Life

Main Film Hollywood, Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman Berbahasa Indonesia

Apa ya alasannya Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman tetap pakai Bahasa Indonesia di film John Wick 3.

Tinwarotul Fatonah

Yayan Ruhiyan dan Cecep Arif Rahman. (Suara.com/Sumarni)
Yayan Ruhiyan dan Cecep Arif Rahman. (Suara.com/Sumarni)

Matamata.com - Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman rupanya berdialog menggunakan bahasa Indonesia dalam aktingnya di film Hollywood, John Wick 3. Yayan Ruhian pun mengaku sangat bangga.

"Mungkin boleh saya ungkap rasa kebanggaan saya, mudah-mudahan kita semua. Jadi sebagai masyarakat silat kami bangga karena di film ini seperti film kami sebelumnya, kami hanya bisa memperkenalkan silat saja sebagai budaya kita," ujar Yayan Ruhian dalam jumpa pers di XXI Plaza Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019) malam.

"Tapi di John Wick ada kebanggaan lain buat saya, buat kami sebagai pesilat karena memperkenalkan senjata khas, yakni karambit. Lalu saya sebagai warga Indonesia juga bangga karena bahasa kami dipakai. Mudah-mudahan rasa itu juga dirasakan warga negara yang merasa warga Indonesia," sambungnya lagi.

Pemain Star Wars VII: The Force Awakens ini bilang permintaan berbicara pakai bahasa Indonesia datang dari sang sutradara, Chad Stahelski.

"Itu dari director dan Keanu Reeves (pemeran utamanya) sendiri yang minta. Awalnya nggak ada rencana dialog seperti itu, tapi di sela-sela fighting ada ritme, ada jeda, mereka mungkin melihat momen itu bisa dimasukkan dialog," kata Yayan Ruhian.

Yayan Ruhiyan dan Cecep Arif Rahman di XXI Plaza Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019) malam. [Sumarni/Suara,com]
Yayan Ruhiyan dan Cecep Arif Rahman di XXI Plaza Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019) malam. (Suara.com/Sumarni)

Lalu, untuk pemilihan bahasa Indonesia yang dipakai di film John Wick 3 sendiri sebetulnya sudah dipersiapkan sejak lama.

"Jadi mereka buat dalam bahasa Inggris dulu lalu tanya bahasa Indonesianya apa," tutur Yayan Ruhian.

Suara.com/Sumarni

Berita Terkait

Berita Terkini