Life

Terjawab! Ini Misteri Selendang Merah di Film Si Manis Jembatan Ancol

Ketika dirilis satu bulan lalu, trailer pertama film Si Manis Jembatan Ancol sempat menuai pro kontra.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | Yuliani

Bintang film Si Manis Jembatan Ancol: Arifin Putra, Indah Permatasari dan Ozy Syahputra. [Yuliani/MataMata.com]
Bintang film Si Manis Jembatan Ancol: Arifin Putra, Indah Permatasari dan Ozy Syahputra. [Yuliani/MataMata.com]

Matamata.com - Ketika dirilis satu bulan lalu, trailer pertama film Si Manis Jembatan Ancol sempat menuai pro kontra. Banyak orang menduga adegan selendang membelit dan berlarian ke sana ke mari adalah hasil bantuan CGI.

Namun, sutradara Anggy Umbara menyebut bahwa adegan itu bukan keajaiban efek CGI.

Sebagai pemain film, Ozy Syahputra dan Arifin Putra menegaskan bahwa semua adegan selendang merah di film itu murni dibuat sendiri. Hal itu menggunakan teknik tertentu sehingga tampak apik.

"Itu bukan CGI. Orang banyak bilang itu CGI, itu fitonah alias fitnah. Itu asli. Sama juga yang Indah digantung juga itu selendang asli semua," kata Ozy Syahputra, ditemui di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (6/12/2019).

Arifin Putra menjelaskan bahwa Anggy Umbara menggunakan teknik reverse dalam beberapa pengambilan gambar di film Si Manis Jembatan Ancol. Beberapa adegan diambil dari belakang ke depan untuk menyempurnakan efek.

"Jadi, yang dilakukan itu istilahnya reverse. Jadi itu kain pada dasarnya ditarik, kami mulai adegannya dari akhir. Kami jalani adegan aslinya itu pas syuting dari belakang ke awal. Tapi begitu diedit ya dari awal ke akhir," terang Arifin Putra.

Bintang film Si Manis Jembatan Ancol: Arifin Putra, Indah Permatasari dan Ozy Syahputra. [Yuliani/Suara.com]
Bintang film Si Manis Jembatan Ancol: Arifin Putra, Indah Permatasari dan Ozy Syahputra. [Yuliani/Suara.com]

Arifin Putra tak menampik jika pada proses editing teknologi CGI digunakan agar menambah kesan rapi. Ia juga memuji Anggy Umbara yang masih mau melakukan teknik tradisional itu meski bisa keseluruhan memakai efek CGI.

"Gue sangat bangga sama Anggy, Bonty, sama timnya. Sekarang kan hampir semua orang bilang pakai CGI aja, tapi seru juga masih ada yang mau pakai practical dan hasilnya bagus banget," ujar Arifin Putra.

Film Si Manis Jembatan Ancol dibintangi oleh Indah Permatasari, Ozy Syahputra, Arifin Putra, Randy Pangalila dan lainnya. Film ini akan dirilis pada 26 Desember 2019. 

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report