Life

NOAH Konser dengan Teknologi Unreal Engine, Pertama di Indonesia Lho

Wih sekeren apa konser NOAH, begini gambarannya.

Tinwarotul Fatonah | Evi Ariska

Grup band NOAH. [Matamata.com/Sumarni]
Grup band NOAH. [Matamata.com/Sumarni]

Matamata.com - Grup band NOAH untuk pertama kalinya di Indonesia akan menggelar konser virtual dengan menggunakan teknologi virtual production, unreal engine (UE) pada pada 9 Januari 2020.

Upie Guava selaku film director konser NOAH menerangkan, unreal engine (UE) digunakan untuk meningkat efek visual fotorealisma. Dia bilang, teknologi ini sendiri sudah diterapkan di Hollywood yang biasanya digunakan dalam mengembangkan game.

"Unreal engine adalah software untuk develope game. Beberapa tahun yang lalu pengembangan game engine masuk ke ranah production, setahun terakhir sudah dikembangkan untuk menggantikan fungsi green screen, setahun lalu masuk namanya extended reality," kata Upie Guava dalam konferensi pers virtual, Rabu (6/1/2020).

"Greeenscreen kita ganti led screen, kesannya tuh ada paralax seakan-akan kita bisa bikin di hutan kayak beneran di hutan Di kamera ada tracker. Sehingga pergerakan kamera bisa terconnect engan LED jadi seakan-akan 3D. Pergerakan kamera bisa dibaca oleh sistem ini," sambungnya lagi.

Konser NOAH [vidio]
Konser NOAH [vidio]

Sementara Ariel mewakili NOAH mengaku bangga diajak berkolaborasi dalam konser yang bertajuk "Temukan #BEYONDmo".

Pasalnya mereka dipercayakan menghibur masyarakat dibarengi dengan teknologi canggih unreal engine (UE) pertama kali di Indonesia.

"Seperti konser yang ini misalnya yang merupakan konser unik, kayaknya baru pertama kali dilakuin buat konser, jadi butuh effort lebih lah. Nah dengan kerja sama ini banyak hal besar yang bisa dilakuin," ujar Ariel NOAH.

Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini, band NOAH akan tampil dengan membawakan lagu-lagu barunya dan berbagai kejutan lain sudah disiapkan untuk para penonton.

"Lagu baru sih, karena album kita juga baru keluar kita belum sempet promo aja karena pandemi. Lagu baru semua yang kita pengin kasih denger nanti," ujarnya.

"Tapi ada satu lagu lama yang kayaknya lagu ini bagus deh, ada emosi yang tiba- tiba backgrounsnnya bisa gini, efek foregroundnya juga bermain, lagu itu dipilih karena bisa diaplikasikan dengan baik di teknologi ini," imbuh Ariel NOAH.

Konser NOAH merupakan kerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang akan meluncurkan tampilan dan layanan baru mobile banking BRImo.

Konser bertajuk "Temukan #BEYONDmo" akan tayang di aplikasi streaming Vidio.com pada 9 Januari 2021, pukul 20.00 WIB. 

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report