Kpop

Profil Yujin CLC, Idol K-Pop yang Dapat Hinaan di Girls Planet 999

Yuk kenalan dengan Yujin, visual CLC yang disebut sebagai idola surgawi saking cantiknya ini!

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Profil Yujin CLC (Instagram/@utokki_)
Profil Yujin CLC (Instagram/@utokki_)

Matamata.com - Kekinian, netizen hampir di semua negara sedang mencari profil Yujin CLC. Pasalnya, netizen merasa iba karena nama penyanyi idola asal Korea Selatan tersebut seakan dimanfaatkan untuk menaikkan pamor program survival ‘Girls Planet 999’ yang akan ditayangkan di Mnet pada tanggal 8 Agustus mendatang.

Bagi yang belum tahu, Yujin bukanlah nama baru dalam dunia entertainment Korea Selatan. Ia merupakan salah satu anggota sekaligus visual girlband CLC yang telah cukup lama debut dan memiliki banyak penggemar. Intip dio bawah ini yuk profil Yujin CLC dan beberapa fakta menarik tentangnya. 

Profil Yujin CLC

Profil Yujin CLC (Instagram/@utokki_)
Profil Yujin CLC (Instagram/@utokki_)

Penyanyi idola yang memiliki nama asli Choi Yujin ini lahir pada tanggal 12 Agustus 1996 di Jeonju, Korea Selatan.

Yujin merupakan member ke-4 yang bergabung dengan girlband CLC. Posisinya dalam grup idola wanita tersebut adalah sebagai sub-vocalis, rap, lead dancer, dan juga visual dari grup tersebut.

Yujin merupakan anggota grup CLC yang memiliki tubuh paling ramping karena memiliki tinggi 164 cm dan berat 42 Kg. 

Meskipun baru memulai debut di tahun 2015, Yujin berhasil menarik banyak perhatian dan disebut sebagai “idola surgawi” karena pesonanya yang luar biasa. Ia bahkan dinobatkan sebagai idol pendatang baru yang paling populer setelah Irene Red Velvet dan Kei Lovelyz.

Langsung mendapatkan popularitas yang tinggi, perjalanan debut Yujin rupanya tidak mudah. Ia telah berstatus sebagai trainee sejak masih mengenyam pendidikan di Hanlim Multi Art High School. Masa training yang dijalaninya pun terbilang paling lama dibandingkan anggota CLC lainnya, yaitu 4 tahun.

Perjalanan karier Yujin CLC

Profil Yujin CLC (Instagram/@utokki_)
Profil Yujin CLC (Instagram/@utokki_)

Yujin sempat terlibat beberapa proyek milik agensinya, yaitu Cube Entertainment sebelum debut bersama CLC. Ia dan Oh Seung Hee masuk ke dalam kelompok pra-debut Cube Girls.

Di tahun 2013, Yujin dan Oh Seunghee berkolaborasi dengan Yoseob (Beast) untuk merilis lagu berjudul ‘Perfume’, yang merupakan salah satu bagian dari Cube Voice Project.

Yujin bergabung dengan empat anggota asli CLC di tahun 2014 untuk tampil dalam video musik ‘Beep Beep’ milik BTOB, rekan selabel mereka. Selain itu, mereka juga terlibat dalam video musik dan kegiatan promosi lagu ‘Pretty Lingerie’ milik G.NA.

Profil Yujin CLC (Instagram/@utokki_)
Profil Yujin CLC (Instagram/@utokki_)

Baru pada tahun 13 Maret 2015, Cube Entertainment resmi mengumumkan Choi Yujin sebagai anggota baru grup idola wanita CLC melalui media sosial resmi mereka. Yujin pun memulai debutnya dengan merilis single “Pepe” dan EP First Love pada 19 Mei 2015.

Selain sibuk dengan CLC, Yujin juga pernah berpartisi dalam program TV “Real Men” yang tayang pada 30 Agustus 2015. Yujin juga pernah membintangi drama web berjudul ‘Nightmare Teacher’ sebagai Cheon Yuna pada tahun 2016.

Yujin juga menguasai Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang, lho, selain jago bernyanyi dan bermain alat musik harmonika tentunya. 

Yujin mengaku bahwa tipe idealnya adalah Nam Joo Hyuk. Meskipun demikian, ia justru dijodohkan dengan Doyoung NCT karena keduanya memang terlihat mirip. Bahkan, fans NCT menyebutnya sebagai “Doyoung versi perempuan”.

Profil Yujin CLC (Instagram/@utokki_)
Profil Yujin CLC (Instagram/@utokki_)

Dihina kontestan lain saat ikut Girls Planet 999

Nama Yucin CLC belakangan ramai diperbincangkan setelah ia dikabarkan mendapatkan hinaan saat berpartisipasi dalam Girls Planet 999. Beredar kabar ia hanya dimanfaatkan untuk mendongkrak pamor acara.

Bagaimana tidak, dalam video teaser Girls Planet 999 yang rilis pada hari Jumat (30/7/2021) kemarin, salah seorang kontestan asal Tiongkok bernama Fu Yaning mengubah lirik lagu CLC berjudul “Helicopter” dan dianggap menghina Yujin. Belum lagi, caption di dalam video teaser tersebut seakan bernada sinis setiap memperkenalkan Yujin CLC.

Profil Yujin CLC (Instagram/@choi.yujinn)
Profil Yujin CLC (Instagram/@choi.yujinn)

Karena itulah, netizen menganggap Mnet kembali menggunakan taktik licik dalam acara survival mereka, yaitu memanfaatkan artis senior untuk menciptakan suasana dramatis dalam acara mereka tersebut. Bukan tanpa alasan, hal semacam ini sudah pernah terjadi sebelumnya saat Mnet menanyangkan acara survival serupa, “Produce 48”.

Itulah profil Yujin CLC dan beberapa fakta tentangnya. Idola siapa nih?

Kontributor: Wahyu Panca Handayani

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report