Kpop

Keluar dari YG Entertainment, Simak Perjalanan Karier Sandara Park

Hal tersebut dikonfirmasi YG Entertainment melalui keterangan resmi pada Jumat (14/5/2021).

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Sandara Park (Instagram/@daraxxi)
Sandara Park (Instagram/@daraxxi)

Matamata.com - Kabar Sandara Park keluar dari YG Entertainment memang mengejutkan publik. Pasalnya Sandara keluar dari agensi yang membesarkan namanya itu setelah 17 tahun bersama.

Hal tersebut dikonfirmasi YG Entertainment melalui keterangan resmi pada Jumat (14/5/2021). YG mengucapkan terima kasih yang tulus pada Sandara Park seiring dengan kontrak ekslusif mereka yang sudah berakhir.

Sandara Park (Soompi)
Sandara Park (Soompi)

"Ini pengumuman bahwa kontrak eksklusif YG Entertainment dan Sandara Park telah berakhir. Kami secara tulus berterima kasih kepada Sandara Park yang telah bersama YG dengan kepercayaan serta kasih sayang yang khusus. Kami sekali lagi berterima kasih kepada fan yang mencintai Sandara Park sebagai artis YG hingga saat ini," demikian keterangan YG Entertainment. 

Seperti apa perjalanan karier Sandara Park bersama YG Entertainment? Simak profil Sandara Park berikut ini.

Profil Sandara Park

Sandara Park punya bakat lain selain terkenal sebagai aktris, penyanyi, juga presenter. Sandara Park jago berbicara dalam tiga bahasa yakni Inggris, Tagalog, dan Korea, serta dikenal bagus dalam pelajaran matematika di sekolah. Penasaran dengan kiprah Dara, berikut profil Sandara Park.

Sandara Park (instagram.com/daraxxi)
Sandara Park (instagram.com/daraxxi)

Sandara Park memulai kariernya dari Filipina meski lahir dan berdarah Korea Selatan. Bisnis ayahnya membuat Sandara Park yang saat itu masih remaja harus pindah dari Korea Selatan ke Filipina.

Namun, kepindahannya justru menjadi jembatan kebudayaan antara Korea Selatan dan Filipina. Perempuan kelahiran 12 November 1984 itu berhasil menyabet juara dalam acara pencarian bakat di Filipina, Star Circle Quest pada 2004.

Karir Sandara Park di YG Entertainment

Peluang memasuki industri hiburan kemudian membawanya kembali ke Korea Selatan pada 2007. Namun, kembali ke kota kelahiran tak membuat semuanya serba mudah. Karier Sandara Park baru benar-benar melejit dua tahun kemudian saat dia menjadi member girlband 2NE1 yang dinaungi agensi hiburan YG Entertainment.

Girl group 2NE1. (YG Entertainment)
Girl group 2NE1. (YG Entertainment)

Padahal sebelumnya Sandara Park sempat bersolo karier di Filipina. Dia dinaungi label rekaman Star Record setelah memenangi kompetisi Star Circle Quest.

Girlband 2NE1 benar-benar mendongkrak karier para personelnya. Sebelum mereka bubar tahun 2016, grup musik ini menjadi salah satu girl group dengan penjualan album tertinggi. Sebelum dinyatakan bubar, Sandara Park merilis single Korea pertamanya berjudul Kiss, dengan kolaborasi bersama member 2NE1 yakni CL pada 2009.

Kesuksesan ini mengulang kesuksesan Sandara Park di Filipina ketika albumnya terjual sebanyak 100.000 kopi dan mendapatkan sertifikat platinum oleh Philippine Association of the Record Industry.

Tak hanya itu, Sandara Park juga bermain di beberapa film sejak 2004 hingga 2007 seperti pada film Bcuz of U, saat ia mendapatkan penghargaan sebagai Best New Actress di 21st PMPC Star Award for Movies.

Gaya Liburan Sandara Park di Filipina (instagram.com/daraxxi)
Gaya Liburan Sandara Park di Filipina (instagram.com/daraxxi)

Sandara Park mulai fokus menata karier sebagai presenter TV sejak 2014. Dia menjadi co-host di acara hiburan seperti Two Yoo Sugar Man dan menjadi juri di acara pencarian bakat Filipina, Pinoy Boyband Superstar.

Kariernya kemudian melebar melalui serial drama dengan berakting di Dr. Ian (2016). Sandara Park memenangi Best Actrees dalam Korean Web Festival lewat serial itu. Itu dia perjalanan karier Sandara Park yang keluar dari YG Entertainment. [Nadia Lutfiana Mawarni]

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report