4 Kontroversi Mnet Sepanjang Tahun 2021, Pakai 'Suara Azan' Bikin Murka

Mnet kembali membuat fans geram karena beberapa hal, simak cerita-ceritanya!

Tinwarotul Fatonah
Kamis, 23 Desember 2021 | 06:30 WIB
Kontroversi Mnet Sepanjang Tahun 2021 (Soompi)

Kontroversi Mnet Sepanjang Tahun 2021 (Soompi)

Matamata.com - Mnet selalu menyuguhkan konten hiburan terbaru yang disukai penonton Korea Selatan maupun Internasional. Mnet juga kerap menghadirkan program survival hingga ajang penghargaan yang menghadirkan keseruan.

Namun acara-acara yang dihadirkan Mnet tak jarang menuai kontroversi yang membuat penggemar marah. Sebut saja manipulasi voting di acara "Idol School" pada 2017 yang membuat Mnet dijatuhi denda oleh Komisi Standar Komunikasi Korea (KCSC).

Sepanjang tahun 2021, Mnet rupanya masih saja 'membuat masalah'. Apa saja kontroversi Mnet sepanjang tahun 2021? Simak ulasan yang telah disiapkan redaktur MataMata.com berikut ini.

Baca Juga: - Video: 4 Fakta Acara Mnet Remix Suara Azan hingga Tuai Kecaman

1. Street Woman Fighter

Kontroversi Mnet Sepanjang Tahun 2021 (Soompi)
Kontroversi Mnet Sepanjang Tahun 2021 (Soompi)

"Street Woman Fighter" merupakan salah satu program survival andalan Mnet di 2021. Namun musik intro episode pertama "Street Woman Fighter" kedapatan menggunakan suara azan yang ternyata berasal dari lagu "Azan" milik band LOSERS asal Inggris. Hal itu memicu kemarahan umat Muslim karena azan merupakan panggilan untuk melaksanakan salat.

Mnet akhirnya meminta maaf setelah kontroversi suara azan menjadi trending di media sosial. Pihak Mnet mengungkap suara azan yang digunakan untuk pembuka episode "Street Woman Fighter" berasal dari soundtrack elektronik di situs resmi sehingga mereka tak ada niatan tertentu. Musik intro di program survival kru tari wanita pertama Mnet tersebut pun akhirnya diganti.

Baca Juga: - Viral Acara Mnet Remix Suara Azan, Simak 4 Fakta dan Kronologinya

2. Kingdom

Kontroversi Mnet Sepanjang Tahun 2021 (Soompi)
Kontroversi Mnet Sepanjang Tahun 2021 (Soompi)

"Kingdom" merupakan kompetisi yang diikuti sejumlah grup populer yakni BTOB, iKON, SF9, The Boyz, Stray Kidz, dan ATEEZ. Sebelum penayangan perdana pada 1 April 2021, "Kingdom" menuai kritik karena dinilai tidak berlaku adil mengenai setting panggung. Setiap grup di "Kingdom" awalnya hanya boleh menggunakan biaya produksi panggung maksimal 5 juta won. Namun salah satu grup dianggap mendapat perlakuan khusus hingga menggunakan biaya produksi panggung melebihi yang ditentukan.

Pihak Mnet kemudian mengungkap adanya miskomunikasi. Sebenarnya pihak Mnet telah menyetujui diperbolehkannya batasan anggaran lebih dari 5 juta won setelah melalui berbagai pertimbangan. Hanya saja baru 3 grup yang diberi tahu penyesuaian tersebut.

3. Girls Planet 999

Kontroversi Mnet Sepanjang Tahun 2021 (Soompi)
Kontroversi Mnet Sepanjang Tahun 2021 (Soompi)

Kontroversi seputar "Produce 101" membuat Mnet berusaha mengubah reputasinya melalui program survival "Girls Planet 999". Pihak Mnet menegaskan akan mengutamakan kesehatan fisik dan mental para peserta. Namun fakta berbeda diungkap mantan peserta asal Tiongkok, Liang Qiao.

"Girls Planet 999" merupakan program yang tak hanya diikuti trainee asal Korea, melainkan juga Jepang dan Tiongkok. Liang Qiao mengungkap Mnet tidak menyediakan penerjemah sepanjang waktu seperti yang telah diklaim sebelumnya. Ketika Ling Qiao meminta kamus bahasa Mandarin-Korea, staf tidak memberinya dengan alasan agar peserta lebih mandiri.

Tak sampai di situ, Liang Qiao mengungkap bahwa jadwal syuting berlangsung ekstrem. Untuk tahap Demo Planet, peserta "Girls Planet 999" harus menjalani syuting nonstop selama 40 jam. Lagu tema "Girls Planet 999" direkam selama 3 hari dan peserta disebut hanya bisa tidur selama satu jam per hari.

4. MAMA 2021

Kontroversi Mnet Sepanjang Tahun 2021 (Soompi)
Kontroversi Mnet Sepanjang Tahun 2021 (Soompi)

TXT mendapat beberapa perlakuan yang kurang menyenangkan dalam penampilan di Mnet Asian Music Awards 2021. Saat TXT menampilkan "Frost" dan "LO$ER=LOVER", ada perbedaan waktu antara musik dan gerakan Yeonjun saat dance break. Para penari TXT bahkan menyampaikan kekecewaan melalui media sosial. Sebagai 'obat' untuk para MOA, video dance practice TXT dirilis tak lama setelah MAMA 2021 berakhir.

Yeonjun TXT juga tak ada di thumbnail video penampilan tarian solo dengan lima idol lain, yakni Hyunjin Stray Kids, Yeonjun TXT, Yeji ITZY, Karina aespa, Heesung ENHYPEN, dan Wooyoung ATEEZ. Foto Yeonjun baru disertakan setelah MOA memprotes Mnet.

Selain itu, mikrofon mendadak mati dan lampu tak lagi menyorot TXT saat Soobin masih menyampaikan pidato kemenangan TXT untuk kategori Worldwide Fans Choice Top 10. Namun Soobin tetap menyelesaikan pidatonya dengan berteriak untuk mengungkap rasa terima kasihnya kepada MOA.

Wah ada-ada saja ya! Kendati begitu, Mnet masih tetap menjadi salah satu penyedia hiburan Korea yang menjadi favorit. Semoga Mnet akan lebih baik ke depannya ya!

Kontributor: Neressa Prahastiwi

Berita Terkait

TERKINI

DAWN tanggapi isu HyunA selingkuh dan hamil anak mantan di luar nikah.
kpop | 20:47 WIB
Simak fakta Doctor Slump yang mengincar Park Shin Hye dan Park Hyung Sik sebagai pemeran utama!
kpop | 18:48 WIB
Tayang akhir bulan Desember, intip yuk sinopsis The Glory yang dibintangi Song Hye Kyo!
kpop | 18:12 WIB
Momen J-Hope BTS pamer dompet ukuran seuprit namun harganya selangit.
kpop | 18:12 WIB
Intip yuk potret Go Soo yang semakin tampan di musim kedua Missing: The Other Side!
kpop | 17:45 WIB
Penyanyi dan aktor Lee Seung Gi mengirim pemberitahuan pemutusan kontrak eksklusif ke agensinya Hook Entertainment.
kpop | 14:42 WIB
Pada 30 November, HyunA mengumumkan berita tersebut melalui postingan di Instagram-nya.
kpop | 14:28 WIB
Selamat ulang tahun, Jung Chaeyeon. Simak yuk beberapa drama yang pernah dibintanginya!
kpop | 13:35 WIB
Nyatanya latar belakang keluarga yang tak lengkap justru bikin mereka tak pantang menyerah.
kpop | 10:11 WIB
Jung Kyung Ho berniat menikahi Sooyoung SNSD setelah pacaran selama 10 tahun.
kpop | 22:00 WIB
Tampilkan lebih banyak