para penggemarnya untuk mulai peduli dengan kesehatan tubuh. Dengan gaya hidup sehat, tak hanya bentuk tubuh yang akan nampak lebih indah tetapi kebugaran tubuh juga akan terjaga.

Tetapi, ternyata di balik kehidupan artis yang glamor, ada beberapa artis yang diketahui mengidap penyakit langka. Kabar terbaru datang dari penyanyi internasional Sia.

Penyanyi asal Australia mengejutkan publik dengan kabar yang ia sampaikan kepada para penggemarnya, pada akhir 2019 lalu. Sia mengaku mengidap penyakit langka bernama sindroms Ehlers Danlos. 

Ternyata tak hanya Sia saja artis yang mengidap penyakit langka, berikut adalah beberapa artis yang memilki penyakit langka.

1. Sia

Artis Kena Penyakit Langka (Twitter/@siafurlersource)
Artis Kena Penyakit Langka (Twitter/@siafurlersource)

Sia mengungkapkan kabar dirinya yang mengidap sindrom Ehlers Danlos atau EDS melalui akun Twitternya pada akhir 2019. EDS adalah penyakit yang menyerang jaringan penghubung yang menunjang kulit, tulang, serta jaringan lain di tubuh. P

engidap sindrom ini akan menderita hipermobilitas. Artinya pengidap EDS akan memiliki tubuh yang sangat lentur. Namun kondisi ini akan memberikan efek rasa sakit kronis. EDS merupakan penyakit langka yang hanya menyerang 1 dari 5 ribu orang. Hingga saat ini Sia masih terus berjuang melawan penyakitnya ini. 

2. Selena Gomez

Artis Kena Penyakit Langka (Twitter/@marshmellomusic)
Artis Kena Penyakit Langka (Twitter/@marshmellomusic)

Mantan pacar Justin Bieber ini merupakan penyanyi yang telah mengispirasi banyak orang. Ia telah melahirkan banyak lagi hits selama kariernya di dunia Tarik suara. Namun seperti telah diketahui khalayak, Selena ternyata mengidap penyakit lupus. Bahkan karena penyakitnya ini Selena sampai melakukan transplantasi ginjal.

Sampai saat ini penyakit yang juga berjuluk penyakit seribu wajah ini belum ditemukan obatnya. Namun meski belum ada obat yang mampu menyembuhkannya, Selena tetap semangat berjuang untuk melawan penyakitnya. Ia juga telah melakukan sejumlah terapi untuk membantu proses penyembuhan penyakitnya.

3. Ariana Grande

Ariana Grande. (YouTube)
Artis Kena Penyakit Langka. (YouTube)

Penyanyi cantik yang baru saja melangsungkan pernikahan dengan seorang agen Real Estate Dalton Gomez ini dketahui mengidap psikosis. Ya, Ari mengidap Post Traumatic Stress Disosder atau PTSD. Penyakit ini ia idap setelah ia mengalami trauma mendalam akibat tetor bom yang ia alami.

Pada tahun 2017, ketika ia mengelar Konser di Manchester, Inggris terjadi serangan bom yang meninggalkan trauma bagi Ari. PTSD merupakan penyakit mental yang disebabkan trauma atas kejadian yang dialami.

4. Lady Gaga

Artis Kena Penyakit Langka (Twitter/@ladygaga)
Artis Kena Penyakit Langka (Twitter/@ladygaga)

Penyanyi nyentrik yang menjadi diva ini juga diketahui mengidap penyakit langka. Lady Gaga diketahui terkena penyakit bernama Fibromyalgia Syndrome atau FMS. FMS membuat penderitanya mengalami nyeri di seluruh tubuhnya. Tak hanya itu, FMS juga menyebabkan kelumpuhan hingga gangguan ingatan.

Efek dari FMS akan terasa jika sang penderita mengalami kelelahan. Tak disangka ya meski mengidap penyakit langka, namun di setiap penampilannya, pelantun Bad Romance ini selalu tampil maksimal dan memukau.

5. Fitri Tropica

Artis Kena Penyakit Langka (Instagram/@fitrop)
Artis Kena Penyakit Langka (Instagram/@fitrop)

Selebriti selanjutnya yang mengidap penyakit langka datang dari tanah air, ia adalah Fitri Tropika. Presenter kocak yang akrab disapa Fitrop ini mengidap penyakit langka bernama polycystic ovary syndrome atau PCOS. Penyakit langka yang diidapnya ini merupakan kelainan hormon. Penyakit menyerang perempuan yang masih dalam masa reproduksi.

Penderita PCOS akan mengalami menstruasi yang tidak teratur. Periode menstruasi penderita PCOS bisa sangat jarang atau sebaliknya berlangsung sangat lama. Penderita PCOS biasanya akan kesulitan untuk hamil. Fitrop juga diketahui cukup lama untuk dapat hamil, ia baru dapat hamil setelah lima tahun menikah. Kehamilannya juga tidak mudah karena ia harus menjalani serangkaian terapi karena penyakit yang dideritanya ini.

6. Lay EXO

Artis Kena Penyakit Langka (Instagram/@layzhang)
Artis Kena Penyakit Langka (Instagram/@layzhang)

Artis selanjutnya yang kena penaykit langka adalah Lay EXO. Penyanyi dan produser yang yang baru saja comeback bersama grupnya EXO dengan Don’t Fight the Felling ini ternyata mengidap penyakit langka. Lay Sendiri merupakan satu-satunya member asal China yang masih bertahan di EXO.

Penyanyi bernama asli Zhang Yixing ini diketahui mengidap hemofilia dan Bleed Disorder. Akibat penyakit yang dideritanya ini, Lay tidak boleh sampai terluka. Sebab penderita hemofilia harus mendapatkan donor darah tiap terluka. Hemofilia sendiri merupakan penyakit yang membuat darah akan susah berhenti jika terluka.

Nah itu dia 6 artis kena penyakit langka. Semoga mereka bisa terus semangat dan menang melawan penyakit yang dideritanya ya!


Kontributor: Safitri Yulikhah

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report