Life

5 Film Indonesia Tema Agama yang Tuai Pro Kontra, Terbaru Animasi Nussa

Ada film Indonesia tema agama apa aja nih yang tuai pro kontra?

Tinwarotul Fatonah | Irma Joanita

Nussa. (Youtube/Visinema)
Nussa. (Youtube/Visinema)

Matamata.com - Film Indonesia tema agama memang tak semua diterima oleh publik. Ada beberapa film Indonesia tema agama yang tuai pro kontra.

Terbaru, ada film animasi Nussa dan Rara yang dituding menyebarkan radikal. Hal ini pun ramai menjadi perbincangan masyarakat.

Nussa. (Youtube/Visinema)
Nussa. (Youtube/Visinema)

Selain Nussa dan Rara, ada apa aja nih film Indonesia tema agama yang tuai pro kontra? Simak selengkapnya di bawah ini :

1. Doa yang Mengancam

Doa yang Mengancam. (Youtube/MNCContents)
Doa yang Mengancam. (Youtube/MNCContents)

Film yang diperankan oleh Aming ini menceritakan tentang kuli angkut yang merasa memiliki nasib paling malang. Kuli angkut ini pun ingin mencoba untuk salat.

Nasib tak kunjung berubah, kuli angkut ini pun mengancam kepada Tuhan. Jika nasib tak kunjung berubah ia akan memuja setan. Film ini mendapat kritik tajam dari beberapa masyarakat. Hal ini takutnya akan menyalahgunakan doa kepada Tuhan.

2. Perempuan Berkalung Sorban

Perempuan Berkalung Sorban. (Youtube/Dens.TV)
Perempuan Berkalung Sorban. (Youtube/Dens.TV)

Film ini mengisahkan tentang seorang perempuan cerdas, berani, dan berprinsip kuat yang hidup di tradisi Islam konservatif yang diperankan oleh Revalina S. Temat. Dalam lingkungan wanita ini, kepercayaan ilmu yang paling benar hanyalah pada Al-Qur’an, Hadis, dan Sunnah. Ilmu pengetahuan modern pun dianggap menyimpang.

Film ini menuai protes karena menampilkan citra pesantren yang kurang baik. Bahkan, sempat ada gerakan masyarakat untuk ramai-ramai boikot film ini dari peredaran. Meski begitu, film ini mendapatkan 7 nominasi dalam Festival Film Bandung dan 9 nominasi dalam Indonesian Movie Awards.

3. ? (Tanda Tanya)

Tanda Tanya. (Youtube/KatalogFI)
Tanda Tanya. (Youtube/KatalogFI)

Film ? (Tanda Tanya) yang merupakan garapan Hanung Bramantyo ini juga menuai pro kontra. Ceritanya berdasarkan pengalaman sutradara sebagai seorang anak yang dilahirkan dari keluarga yang memiliki ras beranekaragam.

Interaksi tiga keluarga yang berbeda agama, yaitu Budha, Islam, dan Katolik ini harus menghadapi kesulitan karena kekerasan dan rasisme yang tengah bergulir. Isu rasisme sendiri sangat sensitif dan membuat publik ramai membicarakannya.

4. 212: The Power of Love

212 Power of Love. (Youtube/HAYYATheMovie)
212 Power of Love. (Youtube/HAYYATheMovie)

212: The Power of Love yang baru tayang dua tahun lalu menceritakan tentang jurnalis yang tak percaya agama. Namun, ia harus menemani sang ayah yang sakit dalam gerakan 212.

Film ini menuai ragam pro kontra karena disebut agenda politik tertentu. Hal ini karena film 212 tayang di tahun yang sedang panas-panasnya politik di Indonesia.

5. Nussa

Nussa. (Youtube/Visinema)
Nussa. (Youtube/Visinema)

Film animasi keluarga Islam ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki yang ingin berusaha keras dalam kompetisi SAINS. Ia harus mengalahkan murid baru yang tak kalah hebat darinya. Film ini disebut-sebut memiliki pesan terselubung dari HTI hingga menyebarkan radikalisme Islam.

Itu tadi lima film Indonesia tema agama yang jadi pro kontra. Gimana nih menurutmu?

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report