Kpop

3 Film Korea Bertema Keluarga yang Akan Bikin Kamu Nangis Sesenggukan

Yuk tonton tiga film Korea ini yang akan membuatmu kembali merenungkan hubunganmu dengan ibu, ayah, dan kakak!

Yohanes Endra

Film Korea bertema keluarga (IMDb / My Annoying Brother)
Film Korea bertema keluarga (IMDb / My Annoying Brother)

Matamata.com - Film bertemakan keluarga memang selalu berhasil memeras emosi penonton. Apalagi, setiap keluarga pasti memiliki kisah tersendiri dan tidak ada yang sempurna. Itulah mengapa, kisah-kisah yang dibahas dalam film-film keluarga tersebut hampir selalu mengena di hati penonton dan tidak jarang seolah menampar mereka.

Dibandingkan film-film produksi negara lain, industri perfilman Korea termasuk yang terbaik dalam mengemas kisah permasalahn keluarga. Ada saja sisi hubungan keluarga yang diangkat dalam film-film tersebut dan menariknya lagi, disampaikan dengan emosi yang begitu kuat hingga mengaduk-aduk perasaan penonton. Contohnya saja, beberapa film Korea bertema keluarga yang akan dibahas berikut ini.

1. Wedding Dress (2010)

Film Korea bertema keluarga (IMDb / Wedding Dress)
Film Korea bertema keluarga (IMDb / Wedding Dress)

Para penyuka film Korea pasti sudah tidak asing lagi dengan film lawas ‘Wedding Dress’ yang berhasil membuat hampir semua orang menangis saat menontonnya. Film ini mengisahkan seorang ibu tunggal bernama Seo Go Eun yang bekerja sebagai seorang desainer gaun pengantin sambil mengasuh putri cantiknya yang bernama Jang So Ra. Rupanya, Seo Go Eun menderita penyakit kanker lambung stadium akhir dan berusaha keras untuk menyembunyikan hal tersebut dari So Ra, yang ternyata diam-diam sudah mengetahuinya.

Mengetahui usianya tidak akan lama lagi, Go Eun yang selama ini sibuk dengan pekerjaan meluangkan waktu untul lebih memperhatikan putrinya dan bahkan merancang sebuah gaun cantik yang dimaksudkan untuk gaun pernikahan putrinya suatu hari nanti. Sementara itu, So Ra masih begitu muda dan bahkan memiliki OCD (Obsessive Compulsive Disorder), yang membuatnya tidak tahan untuk berdekatan dengan orang lain, apalagi berbagi makanan dan minuman. Meskipun demikian, So Ra berusaha berubah sedikit demi sedikit agar ibunya tidak perlu lagi mengkhawatirkannya di akhir hidupnya tersebut.

2. Miracle in Cell No.7 (2013)

Film Korea bertema keluarga (IMDb / Miracle in Cell No.7)
Film Korea bertema keluarga (IMDb / Miracle in Cell No.7)

Kalau film sebelumnya membahas hubungan ibu dan anak, film Korea bertema keluarga satu ini mengangkat hubungan anak dengan ayahnya yang memiliki keterbelakangan mental. Lebih menyedihkannya lagi, kehidupan mereka tiba-tiba berubah karena sang ayah, Yong Goo, dituduh melakukan kejahatan yang tidak pernah dilakukannya. Beruntungnya, Yong Goo ditempatkan di dalam sel bersama orang-orang berhati hangat.

Diam-diam, mereka berusaha membantu menyelundupkan Ye Seung, putri Yong Goo, ke dalam penjara agar keduanya bisa bertemu. Ye Seung bertekad untuk menjadi pengacara agar bisa membersihkan nama ayahnya. Beberapa tahun kemudian, Ye Seung yang telah menjadi pengacara akhirmya mengajukan banding dan membuktikan fitnah yang ditujukan kepada ayahnya di depan pengadilan.

3. My Annoying Brother (2016)

Film Korea bertema keluarga (IMDb / My Annoying Brother)
Film Korea bertema keluarga (IMDb / My Annoying Brother)

Hampir semua orang pasti pernah memiliki masalah dengan saudara sedarah mereka, dan film ‘My Annoying Brother’ ini berhasil mengangkat tema tersebut dan mengemasnya dengan begitu apik. Film ini berkisah tentnag Go Doo Young, seorang atlet judo menjanjikan yang mengalami cedera hingga buta total. Pada saat itu, satu-satunya keluarga yang dimiliki Doo Young hanyalah kakaknya yang sedang mendekam dalam penjara karena kasus penipuan.

Mengetahui keadaan adiknya, Go Doo Sik memanfaatkannya sebagai alasan agar dapat mengajukan pembebasan bersyarat. Doo Sik akhirnya dibebaskan dengan syarat harus menjaga Doo Young, meski nyatanya, ia tidak terlalu peduli dengan keadaan adiknya tersebut. Meskipun awalnya mereka saling benci, perlahan Doo Sik pun luluh dengan pendekatan adiknya dan akhirnya membantu Doo Young untuk beradaptasi dengan kondisi fisiknya saat ini.

Apa yang kalian rasakan saat menonton ketiga film Korea bertema keluarga di atas? Ceritanya begitu menggerus hati, kan? Meskipun sudah lama tayang, ketiga film tersebut tetap akan membuat air mata kalian menetes dengan sendirinya, loh.

Kontributor: Wahyu Panca Handayani

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report