Kpop

9 Idol yang Keluar dari Grup Tak Lama Setelah Debut, Terbaru Kim Garam Eks LE SSERAFIM

Kim Garam resmi hengkang dari LE SSERAFIM sejak hari ini, Rabu (20/7/2022).

Ade Wismoyo
Kamis, 21 Juli 2022 | 04:00 WIB
Fakta Kim Garam LE SSERAFIM (instagram/@le_sserafim)
Fakta Kim Garam LE SSERAFIM (instagram/@le_sserafim)

Matamata.com - Skandal bullying yang dituduhkan pada Kim Garam sudah mencuat bahkan sebelum grupnya LE SSERAFIM. Ia dituduh sebagai pelaku perundungan semasa sekolah dengan tingkat kesalahan yang dinilai tinggi.

Meski tersandung skandal, tapi HYBE Label tetap mempertahankan Kim Garam dalam grup dan membantah tuduhan tersebut. Sayang, bukti-bukti terus bermunculan hingga Kim Garam harus hiatus dari grup yang debut pada 2 Mei lewat lagu FEARLESS.

Sejak hiatus pada 19 Mei, akhirnya pihak HYBE dan Source Music resmi mengakhiri kontrak eksklusif mereka dengan Garam per 20 Juli 2022. Keputusan ini disambut baik oleh sebagian besar penggemar LE SSERAFIM yang akan melanjutkan kegiatan grup dengan ot5 atau lima member saja.

Garam, bukan satu-satunya idol K-Pop yang keluar dari grup tak lama setelah debut. Sebelum Garam sudah adala idol lain yang juga harus meninggalkan grup mereka. Siapa saja idol yang keluar dari grup tak lama setelah debut? Kepoin langsung daftarnya berikut.

1. HyunA Wonder Girls

Idol yang Keluar dari Grup Tak Lama Setelah Debut.
Idol yang Keluar dari Grup Tak Lama Setelah Debut. (Instagram/hyunah_aa)

Mungkin yang yang mengenal Hyuna sebagai penyanyi solo dan kekasih dari Dawn. Tapi HyunA sebenarnya memulai karier sebagai member Wonder Girls yang debut pada tahun 2007. Ia hengkang dari grup kurang dari setahun setelah debut karena orang tuanya merasa khawatir pada dirinya. Ia kemudian debut sebagai anggota 4Minute pada tahun 2009.

2. Jiin dan Jisun Girls Day

Idol yang Keluar dari Grup Tak Lama Setelah Debut.
Idol yang Keluar dari Grup Tak Lama Setelah Debut. (Jisun; Instagram/jiss2_89s2) (Jiin: koreaboo.com)

Girl’s Day awalnya mempunyai 5 orang anggota yaitu Minah, Jihae, Sojin, Jihae, Jiin dan Jisun. Namun, beberapa bulan setelah debut Jiin dan Jisun memutuskan meninggalkan grup. Alasannya karena mereka berdua memiliki tujuan lain selain menjadi idol.

3. Subin, Lera, dan Nayeon Berry Good

Idol yang Keluar dari Grup Tak Lama Setelah Debut.
Idol yang Keluar dari Grup Tak Lama Setelah Debut. (koreaboo.com) 

Debut pada tahun 2014, Berry Good memiliki 5 member. Tetapi belum genap setahun debut, Subin, Lera, dan Nayeon memilih hengkang dari Berry Good untuk fokus pada pendidikan dan sekolah mereka.

4. Jaeseok Golden Child

Idol yang Keluar dari Grup Tak Lama Setelah Debut.
Idol yang Keluar dari Grup Tak Lama Setelah Debut. (koreaboo.com)

Golden Child kini menjadi salah satu grup yang memiliki popularitas cukup bagus di Korea Selatan. Grup beranggotakan 11 member ini debut pada tahun 2017. Tetapi, pada awal 2018, Jaeseok akhirnya keluar dari grup karena masalah kesehatan.

5. Junhyeok Day6

Idol yang Keluar dari Grup Tak Lama Setelah Debut.
Idol yang Keluar dari Grup Tak Lama Setelah Debut. (onehallyu.com)

Sesuai namanya, awalnya Day6 debut dengan 6 orang member di tahun 2015 lewat lewat lagu Congratulation yang berhasil membesarkan nama mereka. Sayang pada awal 2016, Junhyeok meninggalkan Wonpil dkk karena alasan pribadi. Kini Junhyeok memilih bersolo karier.

6. Seunghee DIA

Idol yang Keluar dari Grup Tak Lama Setelah Debut.
Idol yang Keluar dari Grup Tak Lama Setelah Debut. (Instagram/seunghee91_63)

Kurang dari setahun setelah debut dengan DIA pada 2015, Seunghee keluar dari grup. Awalnya DIA debut dengan 7 member termasuk Seunghee. Sekarang ia menjadi manajer dari grup rookie ClASSy.

7. Somin K.A.R.D

Idol yang Keluar dari Grup Tak Lama Setelah Debut.
Idol yang Keluar dari Grup Tak Lama Setelah Debut. (Instagram/somin_jeon0822)

Sebelum dikenal sebagai anggota K.A.R.D seperti sekarang, Somin lebih dulu debut bersama dengan APRIL di tahun 2016. Alasan musik menjadi penyebab Somin meninggalkan APRIL.

8. Lee Seul dan JoA Stellar

Idol yang Keluar dari Grup Tak Lama Setelah Debut.
Idol yang Keluar dari Grup Tak Lama Setelah Debut. (kpop.fandom.com)

Debut dengan lagu Rocket Girl di tahun 2011 menjadi awal mula karier grup Stellar. Kurang dari setahun sejak debut mereka kehilangan dua membernya yaitu Lee Seul dan JoA yang memutuskan keluar dari grup.

9. Kim Garam

Idol yang Keluar dari Grup Tak Lama Setelah Debut.
Idol yang Keluar dari Grup Tak Lama Setelah Debut. (Twitter/ Source Music)

Terbaru ada Kim Garam yang dipecat dari LE SSERAFIM hanya beberapa bulan setelah debut akibat skandal bullying. Garam debut bersama 5 member lainnya pada tanggal 2 Mei lewat lagu FEARLESS. Lalu pada 19 Mei ia hiatus dari kegiatan grup karena tuduhan perisakan yang dilakukannya terus memanas. Akhirnya pada 20 Juli agensinya HYBE Label dan Source Music mengakhiri kontrak mereka dengan Garam.

Sederet idol Kpop tadi hengkang dari grup tak lama setelah debut. Alasan keluarnya pada idol tadi pun beragam ada yang karena kesehatan, sekolah, sampai skandal perundungan seperti yang dialami oleh Kim Garam. 

Kontributor: Safitri Yulikhah
Tags # kim garam # le sserafim # idol yang keluar dari grup tak lama setelah debut

Hot Video

Berita Terkini