Stories Artist

Life

Kegigihan Cynthia Lamusu Latih Memori Ayahnya yang Kena Stroke

Semoga ayah Cynthia Lamusu cepat membaik.

Tinwarotul Fatonah | Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
Rabu, 17 Oktober 2018 | 17:00 WIB
Penyanyi Cynthia Lamusu. (suara.com/Ismail)
Penyanyi Cynthia Lamusu. (suara.com/Ismail)

Matamata.com - Sejak akhir September lalu, keluarga artis Cynthia Lamusu memang sedang diuji. Ayah Cynthia Lamusu terserang stroke dan harus dirawat di rumah sakit.

Kondisi sang ayah yang mengidap diabetes lalu terserang stroke ringan membuat Cynthia Lamusu awalnya panik. Apalagi sang ayah adalah orang yang gagah, aktif dan sehat, lalu tiba-tiba keadaannya berubah karena stroke. Hati siapa yang tidak sedih.

Namun, ibu dari kembar pengantin Tatjana dan Bima itu tidak ingin berlama-lama larut dalam kesedihannya. Tidak akan patah semangat, Cynthia dan keluarga tak berhenti mencari solusi agar papanya sehat kembali.

Hal ini diungkapkan langsung oleh istri Surya Saputra itu di akun Instagram pribadinya, @cynthia_lamusu.

''Sejak Tanggal 28 sep 2018 yang Lalu, Kehidupan Keluarga Besar Kami Sedikit Berubah. Alhamdulillah.. Kami Di berikan Ujian Kesabaran melalui penyakit Stroke yang Papa Alami. Rasa Sedih dalam perasaan Kami Melihat Keadaan Papa. Bagaimana Kami Melihat Papa Yang Gagah, Aktif dan Sehat Tiba Tiba Berubah Seketika Karena Stroke. Tapi Kami Tidak Akan Patah Semangat, kami akan Selalu Mencari Solusi terbaik dan Mendukung Papa Full dalam Menghadapi Kehidupan Barunya bersama Stroke,'' tulis Cynthia Lamusu.

Salah satu cara yang dilakukan Cynthia Lamusu adalah melakukan terapi bicara dan melatih memori ayahnya. Dalam video yang diunggahnya, Cynthia tampak melatih ayahnya bicara dan mengingat kata-kata dengan menggunakan Flash Card.

Ini juga merupakan salah satu proses belajar yang biasanya dia gunakan untuk melatih Tatjana dan Bima. Jadi sembari melatih ayahnya bicara, Cynthia Lamusu juga sekalian mengajari anaknya.

''Sepulang dari Perawatan di Rumah Sakit selama 1 minggu, kami Merawat Papa di rumah. Mendatangkan Therapist setiap Hari untuk Melatih papa, dan Latihan" Stimulasi lain yang di lakukan semua penghuni Rumah untuk Membantu papa. Di Video ini salah Satu Latihan Terapi Bicara dan Melatih Memori dengan Menggunakan Flash Card. Sama yaa... dengan salah satu Proses Belajar yang saya terapkan untuk @tatjanadanbima. Jadinya Bisa Belajar bareng deeeh. Semoga ALLAH SWT mengembalikan Kesehatan dan Memberikan Kekuatan Untuk Papa/Opa Kami Tercinta lagi... Amin.... SEMANGAT,'' ujar Cynthia Lamusu.

Cynthia Lamusu latih bicara ayahnya yang kena stroke (Instagram/@cynthia_lamusu)
Cynthia Lamusu latih bicara ayahnya yang kena stroke (Instagram/@cynthia_lamusu)

Awal Mula Ayah Cynthia Lamusu Terserang Stroke

Cynthia Lamusu pernah menceritakan kalau ayahnya terkena stroke berawal dari kecurigaan. Hal itu terjadi pada (28/9/2018).

Waktu itu ayahnya masih bermain dengan cucu-cucunya. Hingga Cynthia menemukan kejanggalan yang terjadi pada diri sang ayah, yakni pengucapan ayahnya yang cadel saat bicara.

Cynthia yang awalnya mengira cadelnya sang ayah hanya bercandaan, lalu merasa ada yang tidak beres. Apalagi saat suara ayahnya makin berat dan wajahnya juga agak miring.

''Opa masih masuk ke kamar kami seperti Biasa menyempatkan diri selalu bermain, Bercanda dengan @tatjanadanbima. Saat Opa ngobrol dan memanggil nama tatjana dan Bima itulah saya Mulai curiga, dengan Suara nya yang mulai terdengar Cadel.  Tadinya sempet berpikir kalau Opa lagi bercanda sama cucu cucu jadi Ngomongnya di Cadel Cadelin. Tapi entah Firasat saya bilang ada yang Ga beres, Sampai akhirnya saya minta Papa untuk Bicara biasa ke arah Muka saya, sambil saya pegangin Muka nya papa untuk Lihat Frontal ke saya sambil bicara. Di situlah saya Lihat Kejanggalan. Bicara Papa benar Cadel dan agak Berat, dan wajahnya agak Miring,'' cerita Cynthia Lamusu.

Cynthia Lamusu kabarkan ayahnya sakit stroke. (Instagram/@cynthia_lamusu)
Cynthia Lamusu kabarkan ayahnya sakit stroke. (Instagram/@cynthia_lamusu)

Ayahnya sempat menolak saat akan diajak ke rumah sakit, tapi Cynthia bersikeras. Ternyata benar dugaan Cynthia, dokter mendiagnosa kalau ayahnya terserang stroke ringan.

''Menurut Dokter papa agak terlambat di bawa, karena untuk orang yang terkena stroke itu sebenarnya ada Gejala atau tanda-tandanya. Karena Papa Mengidap Penyakit Diabetes, ini juga yang bisa memperburuk keadaan Stroke nya,'' jelasnya.

Sekarang ayah Cynthia Lamusu sudah pulang dari rumah sakit dan menjalani perawatan di rumah. Semoga lekas sembuh ya.

Tags # cynthia lamusu # surya saputra # ayah cynthia lamusu terserang stroke # tatjana dan bima

Hot Video

Berita Terkini