Life

Reza Rahadian Cs ke Istana, Curhat Soal Kondisi Miris Bioskop Saat Ini

Masyarakat belum berani ke bioskop saat pandemi covid-19.

Yohanes Endra

Reza Rahadian.. (Instagram/@officialpilarez)
Reza Rahadian.. (Instagram/@officialpilarez)

Matamata.com - Sederet Insan perfilman Indonesia menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (9/3/2021). Mereka yang datang di antaranya Produser Manoj Punjabi, aktor Reza Rahadian, Marcella Zalianty, Dian Sastro dan lainnya.

Seusai bertemu Jokowi, Reza menuturkan pertemuan itu merupakan respons cepat dari pemerintah atas surat terbuka yang dikirimkan oleh pelaku perfilman.

"Sebenarnya ini adalah respons cepat dari pemerintah, khususnya presiden, atas surat terbuka yang juga dikirimkan teman-teman perfilman," ujar Reza di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, kata Reza, Jokowi merespons positif surat terbuka yang dikirimkan insan perfilman.

Reza Rahadian (B.J Habibie)  (Instagram/@officialpilarez)
Reza Rahadian (B.J Habibie) (Instagram/@officialpilarez)

"Tadi isinya lebih ke diskusi, menyampaikan apa-apa saja permasalahan di dunia film Indonesia. Kondisi bioskop saat ini seperti apa. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan untuk merespons kondisi tersebut," tutur dia.

Manoj Punjabi menuturkan, Jokowi merespons positif dan ingin membantu dunia perfilman nasional kembali bangkit. 

"Intinya pertemuan hari ini sangat positif, ingin membantu film nasional, supaya kita confidence lagi ke bioskop sesuai protokol kesehatan," ucap Manoj.

Ia menyebut, produsen banyak memiliki film-film besar yang belum berani dirilis. Sebab, masyarakat belum berani ke bioskop saat pandemi covid-19.

Reza Rahadian [Angga Boedhijanto/Suara.com]
Reza Rahadian [Angga Boedhijanto/Suara.com]

Dia mengatakan, ada sekitar 40 sampai 50 film yang tertunda rilis di bioskop. Bahkan 15 sampai 20 film besar juga tertunda rilis di bioskop.

Karenanya, ia berharap Jokowi bisa membantu mengembalikan kepercayaan menonton di bioskop pada masa pandemi dengan protokol kesehatan.  

Bahkan dalam pertemuan tersebut, mereka meminta Jokowi memulai datang ke bioskop.

Hal tersebut kata Manoj bertujuan untuk meyakinkan masyakarat agar aman menonton di bioskop di masa pandemi. 

"Permintaan dan usulan kami, supaya presiden berani ke bioskop, agar masyarakat yakin aman ke bioskop memakai protokol kesehatan."

Sebelumnya, para aktor dan aktris Indonesia beramai ramai mengirimkan surat terbuka kepada Presiden Jokowi.

Dalam suratnya, mereka membahas nasib perfilman Indonesia di tengah pandemi covid-19. Salah satu artis yang mengirimkan surat terbuka kepada Jokowi yakni Reza Rahadian.

"Industri film adalah bagian penting dari Indonesia, bagi pekerjanya, bagi penontonnya, bagi keseluruhan industri kreatif. Seperti juga berbagai sektor industri lain, industri film kini mengalami pukulan keras di tengah pandemi. Puluhan ribu pekerjaannya kesulitan bertahan hidup akibat proses pra hingga pasca produksi film yang terhambat," isi dari surat terbuka dalam akun instagram Reza Rahadian @officialpilarez, Jumat (5/3/2021). (Ummi Hadyah Saleh)

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report