Kpop

Lama Bungkam, Hyunjoo eks APRIL Blak-blakan Soal Kasus Bullying

Hyunjoo eks APRIL telah merilis pernyataan pribadi pertamanya soal kasus bullying dan kisruh dengan agensi.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Hyunjoo eks APRIL (Instagram/@hyun.joo_lee)
Hyunjoo eks APRIL (Instagram/@hyun.joo_lee)

Matamata.com - Mantan anggota APRIL, Hyunjoo, telah merilis pernyataan pribadi pertamanya tentang perselisihannya dengan agensinya dan tuduhan bahwa dia dibully oleh rekan grupnya.

Dilansir Soompi awal tahun ini, adik laki-laki Hyunjoo membuat postingan online yang menyatakan bahwa alasan Hyunjoo eks APRIL meninggalkan grup pada tahun 2016 adalah karena dia dibully oleh anggota lain. Seseorang yang mengaku sebagai teman sekelas SMA Hyunjoo membuat tuduhan serupa yang membahas lebih detail tentang dugaan bullying.

Hyunjoo eks APRIL (Instagram/@hyun.joo_lee)
Hyunjoo eks APRIL (Instagram/@hyun.joo_lee)

DSP Media — yang saat ini menampung APRIL dan Hyunjoo — menanggapi dengan berbagai pernyataan yang menyangkal tuduhan tersebut. Setelah adik laki-laki Hyunjoo membuat postingan lain yang bertentangan dengan penyangkalan mereka, agensi mengumumkan bahwa mereka akan mengambil tindakan hukum — baik pidana maupun perdata — terhadap Hyunjoo dan orang-orang yang memposting tuduhan tersebut secara online.

Pada 18 April, Hyunjoo melalui Instagram membagikan pernyataan pribadi pertamanya tentang situasi tersebut. Hyunjoo angkat bicara bahwa dia benar dibully dari dia debut sejak tahun 2014 sampai dia keluar tahun 2016.

 

"Penindasan dimulai pada tahun 2014, ketika saya sedang mempersiapkan debut saya, dan berlanjut hingga 2016, ketika saya meninggalkan grup. Saya, yang saat itu berusia 17 tahun, harus tinggal di asrama saat bersiap untuk debut, jadi saya harus menghabiskan 24 jam sehari dengan para pelaku di tempat di mana tidak ada orang yang bisa saya andalkan." kata Hyunjoo eks APRIL dalam pernyataannya.

"Tidak dapat menahannya lebih lama lagi, saya memberi tahu orang tua saya tentang penderitaan saya, dan orang tua saya mencoba berbicara dengan CEO [agensi saya]. Namun, saya berulang kali mendapati diri saya dalam situasi di mana saya malah disalahkan. Setelah pelaku mengetahui hal ini, mereka semakin menyiksa saya. Saya hanya diizinkan untuk menelepon orang tua saya sebentar dan di depan manajer kami, dan dengan cara seperti ini, situasinya menjadi lebih buruk, dan saya terus merasa semakin kecil," lanjutnya.

Hyunjoo eks APRIL (Instagram/@hyun.joo_lee)
Hyunjoo eks APRIL (Instagram/@hyun.joo_lee)

Perundungan itu membuat Hyunjoo trauma. Meski dia takut, dia akhirnya bicara demi orang-orang yang mendukungnya.

"Namun, bahkan setelah waktu berlalu, tidak mudah untuk melupakan kenangan akan kesulitan saya.
Kenangan kelam waktu itu tetap tinggal di sudut hati saya, dan itu menjadi trauma yang sepertinya akan menelan saya utuh. Saya harus melalui masa sulit di mana saya berdampak negatif tidak hanya pada diri saya sendiri, tetapi juga orang-orang di sekitar saya," katanya.

"Saat saya mengalaminya, orang-orang di sekitar saya mengumpulkan banyak keberanian untuk saya, begitulah cara kami sampai pada situasi saat ini. Sekarang saya juga mencoba mengumpulkan keberanian untuk adik lelaki dan kenalan saya," lanjutnya.

Hyunjoo eks APRIL (Instagram/@hyun.joo_lee)
Hyunjoo eks APRIL (Instagram/@hyun.joo_lee)

Sekarang semua aktivitas Hyunjoo telah dihentikan secara sepihak oleh agensinya. Namun dia tak akan menyerah melindungi dirinya sendiri. Meskipun agensi akan membawa persoalan ini ke ranah hukum. 

"Saat ini, semua aktivitas saya melalui agensi saya telah dihentikan, dan setiap pekerjaan baru yang telah ditawarkan kepada saya telah ditolak secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan saya. Agensi juga telah menyatakan bahwa mereka tidak dapat mengakhiri kontrak eksklusif saya.

"Mulai sekarang, saya tidak akan lagi berdiri tanpa mengambil tindakan untuk melindungi diri saya sendiri, keluarga saya, dan kenalan saya. Saya juga akan menanggapi gugatan pidana yang diajukan agen saya terhadap saya dengan bantuan orang-orang yang mendukung saya," tutupnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report