Kpop

Profil Kris Wu eks EXO, Heboh Dituding Ghosting Cewek 18 Tahun

Nama Kris Wu menjadi perbincangan hangat karena rumor terkait kehidupan pribadinya.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Kris Wu (Instagram/@kriswu)
Kris Wu (Instagram/@kriswu)

Matamata.com - Kris Wu mantan anggota EXO baru-baru ini menjadi topik perbincangan hangat karena rumor negatif tentang kehidupan pribadinya. Pemilik nama asli Wu Yi Fan itu dituding mengencani banyak cewek, dan salah satunya dighosting.

Dalam beberapa hari terakhir, Kris Wu telah menjadi tren di Weibo, salah satu platform media sosial terbesar di Tiongkok. Dikatakan bahwa cowok kelahiran 1990 ini tukang selingkuh, salah satunya ditinggalkan begitu saja. Kabarnya cewek yang dighosting Kris Wu masih berusia 18 tahun.

Lantas seperti apa sih sosok Kris Wu eks EXO? Berikut ini profilnya sejak debut hingga kini tersangkut skandal.

Kris Wu (Instagram/@kriswu)
Kris Wu (Instagram/@kriswu)

Profil Kris Wu

Kris Wu lahir sebagai Li Jiaheng pada 6 November 1990 sebelum mengubah nama resminya menjadi Wu Yi Fan. Lahir dan besar di Guangzhou, ia pindah ke Vancouver, Kanada, saat masih 10 tahun bersama ibunya. Pada usia 18 tahun, Kris Wu mengikuti audisi global SM Entertainment di Kanada dan lolos, hingga debut sebagai member EXO pada 2012.

EXO melakukan debut mereka dan dengan cepat menjadi salah satu grup K-Pop paling populer di Korea Selatan dan internasional, sukses besar dengan album XOXO dan lagu hit Growl pada 2013. Namun Kris Wu meninggalkan EXO setelah album Overdose yang dirilis pada Mei 2014.

Kris Wu kemudian aktif sebagai penyanyi solo dan aktor di Tiongkok dan telah membintangi beberapa film box office hit No. 1 termasuk Mr. Six (2015) dan Journey to the West: The Demons Strike Back (2017). Ia debut Hollywood dengan membintangi XXX: Return of Xander Cage (2017).

Perjalanan karier Kris Wu

Kris Wu (Instagram/@kriswu)
Kris Wu (Instagram/@kriswu)

Setelah keluar dari EXO, Kris Wu menandai kariernya sebagai artis solo dengan merilis Time Boils the Rain sebagai bagian dari soundtrack untuk film box office Tiongkok Tiny Times pada 2014. Tahun berikutnya, ia dinobatkan sebagai selebriti termuda yang memiliki patung lilin di Madame Tussauds Shanghai dan mendapat gelar Newcomer of the Year oleh dari Esquire Tiongkok.

Kris Wu memulai debutnya di layar lebar melalui film Somewhere Only We Know yang dirilis pada 2015 dan mendapatkan penghargaan sebagai pendatang baru terbaik. Sukses di dunia akting, ia melebarkan sayap ke modelling di landasan pacu di Burberry's Fall 2016 Men's Show di London. Kris juga mengambil bagian dalam NBA All-Star Game 2016 sebagai anggota Tim Kanada, dilatih oleh Drake.

Popularitasnya sebagai artis solo sebagai menanjak. Pada 2017, ia mewakili Tiongkok uuntuk Grammy Awards ke-59 di Los Angeles. Berkat kesuksesan kariernya, Forbes memasukkan namanya ke dalam daftar 30 Under 30 Asia 2017, terdiri dari 30 orang berpengaruh di bawah 30 tahun yang telah membuat pengaruh besar di bidangnya. Kris Wu berhasil menguatkan posisinya sebagai artis papan atas di Tiongkok.

Konflik hukum dengan SM Entertainment

Hengkangnya Kris Wu dari EXO diwarnai perseteruan hukum dengan SM Entertainment, mantan agensinya di Korea Selatan. Konflik berasal pada 15 Mei 2014, ketika ia mengajukan gugatan untuk mengakhiri kontraknya. SM Entertainment mengaku benar-benar terkejut meskipun telah berurusan dengan masalah yang sama di masa lalu.

Kemudian pada 2015, SM Entertainment mengajukan gugatan terhadap Kris Wu dan perusahaan Tiongkok yang bekerja dengannya di pengadilan Beijing. Agensi yang didirikan Lee Soo Man itu menyatakan bahwa ia telah melanggar kontrak dan menyebabkan kerugian finansial yang besar.

Namun Kris Wu membela diri dengan menyatakan bahwa SM Entertainment telah membuatnya meninggalkan grup selama beberapa bulan. Agensi juga dituding mengabaikan artis mereka sehingga ia jatuh sakit dan harus minum obat selama satu tahun karena ia didiagnosis menderita miokarditis. Konflik hukum mereka berakhir pada 2016.

Dituding playboy dan isu ghosting cewek 18 tahun

Kris Wu (Instagram/@kriswu)
Kris Wu (Instagram/@kriswu)

Kris Wu telah berurusan dengan rumor kencan dengan sejumlah cewek selama seminggu terakhir. Dilansir dari berbagai sunber, kekacauan dimulai pada 28 Mei ketika netizen mengklaim Wu telah menyewa bioskop untuk kencan. Rekaman CCTV menunjukkan Wu dan seorang wanita masuk dan keluar teater. Netizen menduga wanita itu adalah influencer bernama Chen Ziyi.

Pihak Kris Wu membantah rumor, mengatakan bahwa ia sebenarnya berkumpul bersama teman-temannya. Agensinya juga mengumumkan bahwa mereka akan mengambil tindakan hukum terhadap mereka yang melanggar privasi sang artis. Selain itu, mereka menuduh pembuat rumor mengedit rekaman CCTV.

Tidak lama kemudian, rumor lain muncul menyebutkan bahwa Kris Wu mengencani seorang mahasiswi berusia 18 tahun bernama Du Meizhu. Namun pada April, ia menghilang secara tiba-tiba. Dikatakan bahwa Du Meizhu mengalami depresi untuk waktu yang lama, dan tidak ingin pergi ke sekolah.

Di tengah hebohnya isu ghosting yang dilakukan Kris Wu, ada rumor lain yang menyeret nama influencer Xiang Yunjie. Netizen berpendapat bahwa mereka sedang berkencan, tapi Xiang Yunjie dengan cepat menyangkalnya, berkata bahwa rumor tersebut tidak kredibel. Hubungannya dengan Kris Wu hanya sebatas teman.

Sebagai tanggapan, agensi Kris Wu merilis pernyataan pada 3 Juni, menyebutkan bahwa ada banyak orang yang ingin menjatuhkan sang artis. Mereka siap melaporkan para pembuat rumor atas pencemaran nama baik.  Itu di profil Kris Wu yang tengah heboh dituding ghosting. 

 

Kontributor: Chusnul Chotimah

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report