Life

4 Artis Lawas Ini Terpaksa Vakum dari Dunia Hiburan karena Sakit

Kita doakan keempat artis senior ini lekas diberi kesembuhan.

Tinwarotul Fatonah | Uni Irmagani

Mat Solar ditemui di kediamannya, Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (18/9/2018) [Suara.com/Ismail]
Mat Solar ditemui di kediamannya, Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (18/9/2018) [Suara.com/Ismail]

Matamata.com - Kesehatan mahal harganya, kalimat yang tak asing lagi kita dengar bahkan baca. Tapi, tampaknya masih banyak yang mengabaikan pesan di dalamnya.

Mungkin memang saat sibuk-sibuknya penyakit belum ketahuan dan terasa, tapi dampaknya jangka panjang. Misal pekerjaan selebriti yang memiliki jam terbang tinggi. Baru-baru ini publik dikejutkan dengan kabar Mat Solar sakit stroke.

Kabar Mat Solar sakit ini awalnya diketahui dari kehadirannya di acara wisuda putranya di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Bersama anak dan istrinya, Mat Solar datang dengan kondisi duduk di atas kursi roda.

Sontak saja, kehadirannya itu menjadi pusat perhatian. Selama ini publik tak tahu jika selama ini Mat Solar dalam kondisi tak sehat.

Pasalnya, Mat Solar tampak baik-baik saja saat bermain dalam sinetron Tukang Bubur Naik Haji. Padahal, sinetron tersebut baru berakhir pada bulan Februari 2017.

Menurut laporan Suara.com, penyakit store ini ternyata sudah dua kali menyerang Mat Solar. Kata istri Mat Solar, Ida Nurlaila, terakhir pada tiga bulan lalu usai menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2018.

''Lagi nonton tv, Piala Dunia, malam mau tidur biasanya saya tuntun. Pas berdiri tahunya nggak bisa jalan,'' kata Ida Nurlaila, di kediamannya, kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (18/9/2018).

Awalnya ia mengira suaminya hanya kelelahan, tapi setelah merasakan tubuh Mat Solar terlalu berat, ia curiga jika kembali terserang stroke. Saat itu juga, Mat Solar langsung dilarikan ke Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), Jakarta Selatan.

''Kita bawa UGD RSPI, itu normal lagi biasa. Terus dokter bilang ada penyumbatan, itu on off. Jadi lemah. Kalau lancar lagi biasa lagi,'' ujarnya.

Saat dirawat di rumah sakit, kondisi Mat Solar tak kian membaik. Malah, sebagian anggota tubuhnya tak bisa digerakkan.

''Pas dirawat satu hari, dia (Mat Solar) kena lagi. Dan sekarang kondisinya seperti sekarang,'' terang Ida.

Agar tak semakin parah, Mat Solar menjalani terapi hingga sekarang. Kondisinya pun berangsur-angsur membaik.

''Sekarang Alhamdulillah udah bisa jalan, tapi harus pake tongkat dan masih harus didampingi keluarga,'' tandasnya.


YouTube/Reporter Suara

Selain Mat Solar, sebelumnya ada tiga artis senior yang juga dikabarkan sakit. Kondisinya juga masih belum stabil hingga sekarang.

Berikut Matamata.com berikan tiga lainnya artis senior dalam kondisi tak sehat.

1. Urip Arphan

4 Artis Lawas Ini Terpaksa Vakum dari Dunia Hiburan karena Sakit - 1

Kondisi terkini Urip Arphan. (Instagram/@lambe_turah)

Aktor senior Urip Arphan juga dikabarkan dalam kondisi tak sehat. Kabar ini diketahui dari postingan akun @lambe_turah hari ini, Kamis (20/9/2018).

Akun itu mengunggah kolase foto kondisi terkini Urip Arphan. Ia terlihat sudah sangat sepuh, tubuhnya kurus dan rambutnya semakin beruban.

Urip Arphan mengenakan kemeja hijau motif daun dan celana pendek warna hijau lumut duduk di atas kasur. Pada foto lain, dirinya duduk merangkul anak kecil serta di sampingnya berdiri seorang pria.

Urip juga terlihat menyangga tongkat besi. Dari informasi yang ditulis akun @lambe_turah, Urip Arphan tinggal di sebuah rumah kontrakan.

''Nama beliau urip arpan
Salah satu artis kawakan
Sekarang beliau tinggal di kontrakan
Dan juga sakit sakitan
Mungkin setelah liat aplotan
Ada yang berkenan untuk memberikan bantuan,'' tulis akun @lambe_turah.

2. Aminah Cendrakasih

Aminah Cendrakasih. (@lambe_turah/instagram)
Aminah Cendrakasih. (@lambe_turah/instagram)

Artis senior Aminah Cendrakasih lebih banyak menghabiskan waktunya dengan berbaring di atas kasur. Penyakit glaukoma yang menyerangnya beberapa tahun lalu membuatnya terbatas melakukan kegiatan.

Gara-gara glaukoma, kedua mata perempuan yang terkenal pada era 50-80an ini tak bisa melihat lagi dengan jelas. Pembuluh mata Aminah Cendrakasih di bagian dalam telah pecah sehingga membuat darah memenuhi rongga matanya.

Tapi, meski dalam kondisi tak sehat, Aminah Cendrakasih tetap semangat menjalani syuting Si Doel the Movie. Berkat kegigihannya itu, Aminah Cendrakasih berhasil mengobati kerinduan para penggemarnya.

3. Rudy Wowor

4 Artis Lawas Ini Terpaksa Vakum dari Dunia Hiburan karena Sakit - 3
Rudy Wowor terbaring di rumah sakit. (Suara.com)

Pada awal tahun 2017 lalu, aktor Rudy Wowor dikabarkan jatuh sakit. Ia pun dirawat di Rumah Sakit Polri R.S Sukanto, Kramatjati, Jakarta Timur.

Mengutip dari Suara.com, kondisi Rudy Wowor pertama kali diinformasikan oleh putranya, Michael Wowor, melalui laman facebook lengkap dengan foto. Aktor kelahiran Amsterdam, Belanda, itu terlihat kurus dan matanya sayu.

''Pap...saya tahu Anda bisa melakukannya pap! dan Anda berjanji untuk menjadi lebih baik dan sehat. Papa jangan khawatir karena kita akan selalu Ada untuk papa...we love you dad,'' tulis Michael.

Di dunia hiburan, Rudolf Canesius Soemplang atau Rudy Wowor terkenal dengan peran antagonis. Rudy pernah masuk nominasi Aktor Pendukung Terbaik FFI 1988 dalam film Tjoet Nja' Dhien.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report