Kpop

6 Artis Korea Pakai Batik, Leeteuk dan Yesung Pakai Rancangan Ridwan Kamil

Untuk memperingati Hari Batik Nasional, intip sederet potret artis Korea yang pernah menggunakan batik.

Tinwarotul Fatonah
Sabtu, 02 Oktober 2021 | 20:25 WIB
Artis Korea Pakai Batik (Twitter/BTS_twt/YouTube/SBS KPOP)
Artis Korea Pakai Batik (Twitter/BTS_twt/YouTube/SBS KPOP)

Matamata.com - Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Peringatan tersebut dimulai sejak 2 Oktober 2009 saat PBB mengakui batik sebagai Warisan kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Pada 7 September 2009, Aburizal Bakrie yang kala itu menjabat sebagai Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) menyampaikan pesan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono agar masyarakat Indonesia memakai batik setiap tanggal 2 Oktober.

Untuk memperingati Hari Batik Nasional, intip sederet penampilan artis Korea dengan baju batik. Bahkan belum lama ini, personel Super Junior menggunakan batik rancangan Ridwan Kamil, lho! Penasaran? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Song Ji Hyo

Artis Korea Pakai Batik (Twitter/@btskdramalover)
Artis Korea Pakai Batik (Twitter/@btskdramalover)

Song Ji Hyo begitu populer di Indonesia berkat variety show Running Man. Namun sebenarnya Song Ji Hyo juga seorang aktris. Tahun 2021, Song Ji Hyo membintangi drama The Witch's Diner sebagai penyihir yang memiliki restoran dan bisa mengabulkan keinginan pelanggan dengan bayaran besar.

Penampilan Song Ji Hyo sebagai penyihir Jo Hee Ra begitu disorot karena penampilannya dengan berbagai kostum menawan. Salah satunya ketika Song Ji Hyo kedapatan mengenakan gaun batik Indonesia motif parang dalam adegan bersantai sambil minum wine sendirian. Song Ji Hyo dengan gaun batik tersebut dinilai amat memukau.

2. Personel Mamamoo

Artis Korea Pakai Batik (Instagram/@mamamoo_official)
Artis Korea Pakai Batik (Instagram/@mamamoo_official)

Mamamoo membagikan penampilannya dengan batik setelah menggelar fanmeeting di Tennis Indoor Senayan, Jakarta pada 23 Februari 2019. Wheein tampil dengan gaun batik lengan panjang, sedangkan Hwasa, Moonbyul, dan Solar mengenakan model tanpa lengan.

Dalam unggahan tersebut, empat personel Mamamoo juga mengungkap rasa terima kasih atas kenangan bahagia bersama fans Mamamoo di Indonesia, MooMoo. Mereka juga berharap bisa kembali bertemu fans di masa mendatang.

3. Sehun EXO

Artis Korea Pakai Batik (YouTube/SBS KPOP)
Artis Korea Pakai Batik (YouTube/SBS KPOP)

Sehun sukses menggemparkan fans EXO Indonesia yang disebut EXO-L karena tampil mengenakan batik saat mempromosikan lagu Ko Ko Bop pada 2017 silam. Penampilan Sehun kala itu begitu mencolok karena rekan-rekannya tidak mengenakan busana bermotif. Sehun mengenakan batik berwarna cokelat yang tampak selaras dengan penampilan rambutnya berwarna oranye. Semakin tampan, bukan?

4. Suga BTS

Artis Korea Pakai Batik (Twitter/BTS_twt)
Artis Korea Pakai Batik (Twitter/BTS_twt)

Pada tahun 2017 pula Suga BTS mengejutkan penggemar saat membagikan potret selfie di Twitter. Suga terlihat mengenakan topi snapback dan berpose sambil memegang kamera. Namun yang mencuri fokus adalah kemeja yang dikenakan Suga. Rekan duet IU dalam lagu eight tersebut tampil mengenakan kemeja hitam dengan motif mirip dengan batik.

5. Leeteuk Super Junior

Artis Korea Pakai Batik (Instagram/@xxteukxx)
Artis Korea Pakai Batik (Instagram/@xxteukxx)

Leeteuk Super Junior menerima batik yang didesain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ia kemudian mengenakannya dan membagikan penampilannya melalui Instagram pribadi pada 24 Mei 2021 sambil mengungkapkan terima kasih.

Leeteuk menerima dua jenis pakaian, yakni kemeja dan jas. Kemeja batik yang dikenakan Leeteuk berwarna dominan biru, sedangkan kemejanya merah kecokelatan. Leeteuk kemudian memadukan batiknya dengan celana biru yang membuatnya terlihat gagah dan tampan.

6. Yesung

Artis Korea Pakai Batik (Instagram/@yesung1106)
Artis Korea Pakai Batik (Instagram/@yesung1106)

Tak hanya Leeteuk, personil Super Junior yang lain yakni Yesung juga membagikan potretnya mengenakan batik berwarna merah tua kecoklatan. Motif batik Leeteuk dan Yesung tampak berbeda meski memiliki warna yang mirip. Yesung juga menyertakan caption berbahasa Indonesia untuk mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Ridwan Kamil.

Awalnya Yesung bertanya mengenai penampilannya dengan batik, cocok atau tidak. Tentu saja penggemar Super Junior yang disapa ELF menggila dan memuji ketampanannya. Ia tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Ridwan Kamil, Indonesia, serta Jawa Barat atas baju batik tersebut.

Ridwan Kamil sendiri menyambut bahagia saat batik rancangannya digunakan personil Super Junior yang telah mendunia. Ia kemudian menggoda gadis-gadis Indonesia yang tentu senang melihat para Oppa lebih melokal. Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil lantas mengajak penggemar K-Pop untuk menjadikan batik Indonesia semakin dikenal dunia. Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Tags # artis korea pakai batik # suga bts # sehun exo

Hot Video

Berita Terkini