Kpop

Sinopsis Snowdrop, Drama Jisoo BLACKPINK Tuai Kontroversi Sebelum Tayang

Snowdrop sempat menuai kontroversi karena dianggap mendistorsi sejarah Korea Selatan.

Tinwarotul Fatonah

Sinopsis Snowdrop (wikitree)
Sinopsis Snowdrop (wikitree)

Matamata.com - BLINK, fandom BLACKPINK, pastinya sangat menantikan Snowdrop. Bagaimana tidak, drama baru JTBC itu menandai debut Jisoo di dunia akting. Naskahnya digarap oleh Yoo Hyun Mi, sosok di balik drama hits SKY Castle. Jung Hae In dipercaya menjadi pemeran utama pria alias lawan main Jisoo.

Snowdrop sempat menuai kontroversi karena plot cerita yang dianggap mendistorsi sejarah Korea Selatan. Namun itu tak lantas membuat drama ini sangat dinantikan. Penasaran bagaimana kisahnya? Berikut sinopsis Snowdrop!

Sinopsis Snowdrop

Sinopsis Snowdrop (wikitree)
Sinopsis Snowdrop (wikitree)

Plot cerita Snowdrop mengambil latar belakang kejadian bersejarah, Gerakan Demokrasi 1987 yang merupakan gerakan protes massal dengan tujuan memaksa pemerintah otoriter Korea Selatan saat itu untuk mengadakan pemilihan yang adil.

Pemilihan demokratis akhirnya diadakan pada Desember 1987 sebagai hasil unjuk rasa massa yang kebanyakan adalah mahasiswa. Gerakan ini mengarah pada berakhirnya pemerintahan otoriter di Korea Selatan dan pembentukan pemerintahan demokratis di Republik Keenam Korea.

Sinopsis Snowdrop (koreaboo)
Sinopsis Snowdrop (koreaboo)

Im Soo Ho adalah mahasiswa pascasarjana yang berpartisipasi dalam protes pro-demokrasi. Ia ditemukan berlumuran darah oleh seorang mahasiswi yang tidak disebutkan namanya. Mahasiswi di universitas khusus putri itu menyembunyikan Soo Ho dari pemerintah di kamar asramanya.

Namun terungkap bahwa Soo Ho bukan hanya mahasiswa biasa yang cedera akibat aksi unjuk rasa. Ia memiliki latar belakang yang mencurigakan. Dengan latar belakang pergolakan politik, Soo Ho dan gadis tersebut menjalin hubungan romantis yang dipenuhi intrik.

Pemain Snowdrop

Sinopsis Snowdrop (jtbcdrama)
Sinopsis Snowdrop (jtbcdrama)

Jung Hae In sebagai Im Soo Ho, mahasiswa yang dibesarkan di Jerman dan menyembunyikan sebuah rahasia. Jisoo BLACKPINK berperan sebagai karakter yang saat ini tidak disebutkan namanya. Ia adalah mahasiswi yang jatuh cinta dengan Soo Ho pada pandangan pertama dan menyembunyikannya di asrama.

Yoo In Na turut membintangi Snowdrop sebagai Kang Chung Ya, seorang ahli bedah karismatik dan terampil yang bekerja di rumah sakit milik negara. Kim Hye Yoon sebagai Kye Boon Ok, operator telepon yang tidak bisa kuliah karena masalah keuangan.

Sinopsis Snowdrop (instagram/@sooyaaa_)
Sinopsis Snowdrop (instagram/@sooyaaa_)

Jang Seung Jo dipercaya memerankan Lee Kang Moo, pemimpin Tim Satu Badan Perencanaan Keamanan Nasional yang selalu mengikuti aturan. Yoon Se Ah turut bermain Pi Seung Hee, ibu rumah tangga di Asrama Universitas Wanita Hosoo.

Selain itu juga ada Jung Yoo Jin yang berperan sebagai Jang Han Na, seorang agen ANSP yang impulsif namun bersemangat. Yum Jung Ah yang merupakan bintang utama SKY Castle akan tampil sebagai cameo dengan peran yang masih dirahasiakan.

Kontroversi Snowdrop

Sinopsis Snowdrop (soompi)
Sinopsis Snowdrop (soompi)

Pada Maret 2021, Snowdrop menuai kontroversi terkait dengan ketidakakuratan sejarah yang diakui dalam naskah. Disebutkan bahwa protagonis laki-laki (Im Soo Ho) sebenarnya adalah mata-mata Korea Utara yang menyamar sebagai aktivis mahasiswa pro-demokrasi. Ia menyusup ke Korea Selatan untuk memicu kekacauan dan ketidakstabilan politik.

Selain itu, karakter Lee Kang Moo konon digambarkan sebagai orang yang adil dan benar meskipun banyak pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan oleh ANSP. Nama protagonis wanita, Eun Young Cho juga dianggap memiliki kemiripan dengan nama aktivis pro-demokrasi Chun Young Cho.

Sinopsis Snowdrop (koreaboo)
Sinopsis Snowdrop (koreaboo)

Sebagai tanggapan, JTBC merilis pernyataan resmi, menjelaskan bahwa Snowdrop tidak mendistorsi gerakan pro-demokrasi serta tidak memuliakan Badan Perencanaan Keamanan Nasional. Ini adalah drama komedi hitam yang menyindir situasi politik antara dua negara Korea di bawah pemerintahan otoriter pada 1980an. Cerita akan lebih berfokus pada kisah cinta.

JTBC merilis pernyataan kedua mengenai kontroversi, menegaskan bahwa Snowdrop berlatar sekitar pemilihan presiden 1987, dan bukan drama yang berhubungan dengan gerakan pro-demokrasi. Semua cerita hanya fiksi belaka. Nama karakter utama, Eun Young Cho, juga akan diubah.

Kontroversi Snowdrop bahkan ditanggapi oleh Blue House, Pada 14 Mei, Blue House menolak petisi seruan untuk pembatalan acara tersebut. Blue House tidak bermaksud untuk ikut campur dalam produksi Snowdrop, dengan alasan perlindungan kebebasan berekspresi dalam Klausul IV Undang-Undang Penyiaran Korea Selatan. Jadi Snowdrop akan tetap disiarkan sesuai rencana.

Teaser Pertama Snowdrop

Sinopsis Snowdrop (soompi)
Sinopsis Snowdrop (soompi)

JTBC baru-baru mengungkapkan jajaran drama akhir pekan mendatang dan Snowdrop termasuk diantaranya. Mulai September, JTBC akan menggeser slot Jumat-Sabtu pukul 11 malam ke Sabtu-Minggu 10:30 malam.

Sebagai penutup tahun, Snowdrop akan tayang sebagai drama Sabtu-Minggu terakhir JTBC pada 2021. Dalam cuplikan yang dirilis, Jung Hae In dan Jisoo ditampilkan menari bersama, memberikan pandangan sekilas tentang kisah cinta mereka yang akan datang.

Snowdrop baru akan tayang kisaran Desember 2021 mendatang. BLINKs, harap bersabar ya!

Kontributor: Chusnul Chotimah

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report