Kpop

Mengenal Consigliere, Profesi yang Diperankan Song Joong Ki di Vincenzo

Park Joo Hyung, yang diperankan Song Joongki, berprofesi sebagai consigliere.

Yohanes Endra

Song Joong Ki
Song Joong Ki

Matamata.com - Drama korea (drakor) yang kini ramai diperbincangkan para penggemar K-drama adalah Vincenzo, di mana sang karakter utama, Park Joo Hyung, yang diperankan Song Joongki, berprofesi sebagai consigliere

Drama Vincenzo tayang perdana di tvN dan Netflix pada Sabtu (20/2/2021). Selain Song Joong Ki, drama juga ini menggaet Jeon Yeo Bin, dan Taecyeon 2PM sebagai para pemain utamanya.

Kehadiran para aktor tersebut membuat rating Vincenzo tinggi mencapai 12,1 persen pada 7 Maret 2021. Disusul penayangan episode 10 di akhir pekan dengan rating 11,4 persen.

Vincenzo (Instagram/@tvndrama.official)
Vincenzo (Instagram/@tvndrama.official)

Vincenzo menceritakan kisah perjalanan Park Joo Hyung  bermula sejak diadopsi pada usia delapan tahun dan pindah ke Italia. Joo Hyung dewasa dikenal sebagai Vincenzo Cassano, sebagai consigliere mafia Italia. 

Konflik pada cerita bermula saat dia kembali ke Korea Selatan untuk mengambil simpanan emas di sebuah gedung yang berpenghuni.

Apa Itu Consigliere?

Poster drama korea Vincenzo
Poster drama korea Vincenzo

Menurut dictionary.com, consigliere atau consiglio berasal dari bahasa Italia yang artinya anggota organisasi kriminal atau mafia yang berperan sebagai penasihat pemimpin organisasi. Penggunaan kata ibu awalnya ditujukan untuk orang yang bertugas di sebuah dewan di Italia. Namun sekarang lebih sering digunakan sebagai penasihat mafia.

Kata ini pertama kali muncul dalam dokumen Senat AS tahun 1963. Kemudian semakin populer dalam novel The Godfather (1969) karya Mario Puzo.

Tugas Consigliere

Consigliere adalah teman dekat, orang kepercayaan, bahkan tangan kanan. Sesuai dengan sifat pekerjaannya, dia mampu berdebat dengan bos. Digambarkan, dia tidak berambisi dan tidak memberikan nasihat yang memihak. Namun, citra pasif consigliere tidak sepenuhnya sesuai dengan kehidupan nyata.

Pembahasan dalam novel, profesi ini disebut sebagai penasihat atau konselor bos dan menjadi wakil bos dalam pertemuan penting bersama keluarga kriminal bos maupun dengan keluarga kriminal lainnya. Hal tersebut dilakukan sebagai tanggung jawab ekstra.

Posisi Consigliere dalam Keluarga Mafia

Di kehidupan nyata, seorang consigliere umumnya sebagai orang nomor tiga dalam keluarga kriminal setelah bos dan underboss. Dia berperan sebagai penasihat terpercaya, memberikan wawasan dan perspektif berharga bagi karakter bos atau pemimpin mafia.

Dilansir dari Godfather fandom, consigliere memiliki tugas sebagai mediator dalam perselisihan, dan mewakili atau membantu pemimpin mafia dalam pertemuan dengan keluarga lain.

Seorang bos akan sering menunjuk consigliere yang berasal dari orang terdekatnya dan paling dipercaya. Peran orang terpercaya ini secara tradisional penting sebagai anggota senior yang memahami bagaimana organisasi dijalankan.

Ilustrasi Tugas Consigliere

Telah dijelaskan bahwa tugas utama seorang consigliere adalah sebagai otak pemikir bos yang membantu merumuskan rencana.

Misalnya bos memiliki sebuah rencana, consigliere harus terus mencari celah atau kelemahan dari rencana tersebut hingga dapat terlaksana dengan baik.

Sebagai anggota keluarga mafia, consigliere mengetahui seluruh akses, kontak, dan rahasia bos. Jika dia membocorkannya, maka bisa mengancam dan menghancurkan seluruh keluarga. Namun selama dia setia, gaji yang diperoleh besar dan mampu menjamin kehidupannya bahkan jika nantinya dipenjara atau mati.

Di sisi lain, consigliere dipandang sebagai warga sipil atau diplomat asing dan tidak menjadi sasaran keluarga saingan. Umumnya pekerjaan ini dilakoni setidaknya orang Italia dan merupakan anggota keluarga atau teman terpercaya di luar keluarga bos mafia.

Demikian ulasan mengenai apa itu Consigliere yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya! (Yulia Kartika Dewi)

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report