Life

5 Kontroversi Ucapan Arie Untung, Bahas Riba Bawa-bawa Raja Salman

Ucapan Arie Untung bahkan sampai mendapatkan sentilan pedas dari intelektuak Nahdlatul Ulama, Ndirsyah Hosen.

Yohanes Endra

Arie Untung. (Instagram/@ariekuntung)
Arie Untung. (Instagram/@ariekuntung)

Matamata.com - Arie Untung sangat aktif menggunakan media sosialnya untuk beropini. Terlebih lagi penyampaian pria berusia 45 tahun itu terkesan ceplas-ceplos tak jarang mendapat kritik dan respons kontra dari warganet. Lantas apa saja kontroversi Arie Untung?

Ia kerap mengunggah postingan atau cuitan yang mengundang kontroversi di media sosial. Kabar terbaru Arie Untung sampai mendapatkan sentilan pedas dari intelektuak Nahdlatul Ulama, Ndirsyah Hosen gegara pernyataannya menyebut bahwa Raja Salman membawa tangga sendiri karena menghindari dosa riba.

Selain pernyataan tersebut, Arie Untung tercatat pernah menghebohkan sosial media beberapa kali. Berikut daftar kontroversi Arie Untung yang telah dihimpun Suara.com, Rabu (14/4/2021).

Arie Untung saat ngobrol bareng Daniel Mananta (Youtube.com)
Arie Untung saat ngobrol bareng Daniel Mananta (Youtube.com)

Deretan Kontroversi Arie Untung 

Tak hanya itu saja, berikut ini beberapa kontroversi Arie Untung yang pernah terjadi di media sosial.

1. Membandingkan Virus Corona dengan Kelaparan

Pada Maret 2020 lalu, Arie Untung menuai kritik netizen karena postingannya di Instagram. Dalam postingan tersebut, ia membandingkan kasus virus corona dengan kejadian kelaparan yang melanda orang miskin. Menurutnya, kelaparan lebih berbahaya dari virus corona karena angka kematian anak akibat kelaparan cukup tinggi.

2. Kampanye Boikot Produk Prancis

Melalui postingan Instagram-nya November 2020 lalu, Arie Untung sempat mengkampanyekan aksi boikot produk Prancis. Hal ini mencuat setelah adanya pelabelan Islam sebagai agama teroris oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Terlebih sekelompok orang di Prancis melakukan penghinaan dengan menggambar karikatur wajah Nabi Muhammad. Bentuk boikot produk Prancis yang akan dilakukan Arie Untung yaitu dengan membakar tas dengan harga selangit produksi dari Perancis. Namun hal ini menuai pro kontra di kalangan netizen.

3. Tudingan Mendukung Diskriminasi Rasial

Sebelumnya, ia ternyata juga pernah menjadi sorotan ketika dituding mendukung diskriminasi rasial pada Desember 2018 silam. Hal itu lantaran ia menyebut Demo 812 di tahun 2018 tersebut menentang ICERD (International Convention on The Elimination of Racial Discrimination) sebagai “The Power of Ukhuwah” (Kekuatan Persaudaraan).

Padahal, ICERD adalah Konvensi Internasional Atas Penghapusan Diskriminasi Rasial. Sedangkan Demo 812 di Malaysia merupakan gerakan yang nyata dukungan terhadap diskriminasi rasial. Secara tersirat, Arie Untung mengklaim dirinya mendukung diskriminasi rasial.

Tak ayal jika kala itu Arie menjadi sorotan, mulai dari netizen biasa hingga tokoh public, Mohammad Guntur Romli alias Gun Romli, politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Arie Untung. (YouTube)
Arie Untung. (YouTube)

4. Komentari soal penyerangan di Mabes Polri yang Tewaskan ZA

Lewat akun Twitter-nya, Arie Untung menanggapi aksi terorisme seorang perempuan muda, ZA, di Markas Besar Kepolisian RI (Mabes Polri) pada Rabu (31/3/2021) lalu.

Dalam cuitannya, suami dari Fenita Arie tersebut heran dengan kamera di Mabes Polri yang secara kebetulan merekam aksi teror tersebut. Arie berpendapat bahwa rekaman tersebut bukan berasal dari CCTV.

“Kameranya bukan CCTV mungkin lagi iseng atau indigo nge-shoot lahan parkir, eh enggak tahunya ada kejadian tak terduga. Kok bisa pas record sebelum baku tembak,” tulis Arie Untung di akun Twitter. Namun cuitan tersebut telah dihapus oleh Arie karena menuai banyak kritikan dan protes dari ribuan netizen.

5. Bahas Riba bawa-bawa Raja Salman

Saat berbincang di Podcast Daniel Mananta, Arie Untung membahas soal dosa riba. Salah satu yang menjadi sorotan adalah pernyataan Arie soal Raja Salman yang datang ke Indonesia membawa tangga sendiri.

Dalam pernyataannya, Arie Untung menyebut alasan Raja Salman membawa tangga sendiri untuk turun dari pesawat adalah untuk menghindari riba.

"Waktu Raja Salman ke Indonesia, pakai pesawat pribadi, sampai untuk tangga turun dia bawa dari Arab. Karena apa, dia takut minjemin uang ke Indonesia, kemudian dia dapat dosa karena minjemin tangganya. Mobilnya dia bawa sendiri, karena dia nggak mau sepeserpun memberatkan yang dipinjemin," kata Arie Untung.

Namun pertanyataan Arie Untung soal itu dikoreksi oleh ulama Nadirsyah Hosen atau yang lebih dikenal dengan sebutan Gus Nadir. Ulama 47 tahun ini menyatakan, Raja Salman membawa tangga sendiri karena alasan sudah sepuh.

"Penjelasan @ArieKuntung soal Raja Salman bawa tangga pesawat karena nggak mau riba itu keliru. Raja sudah sepuh, jadi kemana-mana kunjungan ke luar ngeri pasti bawa sendiri tangga pesawat yang kayak eskalator," kata Gus Nadir.

Demikian deretan kontroversi Arie Untung dan beberapa pernyataan kontroversialnya di media sosial. Pesan yang ingin disampaikan adalah, selalu bijak dalam bermedia sosial, ya! (Yulia Kartika Dewi)

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report