Life

El Kasih Reborn Rilis Single Muntaber dengan Vokalis Baru

El Ibnu diketahui mengidap stroke yang membuatnya tak bisa bicara dan harus duduk di kursi roda.

Yohanes Endra | Yuliani

Elkasih Reborn dan El Ibnu. (MataMata.com/Alfian Winanto)
Elkasih Reborn dan El Ibnu. (MataMata.com/Alfian Winanto)

Matamata.com - Sekian lama vakum, kini grup musik El Kasih hadir kembali lewat El Kasih Reborn. Menggandeng vokalis baru pengganti El Ibnu yang sakit, El Septa, membawakan single baru berjudul Muntaber, akronim dari Mundur Tanpa Berita alias ghosting.

"Septa ini vokalis yang didapatkan dari audisi yang diadakan pada September sampai Desember lalu. Pemuda dari Tasikmalaya, penggemar El Kasih juga, namanya El Septa," kata El Ari, keyboard El Kasih Reborn saat ditemui di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (11/3/2021).

Usai mendapat vokalis, lagu Muntaber pun dipilih sebagai lagu andalan El Kasih Reborn. Lagu tersebut sebetulnya direncanakan akan dibawakan El Ibnu pada awalnya karena sudah diciptakan sejak 12 tahun lalu.

Elkasih Reborn dan El Ibnu. (MataMata.com/Alfian Winanto)
Elkasih Reborn dan El Ibnu. (MataMata.com/Alfian Winanto)

"Setelah dapet vokalis, kita langsung rekaman dan lagu sudah dibuat Arif 12 tahun lalu. Rekaman seminggu setelah audisi, kita buat video klip dan launching," tambahnya.

El Ibnu yang turut hadir di acara tersebut membenarkan hal itu. Mengetik di ponselnya, ia mengaku sudah mengikhlaskan lagu tersebut untuk dibawakan orang lain.

"Ini lagi yang harusnya kunyanyikan kalau saya tidak sakit. Meski bukan aku yang nyanyiin tapi nyawaku juga ada di sini karena aku ikut nyempurnain lagu ini dari awal," komentar El Ibnu.

El Ibnu diketahui mengidap stroke yang membuatnya tak bisa bicara dan harus duduk di kursi roda. Oleh karena itu, ia mengikhlaskan lagu tersebut dinyanyikan vokalis baru.

Elkasih Reborn dan El Ibnu. (MataMata.com/Alfian Winanto)
Elkasih Reborn dan El Ibnu. (MataMata.com/Alfian Winanto)

"Jadi lagunya dikeluarin aja ke Septa, Ibnu udah ikhlas ya, lagu ini mungkin kalau Ibnu nggak sakit dia yang nyanyiin gitu," timpal El Arif menjelaskan.

Lagu Muntaber diciptakan oleh El Arif (drummer El Kasih) sejak 12 tahun lalu. Akhirnya baru dirilis sekarang karena dorongan dari El Ibnu.

"Muntaber saya bikin tuh sejak 12 tahun lalu. Sudah di dengar oleh El Ibnu (vokalis El Kasih), cuma belum pernah dinyanyikan, akhirnya karena dorongan beliau, dirilis hari ini," tutur El Arif.

Lagu Muntaber menceritakan tentang sebuah hubungan percintaan, dimana salah satu dari pelaku meninggalkan kekasihnya tanpa berita kabar. Merasa cukup mewakili perasaan setiap orang, akhirnya El Arif menciptakan lagu tersebut.

"Muntaber ceritanya itu hampir setiap orang mengalami. Itu kenapa saya bikinkan lagu karena mewakili perasaan banyak orang, apalagi pas banget lagi rame ghosting, kebetulan," jelasnya.

Adapun formasi terbaru El Kasih Reborn yakni El Ari masih menjadi keybordist, El Fajar (basis), El Arif (drummer), El Pico (gitaris), dan El Septa (vokalis). Meskipun sudah tidak bisa bernyanyi seperti sediakala, namun El Ibnu masih tetap berkontribusi dalam El Kasih.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report