Life

5 Kartun Islami Ini Cocok Temani Anak-anak Bunda Libur Lebaran

Simak yuk daftar kartun Islami yang cocok ditonton si kecil untuk libur lebaran

Tinwarotul Fatonah

Riko The Series. (Youtube/RikoTheSeries)
Riko The Series. (Youtube/RikoTheSeries)

Matamata.com - Siapa bilang nilai agama hanya bisa didapat melalui pengajian dan pelajaran di sekolah? Untuk si kecil, pengamalan nilai-nilai Islam akan lebih menyenangkan bila didapatkan dari medium yang menghibur, misalnya film kartun.

Bagi para orangtua, tidak perlu pusing, sekarang sudah banyak film kartun yang mengajarkan pendidikan Islamdengan cara penyampaian yang ringan.

Apa sajakah itu? Simak daftar kartun Islami yang cocok ditonton si kecil untuk libur lebaran.

1. Omar & Hana

Omar & Hana bercerita tentang dua bersaudara yang ceria dan saling menyayangi. Selayaknya anak kecil, mereka juga penuh rasa penasaran.

Film ini juga berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya, mulai dari orang tua, tetangga, hingga guru-guru. Dari kisah dua bersaudara ini, si kecil bisa belajar nilai-nilai Islami, nilai moral, norma sopan santun, juga kasih sayang dalam keluarga. 

2. Nussa

Salah satu adegan serial animasi Nussa [YouTube]
Salah satu adegan serial animasi Nussa [YouTube]

Nussa mengisahkan tentang seorang anak laki-laki yang bercita-cita menjadi astronot dan hafiz Alquran. Berbekal rasa keingintahuan yang tinggi dan pengetahuan agama yang cukup luas, Nussa juga dijadikan panutan oleh adik dan para sahabat. 

Menariknya, tokoh Nussa diceritakan terlahir dengan kaki yang tidak sempurna. Meski begitu, Nussa tetap bersyukur atas apa pun yang diberikan Allah SWT. Melalui tokoh Nussa, si kecil bisa belajar tentang kesungguhan dan rasa syukur.

3. Riko The Series

Film kartun Islami berikutnya adalah Riko The Series. Sedikit modern, Riko the Series mengangkat cerita tentang seorang anak laki-laki bernama Riko dan robot kesayangannya.

Robot ini mampu menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan Riko tentang nilai Islami. Riko The Series menyajikan konten pengetahuan melalui nilai-nilai Islam. Selain itu, di setiap episode juga ditampilkan murrotal Alquran.

4. Upin & Ipin

Serial animasi Upin & Ipin (YouTube)
Serial animasi Upin & Ipin (YouTube)

Upin dan Ipin mengisahkan anak kembar yatim piatu yang hidup dengan kakak dan neneknya. Meski hidup mereka sederhana, keduanya selalu ceria dalam menjalani hari-hari.

Di dalamnya juga disisipkan nilai Islami yang mudah diterapkan setiap hari, seperti misalnya doa sebelum makan, berbakti kepada orang tua, serta cara berinteraksi yang baik dengan teman-teman dan orang lain.

5. Ali and Sumaya

Kartun Islami berbahasa Inggris ini bercerita tentang kakak beradik yang belajar tentang agama Islam.

Penonton bisa belajar mengenal Allah SWT, belajar salat dan wudhu, mengenal nama-nama baik Allah SWT, dan masih banyak lagi dengan menonton kartun ini. 

Selain itu, Ali and Sumaya juga menyajikan konten vlog yang memberikan informasi seputar agama Islam.

Nah itu lima Kartun Islami yang bisa jadi referensi bunda-bunda  untuk tontonan anak tercinta.

Kontributor: Chandra Wulan

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report