Life

Jauh dari Sensasi, Konten 6 YouTuber Ini Kerap Mengedukasi Penonton

Ria SW sampai Jang Hansol, kenalan dengan YouTuber yang mengedukasi penonton dengan pengetahuan.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Jang Hansol (YouTube/Korea Reomit)
Jang Hansol (YouTube/Korea Reomit)

Matamata.com - Aksi kontroversial para YouTuber membuat publik geram belakangan ini. Ferdian Paleka, Indira Kalistha hingga Sarah Keihl adalah beberapa YouTuber yang tuai kontroversi. 

Namun tidak semua YouTuber melakukan hal kontroversial. Masih ada konten kreator yang memberikan tayangan positif kepada penonton dengan cara yang menyenangkan.

Ini dia 6 YouTuber yang tidak mengutamakan sensasi dalam video mereka. Mereka justru mengedukasi penonton dengan pengetahuan yang mungkin belum banyak diketahui.

Siapa saja mereka? Yuk kenalan!

1. Jang Hansol

Jang Hansol [Instagram/hansoljang110]
Jang Hansol [Instagram/hansoljang110]

Jang Hansol adalah YouTuber asal Korea Selatan. Daya tariknya adalah kepiawaian berbahasa Indonesia yang fasih bahkan berlogat Jawa. Dia mengusung nama Korea Reomit di channel YouTube-nya. 

Tinggal di Korea, Hansol banyak berbagi cerita seputar kehidupan di negara Ginseng tersebut. Bahkan tidak jarang, videonya mengangkat isu yang tengah hangat di sana.

Sebut saja saat Hansol membongkar eksploitasi ABK Indonesia oleh China. Selain itu ia juga berbagi informasi seputar traveling di sana serta wisata kuliner.

2. Jerome Polin

Jerome Polin [Instagram/@jeromepolin]
Jerome Polin [Instagram/@jeromepolin]

Jerome Polin mahasiswa Indonesia yang mendapat beasiswa kuliah di Jepang ini mengusung channel YouTube Nihongo Mantappu.

Ia memberikan informasi cara mendapatkan beasiswa, tutorial berbahasa Jepang, hingga berbagi tempat menarik di negeri Sakura.

3. Vindy

Harfrida Vindy Agustie [Instagram/@inivindy]
Harfrida Vindy Agustie [Instagram/@inivindy]

YouTuber Harfrida Vindy Agustie atau ngetrend dipanggil Inivindy cocok diikuti untuk kamu penggemar makeup. Ia kerap memberikan tutorial make up cantik hingga menyerupai karakter unik, menjadi zombie misalnya.

Tips kecantikan pun tak pelit dibagikan perempuan berhijab ini dalam vlognya di YouTube. Termasuk harga alat make up beserta brand-brand ternama kosmetik yang harganya terjangkau.

4. Andy dan Victor

Andy dan Victor [YouTube/JWestBros]
Andy dan Victor [YouTube/JWestBros]

Berencana traveling ke luar negeri? Channel YouTube Jwestbros bisa menjadi rekomendasi. Dipandu Andy dan Victor, mereka sering memberikan informasi mengenai rincian harga traveling.

Selain traveling, keduanya juga tak jarang merekomendasikan wisata kuliner di berbagai daerah maupun negara. Termasuk melakukan review jujur terhadap produk makanan. Sangat berfaedah. 

5. Gita Savitri

Gita Savitri [Instagram/@gitasav]
Gita Savitri [Instagram/@gitasav]

Gita Savitri juga sukses sebagai YouTuber yang tak menjual sensasi. Perempuan lulusan Universitas di Jerman ini berbagi cerita tentang pengalamannya kuliah di sana.

Ia juga kerap menyampaikan opini kritis tentang isu yang hangat diperbincangkan. Gita juga sering sharing soal tutorial bahasa Jerman, cara mendapatkan visa, hingga traveling ke berbagai negara. 

6. Ria SW

Ria SW [Instagram/@riasukmawijaya]
Ria SW [Instagram/@riasukmawijaya]

Ria SW juga salah satu YouTuber yang konten-kontennya jauh dari kata sensasi. Bahkan, dia tidak pernah meminta orang-orang untuk men-subscribe akun YouTubenya di awal video.

Biasanya, Ria SW berbagi konten seputar makanan. Dia mereview berbagai kuliner di daerah Indonesia hingga Manca Negara. Dengan jumlah subscriber YouTubenya sudah melampaui tiga juta, Ria suka membagi pengetahuan tentang kuliner yang mungkin jarang food vlogger lain tahu. 

Adakah YouTuber idolamu di atas? [Rena Pangesti]

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report